CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / China /
Yg ngaku WNI keturunan China absen disini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000000995452/yg-ngaku-wni-keturunan-china-absen-disini

Yg ngaku WNI keturunan China absen disini

Sudah kita ketahui bersama bahwa orang-orang Tionghoa di Indonesia berasal dari tenggara Tiongkok(China). Mereka termasuk suku-suku:
•Hakka
•Hainan
•Hokkien
•Kantonis
•Hokchia
•Tiochiu

Spoiler for peta:


Daerah asal yang terkonsentrasi di pesisir tenggara Tiongkok dapat dimengerti karena dari sejak zaman Dinasti Tang, kota-kota pelabuhan di pesisir tenggara Tiongkok memang telah menjadi bandar perdagangan yang ramai. Quanzhou malah tercatat sebagai bandar pelabuhan terbesar dan tersibuk di dunia pada zaman tersebut.

Ramainya interaksi perdagangan di daerah pesisir tenggara ini kemudian menyebabkan banyak sekali orang-orang Tionghoa juga merasa perlu keluar berlayar untuk berdagang. Tujuan utama saat itu adalah Asia Tenggara dan oleh karena pelayaran sangat tergantung pada angin musim, maka setiap tahunnya, para pedagang Tionghoa akan bermukim di wilayah-wilayah Asia Tenggara yang disinggahi mereka. Demikian seterusnya ada pedagang yang memutuskan untuk menetap dan menikahi wanita setempat, ada pula pedagang yang pulang ke Tiongkok untuk terus berdagang.

Sebagian besar dari orang-orang Tionghoa di Indonesia menetap di pulau Jawa. Daerah-daerah lain di mana mereka juga menetap dalam jumlah besar selain di daerah perkotaan adalah: Sumatra Utara, Bangka-Belitung, Sumatra Selatan, Lampung, Lombok, Kalimantan Barat, Banjarmasin dan beberapa tempat di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara.
•Hakka - Aceh, Sumatra Utara, Batam, Sumatra Selatan, Bangka-Belitung, Lampung, Jawa, Kalimantan Barat,Banjarmasin, Sulawesi Selatan, Menado, Ambon dan Jayapura.
•Hainan - Riau (Pekanbaru dan Batam), dan Menado.
•Hokkien - Sumatra Utara, Pekanbaru, Padang, Jambi, Sumatra Selatan, Bengkulu, Jawa, Bali (terutama di Denpasar dan Singaraja), Banjarmasin, Kutai, Sumbawa, Manggarai, Kupang, Makassar, Kendari, Sulawesi Tengah, Menado, dan Ambon.
•Kantonis - Jakarta, Makassar dan Menado.
•Hokchia - Jawa (terutama di Bandung, Cirebon, Banjarmasin dan Surabaya).
•Tiochiu - Sumatra Utara, Riau&Kepulauan, Sumatra Selatan, dan Kalimantan Barat (khususnya di Pontianak dan Ketapang).

sumber: disini

Thread ini gua buat sebagai ajang silahturahmi bukan hanya yg tinggal di regional China, tetapi di seluruh Indonesia (tidak bermaksud SARA)emoticon-thumbsup:
Sebutin ya suku leluhur dan asal daerah kaskuser sekalian emoticon-Smilie
Jangan lupa isi poll ya emoticon-Smilie

FYI:
khek = hakka
konghu = cantonis

Yg ngaku WNI keturunan China absen disini

Kalo ane sendiri konghu, asal dari Medan emoticon-Malu
Salam kenal semuanya emoticon-Angkat Beer
Polling
2,338 Suara
Tionghoa Indonesia punya beberapa suku, termasuk suku manakah anda? 
Diubah oleh santo_kemp
Halaman 1 dari 329
Saya she Wang atau Ong, tapi bapak ada blasteran Jawa dari nenek saya, sementara kakek lahir di Fujian Fuqing Gangtou.kalau ibu saya Liu atau Lauw
Wihh masi da nih thread....
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ane keturunan hakka, buyut dari fujian.

Hoki ane lahir dan gede di indo, ane 2 taun belakangan ini tinggal di mainland dan ane temuin banyak sekali kebiasaan orang mainland yang ane ga bisa terima LOLOLOL
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Gan apa tujuan thread ini iya ?? Apa hanya sekedar ingin tahu saja atau ada yg lain ???
Ortu sy original sy generasi pertama 😀
Salam kenal lagi , marga : tjiam (hokkien) / chan (mandarin).

Tinggal di pesisir pantai timur sumatra yg notabene cuman dibatasi oleh selat melaka dgn federal2 state di semenanjung Malaysia (mulai dr Penang di utara , Perak , KL , Melaka ,...sampe : Johor Bahru di selatan).

Sehingga , semenanjung Malaysia dgn federal2 state nya spt tsb diatas ,...mjd sesuatu yg tdk asing lagi , krn prnduduknya byk juga yg asli kota2 disepanjang pesisir pantai timur pulau sumatra yg bermigrasi ke semenanjung Malaysia, kemudian menetap dan mjd warga negara sana (family dan kekerabatan) dgn bahasa Hokkien yg lumayan dominan ,..disamping putonghua.
Diubah oleh softcoreman
Quote:


Marga The itu kemungkinan besar dialek hokkian. Engkong sy pny mama marga nya The. Kalau tidak salah in mandarin jadi Zheng. . 鄭/郑 yg depan itu hanzi lamanya yg kedua itu simplified nya.

Hi

Salam kenal buat semua warga disini, saya mo nanya kalau saya kan turun temurun dr keturunan leluhur papa saya ada marga "the" cuma kok kalau di china ga ada ya marga tersebut. Jadi saya mau tanya sebenernya marga "the" itu di china sendiri ada atau tidak

Terimakasih

Marga Phoa dan Marga Thung

Ane keturunan marga Phoa dari kakek dan nenek marga Thung...
ada yg marga zeng / tjan disini ?
emoticon-Angkat Beer
Hallo semua salam sukses, klo mao mencoba sukses jgn pernah buang2 wkt lagi, coba lihat SB30 di youtube, di sana terdapat motivasi dan seorang mentor yg bisa membimbing semua pembisnis. Di sini saya hanya coba shear dan tidak bermksd promosi. Utk merubah cara pikir dan medset kita sangat lha penting. Karna saya sudah menuai hasil nya. Semoga bermanfaat.

Saya tak tau lah

saya sendiri ga tau saya punya keturunan tionghoa apa tidak. bapak saya orang jawa, begitu pun mbah dan mbah buyutnya, ibu saya pun begitu. saya lahir di sumatra. muka saya pun ga ada china-china nya (menurut saya nih kalo pas lagi ngaca). saya ga putih kayak orang" china/keturunan china kebanyakan, ga item jg. yah biasa saja. nah herannya itu ketika saya belanja, saya di panggil koh "koh mampir koh" "koh beli baju koh" dsb, pernah jg waktu kuliah ternyata saya memang dikira keturunan china, bahkan di warung langganan, ngira saya itu keturunan china. wajah saya menurut saya ga ada china-china2 nya, palingan mata, itu pun menurut saya bukan sipit, tapi kecil.
nah kalo tante saya (istri dari adik bapak saya) baru ada darah china nya, dia sipit, putih, bapak nya jg begitu. yah walaupun udah ga ada marga nya lagi, seperti nya udah terlepas dari beberapa keturunan sebelumnya.
Quote:


emoticon-Thinking ada wanitanya kah emoticon-Genit: emoticon-Thinking
Quote:


knp ga boleh ? emoticon-Thinking
emoticon-Thinking bolehkah saya ikut mampir..

大家好

我是印尼华人从泗水来的,我是第二代。老家是福建永春(父)福建泉州(母)
Saya juga tinggal di Hong Kong (saya hanya 25% keturunan Cina). Jadi orang-orang tidak benar-benar berpikir saya orang Cina sama sekali.
numpang komeng aja, lagi gak ngapa2in. saya keturunan campur aduk, kakek lahir di fujian, pas kecil pindah ke indo, nenek campuran chinese dan bajau, tapi besar di us, emak saya manado pilipin emoticon-Ngakak (S)

sy kebagian muka chinese, tinggal di HK dikira org lokal terus

kebagian muka tok sih, bahasa, meh, bener2 nol
Diubah oleh louisuchiha
Halaman 1 dari 329


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di