KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Sports / Sports /
Exco PSSI Sebut Suporter Indonesia Kurang Pendidikan! Setuju Gak Nih?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/63d0a374cd235135e2715bf0/exco-pssi-sebut-suporter-indonesia-kurang-pendidikan-setuju-gak-nih

Exco PSSI Sebut Suporter Indonesia Kurang Pendidikan! Setuju Gak Nih?


Sumber Gambar

Tragedi Kanjuruhan menjadi salah satu kasus yang cukup ramai dan menghebohkan di tahun lalu selain kasus Sambo. Kejadian yang terjadi di dunia persepakbolaan itu harus menelan korban ratusan orang. Sepakbola yang seharusnya menyenangkan berubah menjadi mengerikan.

Bukan hanya di Indonesia, berita ini juga sampai menghebohkan dunia. Semenjak itu, banyak pihak bergerak untuk mengusut tuntas kasus ini. Dan sampai saat ini, kasus Tragedi Kanjuruhan masih terus berlanjut. Kini sudah masuk ke tahap persidangan.

Sidang digelar di Pengadilan Negeri Surabaya pada 20 Januari lalu. Menghadirkan dua terdakwa yakni Panpel Arema FC yaitu Abdul Haris dan Security Officer Suko Sutrisno. Ada satu hal menarik dari sidang ini. Yaitu mengenai hal yang diungkapkan oleh Exco PSSI Ahmad Riyadh.


Sumber Gambar

Dirinya hadir di sebagai saksi. Dalam kesempatannya itu, ia sempat mengungkapkan bahwa suporter di Indonesia kurang pendidikan. Menurutnya, seharusnya penonton sepakbola bisa tenang membawa anak dan keluarga untuk menonton sepakbola di stadion.

Riyadh lalu membandingkan dengan penonton di luar negeri. Yang sangat kontras dengan penonton kita yang menurutnya kental dengan fanatisme dan kurang pendidikan. Padahal, dari segi kelayakan Stadion Kanjuruhan dinilai layak dan aman untuk digelar pertandingan sepakbola.

Gimana menurut kalian, gan? emoticon-Bingung (S)

Di Indonesia sendiri memang sudah tidak asing lagi jika suporter sepakbola begitu fanatik dalam mendukung timnya. Hal itu bisa jadi suntikan semangat yang positif bagi para pemain yang berlaga di lapangan. Sekaligus memeriahkan pertandingan.


Sumber Gambar

Hanya sekali lagi, fanatisme pun ada batasnya. Ketika tim kita menang kita boleh bersuka ria. Tapi kalau kalah sudah seharusnya kita legowo dan menerima kenyataan. Lalu yang perlu diketahui adalah posisi penonton adalah di tribun, bukan di lapangan. Bukan masalah tradisi atau kebudayaan, tapi berdasarkan peraturan yang ada demi keamanan.

Tapi apakah fair jika kita hanya menyalahkan suporter? Tragedi ini juga terjadi karena suatu kebobrokan dari suatu pihak dalam mengambil keputusan. Pada akhirnya, terlihat bahwa yang kurang pendidikan ‘mungkin’ bukan hanya suporter. Mungkin kita semua yang kurang pendidikan.

Sejauh yang TS tahu, suporter fanatik biasanya berada di sisi belakang stadion. Jadi seharusnya tribun-tribun sisi samping lapangan masih aman untuk anak dan keluarga. Masih nyaman bagi yang ingin menyaksikan pertandingan secara tenang.


Sumber Gambar

Semoga tragedi jadi pelajaran untuk suporter kita. Tapi melihat kejadian sebelum pertandingan Indonesia vs Thailand pada Desember lalu, sepertinya mereka belum belajar ya? Wkwkwk.

Jadi gimana gan? Apakah adil kalau menilai suporter kita kurang pendidikan? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
herifolz dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh harrywjyy
liatlah si KTL exco itu bisanya, nyalahin orang aja,padahal di dalem PSSI sendiri juga ga beres.. KTL emang exco
profile picture
TS harrywjyy 
KASKUS Plus
Wkwk begitulah lempar sana lempar sini
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di