Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

shinsounAvatar border
TS
shinsoun
Mengenal Kabupaten Pati yang Dijuluki Hogwarts van Java

Kabupaten Pati merupakan wilayah yang terletak di Jawa Tengah dan dikenal memiliki berbagai kekayaan lokal. Pati dikenal sebagai penghasil bandeng presto, buah manggis hingga varian kacang yang dijual di berbagai daerah lain di Indonesia.

Selain itu, Kabupaten Pati juga diketahui memiliki beragam julukan. Disampaikan dalam jurnal 'Pelacakan Kisah Mbah Cungkrung dan Babad Randukuning Pergeseran Identitas Agamis Menjadi Pub-Kultur di Pati' karya Fathimatuz Zahra, Kabupaten Pati dijuluki sebagai kota pensiun, kota santri, kota paranormal, kota seribu karaoke, dan yang paling dikenal adalah Hogwarts van Java.

Namun, yang menjadi penasaran kenapa kabupaten yang memiliki slogan "Pati Bumi Mina Tani" ini bisa dikenal sebagai Hogwarts van Java? Mari mengenal Kabupaten Pati secara lebih dekat melalui artikel ini.


Julukan Hogwarts van Java

Sebelum mengenal Kabupaten Pati secara lebih dekat, tidak ada salahnya detikers untuk mengetahui lebih dalam tentang asal mula julukan Hogwarts van Java. Berdasarkan informasi yang dibagikan dalam jurnal 'Implementasi Kebijakan Pengembangan Usaha Garam Rakyat (PUGAR)' di Kabupaten Pati Tahun 2020-2022 karya Setiani, julukan Hogwarts van Java yang melekat pada Kabupaten Pati ternyata berkaitan erat dengan ilmu mistis.

Dikatakan, sejak zaman Majapahit dan masih berlangsung sampai saat ini, tidak sedikit warga Kabupaten Pati yang menekuni ilmu mistis. Namun, tidak hanya ilmu mistis hitam saja, melainkan juga ilmu mistis putih.

Bahkan, terdapat sejumlah dukun yang secara terbuka membuka praktiknya. Sejauh ini, ada beberapa ahli supranatural yang populer di Kabupaten Pati, sebut saja bernama Bos Edi, Mbah Roso, hingga Jeng Asih.

Sementara itu, istilah Hogwarts merujuk pada sebuah asrama yang ada di sebuah karya fiksi bertajuk 'Harry Potter'. Tempat tersebut digambarkan sebagai asrama yang dihuni oleh para murid yang sedang belajar ilmu sihir di sekolah sihir bernama Hogwarts.

Oleh karena itu, istilah Hogwarts van Java dapat dipahami sebagai penggambaran Hogwarts yang berada di Jawa. Hal ini tidak lepas kaitannya dengan sebagian masyarakat di Kabupaten Pati yang terletak di Jawa Tengah, masih menekuni ilmu mistis.

Asal-usul Kabupaten Pati
Merujuk dari buku 'Menapak Indonesia: Menelusuri Setiap Wilayah Provinsi, Kabupaten dan Kota Seluruh Indonesia Jilid 2 (Pulau Jawa)' karya Ahmad Suryadi, SPd, sejarah Kabupaten Pati berkaitan erat dengan lambang yang digunakan oleh kabupaten tersebut. Lambang yang dimaksud menggambarkan keris rambut pinutung dan kuluk kanigara.

Cerita rakyat yang hadir di dalam kitab Babat Pati juga mengisahkan soal keris rambut pinutung dan kuluk kanigara itu. Adapun arti dari lambang tersebut adalah sebagai simbol dari kekuasaan dan kekuatan. Tak hanya itu, lambang Kabupaten Pati juga berkaitan erat dengan simbol persatuan dan kesatuan.

Sementara itu, dikutip dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Pati, sejarah Kabupaten Pati berasal dari kisah antara Menak Jasari dan Dewi Ruyung Wulan. Secara singkat, keduanya dijodohkan oleh orang tua mereka. Namun, Dewi Ruyung Wulan tidak mencintai pria tersebut.

Akhirnya Dewi Ruyung Wulan memilih untuk lari bersama Ki Soponyono yang merupakan seorang dalang wayang. Kemudian di dalam pelariannya, mereka mengalami kesulitan karena dikejar oleh pasukan yang dikirim oleh orang tuanya.

Situasi tersebut memicu pertempuran karena Ki Soponyono meminta perlindungan kepada Penewu Sukmoyono. Sayangnya, pertempuran tersebut justru merenggut nyawa Penewu Sukmoyono. Mengetahui hal itu, Raden Kembangjoyo yang merupakan adik Panewu Sukmoyono murka.

Akhirnya Raden Kembangjoyo membalaskan dendam dan bertempur menggunakan keris rambut pinutung dan kuluk kanigoro, dirinya mencoba untuk melawan pasukan yang menyerang mereka. Sebagai wujud rasa terima kasih, Ki Soponyono memberikan Dewi Ruyung Wulan kepada Raden Kembangjoyo untuk diperistri.

Baik Ki Soponyono dan Raden Kembangjoyo justru saling membantu untuk memperluas wilayah kekuasaan mereka. Salah satunya dengan berfokus pada Hutan Kemiri. Kemudian nama Pati berasal dari kisah saat Ki Soponyono dan Raden Kembangjoyo sedang berada di Hutan Kemiri.

Mereka menjumpai penjual dawet yang terasa manis dan juga menyegarkan. Sosok penjual yang bernama Ki Sagola menceritakan bahwa minuman dawet tersebut dibuat dari Pati Aren. Istilah Pati Aren pun menginspirasi Raden Kembangjoyo untuk memberikan nama wilayah Kadipaten Pati-Pesantenan yang dipimpin olehnya.

Mengenal Kabupaten Pati yang Dijuluki Hogwarts van Java

Sumber: https://www.detik.com/jateng/budaya/...s-van-java/amp
mnotorious19150
itkgid
aldonistic
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
3
675
34
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Tampilkan semua post
hadramaut.boyAvatar border
hadramaut.boy
#4
ini harry potter nya

Mengenal Kabupaten Pati yang Dijuluki Hogwarts van Java
gomamon.
adolfsbasthian
njir
njir dan 4 lainnya memberi reputasi
3
Tutup