KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Harga Lebih Murah! Tapi, Kenapa Mobil Suzuki Masih Kurang Laku?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/63d0b96f61fa8b3d293d3699/harga-lebih-murah-tapi-kenapa-mobil-suzuki-masih-kurang-laku

Harga Lebih Murah! Tapi, Kenapa Mobil Suzuki Masih Kurang Laku?





Hi sobat otomotif,

Kalau ngomongin mobil pasti pikiran kita langsung melayang kalau Toyota lah produk yang jaminan mutu, dari variasi Avanza hingga Fortuner, dari Corolla hingga camry. Ahhh, Toyota memang menjadi raja otomotif roda empat di Indonesia.

Lantas bagaimana dengan pabrikan mobil Jepang yang lain, seperti Suzuki misalnya?



Baik dari Ertiga hingga XL 7, penjualannya kok lesu. Kalah jauh dari kompetitor lainnya, padahal kalau kita melihat produk Suzuki namanya produk Jepang ya bagus-bagus aja. Bahkan harganya juga lebih murah dibandingkan dengan Toyota, tapi kok masih kurang laku ya di Indonesia.

Kalau soal nama, Suzuki itu juga terkenal dibandingkan Wuling pemain baru di Indonesia. Bahkan, masalah kenyamanan yang dihadirkan juga oke. Hmmm, ada apa ya dengan suzuki?

Kalau hitungan pasar normalnya adalah produk menarik, harga yang lebih unggul, jaringan distribusi dan service center yang luas, bahkan promonya besar-besaran tentu akan merajai pasar. Tapi di Indonesia hal normal itu seakan tidak berlaku, karena mau menawarkan produk yang bagaimanapun juaranya dia lagi ehh dia lagi, ga jauh dari Toyota.



Kenapa bisa begitu?

Karena jual produk di Indonesia harus dipercayai oleh konsumen, maka dalam benak masyarakat kalau beli mobil bagusnya itu ya Toyota. Karena kepuasan konsumen yang memberikan efek percaya pada sebuah merek tersebut.

Maka Suzuki mau bikin mobil sebagus apapun tetap akan kalah dengan Toyota, sedangkan market share juga semakin lama semakin terbatas. Sebab banyak orang sudah punya mobil, ujungnya mengharapkan daya beli orang yang ingin upgrade kendaraannya.

Sama di pasar roda dua, kalau gak Honda orang agak ragu untuk membeli motor buatan lainnya, sampai-sampai Suzuki motor pun juga ikut tersungkur.



Nah untuk membangun kepercayaan itu memang tidak bisa instant butuh waktu hingga puluhan tahun, tak heran Toyota juga tak mau meninggalkan nama Kijang di variasi terbawahnya karena nama itu sudah dipercaya banyak orang.

Sedangkan bagaimana dengan konsumen?

Percaya dengan suatu merek itu oke-oke saja karena produk tersebut banyak mengeluarkan produk bagus, namun kalau terlalu percaya juga jangan. Nanti takutnya mereka jumawa, hingga kualitas yang diproduksi bisa seenaknya sendiri kalau kita terlalu percaya pada sebuah merek.

Tak heran banyak produksi otomotif tahun terbaru dari pabrikan besar agak downgrade kualitasnya, tapi harga mahal.



Lalu masalah kedua adalah citra mobil murah pada Suzuki, karena sering dapakai untuk angkutan umum. Walau sebenarnya Toyota juga ada, tapi citra Avanza yang naik kelas belum lagi ada Alphard tetap saja citra Toyota lebih bergengsi dibandingkan dengan Suzuki yang memang dari dulu bermain di segmen kelas bawah.

Jadi kalau pandangan agan sendiri bagaimana melihat hal ini?



Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2023
referensi : 1, 2
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star








profile-picture
profile-picture
profile-picture
masnukho dan 23 lainnya memberi reputasi
Suzuki Indonesia masih dipegang konglomerat grup Salim. Masih satu grup sama Nissan, Audi, KIA, Hino dll.

Terlepas dari itu, Suzuki Jepang sudah mulai menggeser pasar mereka ke India dimana penjualan terbesar mereka disana... jadi sebagian besar produk impor dari India juga, suka nggak suka begitu.

Di Indonesia, sebenarnya penggemar Suzuki cukup banyak, fans garis keras mereka termasuk bejibun.
Dulu Suzuki bengkelnya banyak berimbang sama merk lain lah... Kualitas juga sebenarnya kuat.. merk carry udah lama melekat kuat sebagai pickup ringan tahan banting dan sampai sekarang.

Coba lihat produk Suzuki sekarang : Ertiga, Baleno, Ignis, XL 7, Spresso, Jimny & pikap Carry. Separuhnya bikinan India.

Penjualannya bisa dibilang biasa saja kecuali Carry yang menggusur Grenmex yang sebetulnya ditunggu karena nama Carry udah jaminan buat penggemar pikap.

Indomobil bukan hanya diam saja tapi namanya prinsipal sudah punya arah jadi mau apa..

emoticon-Imlek
Cmiiw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
salvation101 dan 13 lainnya memberi reputasi
profile picture
TS c4punk1950... 
KASKUS Plus
Nah itu ngekor ke India deh jadinya
profile picture
jlamp
kaskus maniac
Beberapa segmen juga Suzuki absen..
Low SUV nggak ada, sedan nggak punya, Van atau blindvan juga... Jadi kalo mampir ke dealer pasti nggak puas.
profile picture
evonext555
aktivis kaskus
@jlamp Divisi Motor juga sama ngikut market india, nasibnya hidup segan mati tak mau padahal punya pabrik perakitan besar untuk wilayah Asia Tenggara, konsumen rata rata mintanya ya JDM malah dikasih model india sebenarnya fans garis kerasnya juga kasih masukan masalah model dan desain tapi ya gitu gitu aja, padahal suzuki kualitasnya bagus lho
profile picture
jlamp
kaskus maniac
@evonext555 JDM dipelesetin jadi Jaipur Domestic Market.. hahahaha.

Begitulah Om... Kemarin lewat dealer nyambi jualan Viar. emoticon-Big Grin
profile picture
Indihe 1,4 milyar pndduk.. aplgi sijuki udh kimpoi kontrak SM merek Sono.. y jls bkl JD 1st market.. indo udh dikuasai Astra ssh jg nembusnya mk ya pasar indihe aja yg diprioritaskan.. akhirny desainnya ya selera indihe yg maaf, mnrt gw; rendahan...
profile picture
black.robo
kaskus maniac
Desain Maruti Suzuki dibawa ke Indonesia yauda market susah buat nerima karena beda selera.
Dulu secara kualitas, Suzuki terkenal bandel cuma setelah dipegang sama Indomobil kok rasanya ada penurunan kualitas yaa atau cuma perasaan ane aja.
Kelebihan Suzuki dibanding kompetitor, biaya service lebih murah.
profile picture
Nevareth
kaskus geek
kalo gsx india banget ga mat? @bukan.bomat
profile picture
bukan.bomat
kaskus freak
@Nevareth no comment dah. Suzuki itu untuk motor sering buat desain yang aneh, kalau mobil kekecilan dan harga jual kembali lebih rendah dari yang lain. Tapi ane akui material kualitasnya bagus.
profile picture
bukan.bomat
kaskus freak
Kalau sekarang Suzuki Jimny udah ada versi yang long , bodinya mirip Jeep versi kecil emoticon-Big Grin
profile picture
jlamp
kaskus maniac
@bukan.bomat tapi ane lebih suka model lama Om... Yang model katana/carribian per daun transmisi manual kopel bonggol hahaha
profile picture
@bukan.bomat Jimny Forsa Karimun lawas itu mesin sama.. enaknya bs pnp part nya.. n original.. itu j klbihn sijuki. Selain itu ya.. cm sbts people mover stuff yg murah aja ..
profile picture
bukan.bomat
kaskus freak
@Nevareth Suzuki GSX-R 1000 kepalanya mulai lancip sekarang, besoknya GSX -R 150 mau keluar lancip juga, bedanya yang 1000 dua batok lampu macam mata kucing yang tajam, 150 satu di tengah seperti kristal permata. Bagi gue desain motor sport terbagus adalah Honda CBR 150 R versi lama upgrade dari NSR emoticon-Big Grin
profile picture
Nevareth
kaskus geek
@bukan.bomat dijalan tetep di bibilang ninja kan mat sama ukhti ukhti emoticon-Leh Uga


beneran design baru ga nih ga tau nya kena prank kaya yg 250cc kirain gxr ternyata gixxer india emoticon-Wakaka
profile picture
@Nevareth @bukan.bomat cibi Thai? Yg old? Tp gepeng. Gw smpt pny edisi 2004 Repsol cbu. Dh we jual. Dh g bs motoran LG skrg msuk anjing😂
profile picture
bukan.bomat
kaskus freak
@Nevareth

@giphytrelele gak naik motor sekarang naiknya apa ? emoticon-Big Grin
profile picture
@Nevareth @bukan.bomat naek VTEC tua aja lah.. sbnrnya hobby bgt biker . Dr jmn SMA. Touring smpe pelabuhan ratu jg pernah.. tau. 2005 an. Cm smakin berumur smkin ga bs KLO jln lmyn jauh.. tp KLO deket ttp lah metik cukup
profile picture
bukan.bomat
kaskus freak
@giphytrelele ane lebih sering pakai ojek online mobil atau motor, ya jarang pakai mobil atau motor sendiri lah emoticon-Big Grin
profile picture
@bukan.bomat suatu saat we PGN LG skdr buat hobby.. non fairing tp.. udh malu ma umur pk non naked bike... ya sekelas cb400 VTEC udh ckup.. ato monster 600.. naksir bgt dr dlu cm Lom kesampean..
profile picture
bukan.bomat
kaskus freak
@giphytrelele nungguin mobil dan motor listrik anti polusi yang bagus apa gitu emoticon-Big Grin
Memuat data ...
1 - 20 dari 27 balasan
×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di