Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

MadnessEyeAvatar border
TS
MadnessEye
Kartu ijo, Citi, Asi, and OPT + H1B visa kerja
BACA DULU: Thred ini cocok di baca untuk mereka yang
a. mo dapetin kartu ijo alias greencard alias GC dari visa kerja (H1B, L1 dll) dan keluarga (nikah ama citi, dll)
b. student dapetin OPT dan H1B visa terus lanjut ke kartu ijo
c. masukin applikasi asylum terus lanjut ke kartu ijo
Jadi ini pada umum nya untuk yang dah berada di Amerika (asilum bisa aja masih di luar sih). Kalo masih belum dapet visa ke amerika... baca thread yang laen nya cara dapetin visa nya dulu... ini thread juga untuk mereka yang mo tau cara nya dapetin gc kalo pake sponsor kerjaan atau keluarga dll.


Quote:


-----------------

Apa itu OPT, Visa kerja (H1B, H2B, L1/L2), Work Permit, Green Card (GC), US Citizen (USC), dan Visitor Visa B/B2?

OPT
OPT = Optional Practical Training. Ini dapet ijin kerja setelah eloe lulus ama program Bachelor atau Master eloe di Universitas di Amerika. Cara dapetin nya eloe mo deket2 lulus mesti masukin formulir dapetin OPT dari Universitas eloe. Ini terbatas cuma 1 taon aja. Eloe bisa cari kerjaan di mana aja. Ini ijin kerja gak bisa di perpanjang. Khusus untuk bidang IT, OPT bisa di perpanjang 17 bulan lagi kalo dah masukin surat2 untuk process H1B.

Visa kerja (H1B, H2B, etc.)
Kalo punya visa kerja ini biar itu H1B atau H2B, eloe bisa kerja tapi terbatas kerja ama company yang sama, itu company yang sponsor visa eloe nya. Kalo eloe pindah kerjaan (H1B) eloe mesti transfer tuh visa eloe nya juga ke employer yang baru. Lalu ada juga visa L1, L2 jelas hanya company yang sama.

Work Permit
WP = Employment Authization Document yang di keluarkan oleh imigrasi US kalo eloe boleh kerja di Amerika selama kasus eloe lagi di proses. EAD ini sifat nya sementara di perpanjang tiap 1 taon, biasa nya sebelum 6 bulan (atau 3 bulan) abis masa berlaku nya eloe bisa perpanjang lagi. EAD itu di dapat biasa nya kasus eloe belum tuntas, lagi di process dari jenis visa yang lama ke yg laen (granted Asilum, visa K1 ke GC, IR ke GC dll.) selama eloe belum pegang GC, kalo kerja perlu EAD ini. Kalo EAD dah di apply tapi belum keluar... mending jangan kerja gelap karena bakalan masalah besar sekali. Kalo punya EAD ini berarti eloe bisa kerja di mana aja boleh ganti employer. Ijin kerja ini biasa nya dapet karena lagi process GC berdasarkan sponsor dari keluarga atau asilum.

Green card (GC) atau Permanent Residence (PR) adalah kartu identitas sebagai penduduk tetap Amerika. Dulu sekali warna dasar nya itu ijo sekarang malah pink. Nama laen nya I-551. Kartu ijo ini fungsi nya eloe bisa tinggal di amerika tanpa batas waktu, boleh keluar masuk amerika dan juga ijin kerja legal.

US Citizen itu warga negara Amerika.
Untuk menjadi Citizen bisa karena eloe lahir di wilayah Amerika atau karena orang tua nya WN Amerika (kadang nenek/kakek eloe WN Amerika) atau pemegang GC yang menjadi WN Amerika.
Naturalization itu proseses menjadi warganegara Amerika dari karju ijo.
Bisa qualify untuk jadi WN Amerika setelah pegang GC 5 taon dan memenuhi syarat2 nya. Kalo nikah ama US Citizen udah qualify setelah 3 taon atau 4 taon kalo dapetin GC dari asylum. Kalo eloe GC holder terus menjadi tentara amerika langsung deh jadi US Citizen saat itu juga courtesy si bokap bush

Visitor Visa B1/B2
Untuk masuk ke Amerika perlu visa untuk foreign nationals. Ada banyak macam visa untuk short term visit, kerja, dll. Visa itu bukan berarti eloe punya permit untuk masuk ke Amerika tapi hanya pernyataan kalo eloe dah masukin application dan dah di review oleh orang konsuler kalo eloe bisa masuk dari foreign land ke POE - Port Of Entry (airport, pelabuhan, land crossing) aja. Ntar sampe di POE baru di kasih masuk ama petugas imigrasi. Jadi punya visa gak mutlak eloe pasti bisa masuk ke Amerika. Nah orang imigrasi ini yang akan kasih eloe waktu lama nya boleh tinggal di Amerika. Untuk dapetin visa nya gak di bahas di thread ini tapi thread sebelah ya. Ini thread cuma bahas yang dah dapet visa nya terus mau ke GC atau USC (US Citizen)

Bagaimana cara nya mendapatkan yang di atas?
OPT
Eloe dapetin dari sekolah. Semua orang yang lulus dari University di Amerika pasti bisa dapet.

Visa Kerja H1B, H2B
H1B - bisa dapetin dari Indo atau di Amerika. Biasa nya setelah punya OPT terus dapet kerjaan lalu employer mo sponsor dapetin visa kerja H1B.
H2B - liat thread tersendiri disini: http://kaskus.co.id/showthread.php?t=881432
L1/L2 - transfer employer dari luar Amerika ke Amerika di company yang sama.

Visitor visa B1/B2 AND student visa F,M, J
Liat di thread khusus untuk ini disini: http://kaskus.co.id/showthread.php?t=884028

ada peraturan baru keluar bulan april 2008 kalo opiti itu bisa 29 bulan... tapi ada syarat nya mesti lulus dari science, math, technology, ama engineering degree dan dah punya kerjaan.... dan perusahaan nya enroll di e-verify system....
Diubah oleh malingcewek 07-03-2013 20:58
landiv123Avatar border
landiv123 memberi reputasi
1
128.4K
1.9K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan