trfpjkgbrt2Avatar border
TS
trfpjkgbrt2
RI Sudah Dapat Miliaran dari Ekspor 'Narkoba Baru' Kratom
Jika melihat negara tujuan utama ekspor Kratom Indonesia, Amerika Serikat (AS) menduduki urutan pertama negara yang membeli tanaman tersebut dari RI.




Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Perdagangan (Kemendag) berencana untuk menggenjot ekspor tanaman herbal daun Kratom. Namun, Kemendag masih berhati-hati dalam membahas ekspor Kratom karena diwacanakan masuk ke dalam kategori narkotika golongan I.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag. Didi Sumedi, mengatakan bahwa jika merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), kegiatan ekspor Kratom telah dan masih dilakukan. Terlebih, ekspor kratom belum diatur oleh Kemendag atau belum masuk ke dalam daftar yang diatur ekspornya.

"Kalau dilihat dari angkanya, ternyata ada (ekspor kratom). Nah, ini mungkin menjelaskan bahwa memang secara legal formal belum dilarang, tapi kami pun hati-hati melakukan itu karena memang dari kami tidak ada surat persetujuan ekspornya, ya. Hanya masuk ke list yang memang tidak diatur ekspornya," kata Didi saat ditemui di Kantor Kemendag Jakarta Pusat, dikutip Sabtu (7/10/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Tanaman Kratom. (Dok. Detikcom/Rachman)Foto: Tanaman Kratom. (Dok. Detikcom/Rachman)Tanaman Kratom. (Dok. Detikcom/Rachman)

Mengutip data BPS yang diolah Kemendag, nilai ekspor Kratom dengan HS 12119099 Indonesia sempat turun dari US$16,23 juta pada 2018 menjadi US$9,95 juta pada 2019.

Kemudian, nilai ekspor Kratom kembali meningkat pada 2020, yakni US$13,16 juta dan terus menunjukkan tren meningkat hingga 2022.

Kinerja ekspor yang positif ini terus berlanjut pada 2023. Sepanjang Januari hingga Mei 2023, nilai ekspor kratom Indonesia tumbuh 52,04 persen menjadi US$7,33 juta atau sekitar Rp114,4 miliar (asumsi kurs Rp 15.648/US$).

Sementara itu, sejak 2018 hingga 2021 selalu mengalami penurunan secara volume dengan tren pelemahan sebesar -14,81 persen. Lalu pada 2022, volume ekspor kratom mengalami pertumbuhan signifikan sebesar 87,90 persen menjadi 8.210 ton.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2022, pertumbuhan positif terus berlanjut pada periode Januari hingga Mei 2023 dengan nilai pertumbuhan sebesar 51,49 persen.

Jika melihat negara tujuan utama ekspor Kratom Indonesia, Amerika Serikat (AS) menduduki urutan pertama pada periode Januari-Mei 2023, yakni sebesar US$4,86 juta, diikuti Jerman sebesar US$0,61 juta, India sebesar US$0,44 juta, dan Republik Ceko sebesar US$0,39 juta.

Proses ekspor Kratom tidak melalui Kemendag karena masih belum ada Surat Persetujuan Ekspor (SPE).

"Tidak ada (izin dari Kemendag). Jadi kita tidak memberikan SPE-nya karena tidak ada SPE-nya mungkin saja bisa terkirim (ekspor). Kalau di kami, kan, memang tidak ada aturan yang melarang, jadi itu kayaknya di lapangan, ya, urusannya, misal Bea Cukai," jelas Didi.

Manfaat dan efek samping tanaman herbal kratom
Tanaman Kratom. (Dok. metrokota.bnn)Foto: Tanaman Kratom. (Dok. metrokota.bnn)

Mengutip laman resmi Badan Narkotika Nasional (BNN), kratom menjadi tanaman endemik yang tumbuh di sejumlah wilayah di Kalimantan. Masyarakat telah memanfaatkan kratom selama berabad-abad sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, mulai dari meningkatkan stamina hingga mengobati diare.

Meski begitu, seorang peneliti zat psikoaktif, Swogger bersama koleganya mengemukakan bahwa sejumlah orang yang mengonsumsi kratom mengalami efek seperti kecanduan. Efek yang dirasakan berupa perasaan relaks dan nyaman, serta euforia jika kratom digunakan dengan dosis tinggi.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, menyatakan tidak keberatan jika Indonesia mengekspor Kratom. Hal itu diungkapkan setelah AS memberikan permintaan ekspor Kratom.

"Kemarin ada produk tumbuhan Kratom. Orang AS datang, kami mau beli ini (Kratom). [Mereka tanya] bisa enggak? Bisa saja. Kan, belum dilarang," kata Zulhas dalam sambutannya di Kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag) Jakarta, dikutip Sabtu (7/10/2023).


Zulhas mengatakan, ia tidak peduli apakah Kratom tersebut akan disalahgunakan atau tidak. Menurutnya, hal terpenting adalah petani Indonesia bisa diuntungkan dari ekspor Kratom.

Tanaman Kratom. (Dok. Detikcom/Yudistira Imandiar)Foto: Tanaman Kratom. (Dok. Detikcom/Yudistira Imandiar)

"Kalau penggunaannya salah kan bukan kita yang salah, yang sana, yang penting petani dapat dollar, senang, makmur enggak apa-apa," ujar Zulhas.

Zulhas mengatakan, jika terdapat permintaan tumbuhan Kratom dari negara lain, Indonesia siap memasok. Sebab, aturan ataupun pelarangannya belum ditetapkan.

"Saya setuju saja kalau ada yang mau ekspor, capitalnya kan bisa panen dollar kan. Nanti terima kasih sama Mendag. Kalau nanti ada yang sakit bukan urusan kita. Katanya buat obat kenapa dimakan," pungkasnya.

Hingga saat ini, BNN menyatakan bahwa Kratom masih belum diatur dalam Undang-undang Narkotika sehingga regulasi pemerintah daerah pun belum bisa membatasi penggunaan Kratom.

Maraknya peningkatan penggunaan Kratom juga ditandai dengan banyaknya petani tanaman biasa yang beralih menjadi petani Kratom dikarenakan hasil dari budidaya Kratom dinilai lebih menjanjikan secara ekonomi.

Sebagai informasi, melansir dari laman resmi Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumatra Selatan, Kratom adalah tanaman yang tumbuh di Asia Tenggara. Di Indonesia, tanaman ini jadi tumbuhan endemik yang tumbuh di sejumlah wilayah di Kalimantan.

BNN RI telah menetapkan Kratom sebagai New Psychoactive Substances (NPS) di Indonesia dan merekomendasikan Kratom untuk dimasukkan ke dalam narkotika golongan I dalam Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Adapun, penggolongan ini didasarkan pada efek Kratom yang berpotensi menimbulkan ketergantungan dan sangat berbahaya bagi kesehatan, yakni 13 kali lebih berbahaya dari morfin.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...ba-baru-kratom

emoticon-Shakehand2
pilotproject715
pilotproject715 memberi reputasi
1
749
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
brucebanner23Avatar border
brucebanner23
#9
Beneran bikin kecanduan?
pilotproject715
bukan.bomat
bukan.bomat dan pilotproject715 memberi reputasi
2
Tutup