KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Orang Tua Wajib Waspada, Awasi Anak-anak Saat Main di Luar Rumah Pada Musim Hujan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/63d0a6154a85821f206dbe10/orang-tua-wajib-waspada-awasi-anak-anak-saat-main-di-luar-rumah-pada-musim-hujan

Orang Tua Wajib Waspada, Awasi Anak-anak Saat Main di Luar Rumah Pada Musim Hujan

Waspada, para orang tua wajib lebih ketat memberikan pengawasan saat anak main diluar rumah di musim hujan


Bulan Januari, beberapa daerah di Indonesia tengah mengalami musim hujan dimana hujan turun hampir setiap hari dan membuat banyak sungai meluap hingga menyebabkan banjir.

Sebagaimana Agan dan Sista ketahui, saat hujan turun secara terus menerus dengan intensitas tinggi maka sudah dapat dipastikan pemukiman penduduk khususnya di perkotaan dengan padat penduduk akan mengalami banjir sampai rumah-rumah warga terendam untuk beberapa waktu.

Masalah banjir di beberapa daerah di Indonesia memang sangat sulit untuk ditanggulangi, bahkan sudah dilakukan berbagai cara seperti dengan membuat sumur resapan tetapi juga tidak menunjukkan hasil yang signifikan.

Meskipun turunnya hujan adalah berkah dari Tuhan, tetapi Agan dan Sista juga tetap perlu untuk waspada dan berhati-hati. Terutama jika memiliki anak kecil yang masih belum paham akan bahaya dari bermain hujan.

Tengah heboh di media sosial, seorang bocah usia 13 tahun meninggal dunia sepulang sekolah karena terperosok ke selokan dan terseret air hujan. Kejadian tersebut terjadi di daerah Desa Dukuh Dalem, Kecamatan Ciawigebang, Kuningan, tepatnya pada hari Jumat tanggal 20 Januari 2023 lalu.




Dari adanya kejadian tersebut tentu sudah seharusnya dijadikan sebagai pelajaran bagi para orang tua untuk lebih hati-hati dan waspada dalam memberikan pengawasan kepada anak-anak terutama saat mereka berada diluar rumah saat turun hujan entah itu sedang bersekolah, mengaji, les, atau sedang bermain bersama dengan teman-temannya.

Seringkali saat hujan turun, anak-anak tergiur untuk mandi hujan dengan lari-larian kesana kemari di halaman rumah atau di tepi jalan. Meskipun ini cukup aman bagi kesehatan selama anak dalam keadaan imunitasnya baik, tetapi akan sangat tidak aman dan tidak dianjurkan jika tidak ada orang tua yang memberikan pengawasan secara khusus saat mereka bermain hujan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Memantau pergerakan anak-anak saat bermain hujan, memberikan himbauan dan aturan untuk tidak bermain hujan terlalu jauh dari rumah dan terlalu dekat dengan selokan atau saluran air, merupakan salah satu cara untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada anak-anak yang sedang bermain hujan.

Melarang untuk bermain di tengah jalan raya saat hujan juga perlu untuk dilakukan karena sebagaimana Agan dan Sista ketahui, saat turun hujan jarak pandang pengendara kendaraan akan sangat terbatas karena terhalang dengan curah hujan yang deras atau kabut.

Keselamatan anak-anak bisa dikatakan masih bergantung dan menjadi tanggung jawab orang tua secara penuh, karena memang seorang anak belum dapat mengetahui mana benar mana salah, dan mana yang boleh untuk dilakukan atau mana yang bahaya untuk dilakukan.




Berikut tadi GanSis beberapa hal yang harus diperhatikan saat anak-anak bermain hujan-hujanan melihat saat ini sedang musim hujan dengan intensitas yang cukup tinggi.

Melihat dari banyaknya kejadian anak terseret arus dan terbawa air selokan karena terpeleset atau main air, maka para orang tua harus lebih meningkatkan kewaspadaan.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai himbauan bagi Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Seno312 dan 8 lainnya memberi reputasi
Dulu si tees apa suka hujan2an?
profile-picture
masnukho memberi reputasi
profile picture
TS masnukho 
Aktivis Reg. Lampung


emoticon-Ngakak iya pas kecil, lepas baju lepas celana lari-lari main hujan
profile picture
sc5 
KASKUS Plus
@masnukho berarti telanjang gitu gan?
Memuat data ...
1 - 2 dari 2 balasan
×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di