Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Pengungsi Rohingya Mogok Makan, Tuntut Tempat Penampungan yang Lebih Baik!

Pengungsi Rohingya Mogok Makan, Tuntut Tempat Penampungan yang Lebih Baik!
Sumber Gambar

Ratusan pengungsi Rohingya yang tinggal di penampungan sementara di Aceh telah melakukan mogok makan sebagai bentuk protes terhadap kondisi tempat tinggal mereka. Mereka menuntut tempat penampungan yang lebih layak, seperti yang ada di kamp-kamp pengungsi di Bangladesh.

Aksi penolakan makan pertama kali terjadi pada Jumat (22/12), saat waktu makan siang dan malam. Namun, setelah diberi pemahaman oleh petugas, mereka akhirnya kembali menerima makanan. Aksi mogok makan ini adalah bentuk protes mereka terhadap tempat tinggal yang tidak layak.


Aksi mogok makan ini terjadi setelah pembagian makan malam yang dilakukan oleh Yayasan Kemanusiaan Madani Indonesia (YKMI) melalui relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Banda Aceh. Beberapa pengungsi merasa tidak puas dengan kondisi tempat penampungan saat ini dan ingin memperoleh tempat yang lebih layak.

Pengungsi Rohingya Mogok Makan, Tuntut Tempat Penampungan yang Lebih Baik!
Sumber Gambar

Salah satu pengungsi Rohingya melalui aplikasi translater menyampaikan tuntutannya kepada petugas. Mereka menginginkan penempatan yang memenuhi standar kehidupan manusia yang layak. Beberapa pengungsi juga mengeluhkan kehilangan pakaian mereka. Setelah dilakukan penggeledahan, satu celana milik Ridwan ditemukan di tas milik pengungsi Rohingya lainnya.

Dalam upaya mengatasi protes ini, petugas memerintahkan Ridwan untuk mencarikan celananya besok agar tidak mengganggu waktu istirahat pengungsi lainnya. Namun, kejadian ini menunjukkan bahwa ada beberapa masalah yang perlu diselesaikan terkait penempatan dan hunian pengungsi Rohingya di Aceh.

Sebelumnya, salah satu pengungsi juga melaporkan kehilangan sejumlah pakaian miliknya. Setelah dilakukan penggeledahan, satu celana miliknya ditemukan di tas pengungsi Rohingya lainnya. Kejadian ini semakin memperburuk kondisi emosional mereka.

Konten Sensitif
Pengungsi Rohingya Mogok Makan, Tuntut Tempat Penampungan yang Lebih Baik!

Sumber Gambar

Pengungsi Rohingya tersebut ditempatkan di Balee Meuseuraya Aceh (BMA), yang merupakan ruang bawah tanah Gedung Balee Meuseuraya Aceh. Meskipun sebagai penampungan sementara, pengungsi merasa bahwa tempat tinggal mereka tidak memenuhi standar kehidupan yang layak.

Para pengungsi Rohingya menuntut penempatan dan hunian yang lebih baik. Mereka mengharapkan kondisi tempat tinggal yang setidaknya mirip dengan kamp pengungsi di Bangladesh, yang dianggap lebih baik daripada tempat tinggal mereka saat ini.


Selain itu, kasus serupa juga terjadi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Seorang pengungsi Rohingya bernama Nur Islam dan anaknya mengajukan permohonan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia dengan dasar surat dari United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR). Hal ini menunjukkan bahwa masalah pengungsi Rohingya tidak hanya terjadi di Aceh, tetapi juga di daerah lain di Indonesia.

Pengungsi Rohingya Mogok Makan, Tuntut Tempat Penampungan yang Lebih Baik!
Sumber Gambar

Pemerintah Indonesia perlu mengambil tindakan untuk menangani masalah ini dengan bijak. Pengungsi Rohingya adalah manusia yang perlu dilindungi dan diberikan tempat tinggal yang layak. Penempatan dan hunian yang memenuhi standar kemanusiaan harus menjadi prioritas utama. Semua pihak, termasuk Yayasan Kemanusiaan Madani Indonesia, Palang Merah Indonesia, dan UNHCR, perlu bekerja sama untuk mencari solusi terbaik bagi pengungsi Rohingya yang saat ini berada di Indonesia.

Aksi mogok makan ini memberikan peringatan kepada pemerintah dan masyarakat Aceh untuk memperhatikan kondisi pengungsi Rohingya. Diperlukan langkah konkret untuk memastikan tempat tinggal yang aman dan layak bagi mereka. Kepedulian dan dukungan dari berbagai pihak, termasuk lembaga kemanusiaan, sangat diperlukan dalam upaya ini.

Penting bagi pemerintah dan masyarakat untuk bekerja sama dalam mencari solusi yang berkelanjutan untuk masalah pengungsi Rohingya di Aceh. Tindakan konkret harus segera diambil untuk memastikan bahwa hak asasi manusia dan martabat mereka dihormati. Pengungsi Rohingya harus diberikan kesempatan untuk hidup dengan layak dan aman, tanpa mengalami kondisi tempat tinggal yang memprihatinkan.


Sumber: Link Referensi

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
gauntletchan
nasigoreng77
danusetyo
danusetyo dan 12 lainnya memberi reputasi
13
2.3K
134
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Tampilkan semua post
think.netAvatar border
think.net
#30
emoticon-Wkwkwk ga' da akhlagh!!! Kirim aja kepalestina emoticon-Hansip
danusetyo
danusetyo memberi reputasi
1
Tutup