perojolan13Avatar border
TS
perojolan13
Bos AdaKami Minta Nasabah Kumpulkan Bukti Jika DC Tagih Tak Sopan


Penyelenggara pinjaman online (pinjol) PT Pembiayaan DigitalIndonesia (AdaKami) meminta kepada nasabah atau pengguna AdaKami untuk dapat segera mengumpulkan bukti apabila masih menerima perlakuan penagihan yang tak sopan dari desk collection (DC) AdaKami.


Direktur Utama AdaKami Bernardino Moningka Vega mengatakan masyarakat dapat
mengumpulkan bukti percakapan penagihan DC dalam bentuk rekaman.
“Atau [bukti dalam bentuk] gambar untuk membuat pengaduan resmi melalui layanan
konsumen AdaKami di 15000-77 atau melalui hello@cs.adakami.id,” kata Dino, panggilan akrabnya, dalam keterangan tertulis, Kamis (28/9/2023).

Sebagai bentuk mitigasi pelanggaran, Dino menegaskan bahwa AdaKami telah
menekankan secara tegas kepada seluruh pihak terkait untuk tunduk dan patuh
pada standard operating procedure (SOP) yang berlaku. Adapun, seluruh bentuk
pelanggaran akan ditindak secara tegas.

Sebelumnya, Dino juga menyampaikan bahwa AdaKami yang memiliki sekitar 400 debt
collector (DC) hanya melakukan penagihan kepada nasabah melalui telepon.
“AdaKami tidak pernah ada field collector, jadi debt collection hanya melalui telepon.
Bilamana ada informasi DC AdaKami mendatangi rumah, kami enggak ada field
collection sama sekali,” ungkap Dino dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (22/9/2023).

Dino mengklaim AdaKami menerapkan sesuai SOP dari AFPI dalam hal praktik penagihan, di antaranya tidak melakukan penagihan dengan intimidasi.

Selain itu, AdaKami juga tidak melakukan kekerasan fisik dan mental ataupun cara-cara
yang menyinggung SARA atau merendahkan harkat, martabat serta harga diri penerima
pinjaman, baik secara langsung maupun lewat dunia maya baik terhadap diri peminjam,
harta benda, kerabat, rekan, dan keluarga.

“Apabila memang terbukti terjadi tindakan pelanggaran penagihan dengan kekerasan
seperti yang dilaporkan, maka AdaKami siap mengeluarkan surat peringatan sampai
dengan pemutusan hubungan kerja, bila perlu menjalankan upaya hukum,” ujarnya.
Lebih lanjut, Dino menjelaskan bahwa sebelum DC melakukan penagihan, AdaKami
memberikan naskah dan batasan yang dapat dibicarakan oleh tim DC kepada nasabah. Di mana, data informasi nasabah sangatlah minim yang dimiliki tim DC.


“Di screen, informasi nasabah itu sangat minim, bahkan nomor telepon [nasabah] tidak
ketahuan, jadi tinggal telepon nasabah. Dan nomor-nomor yang ditelepon itu tercatat di
kita, jadi kita tahu itu dari DC kita atau tidak,” ungkap Dino

link

Tuh, disuruh kumpulkan bukti dulu ya
GEMPAL00
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan GEMPAL00 memberi reputasi
0
328
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
codot.1Avatar border
codot.1
#3
@replykgpt
Apa saja pinjol legal 2023
genragen
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan genragen memberi reputasi
2
Tutup