KOMUNITAS
Home / FORUM / All / ... / Komunitas Bahasa /
Mengapa Belajar Bahasa Asing Terasa Begitu Sulit?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/63d07e23f7b0f96d7d3ae9f3/mengapa-belajar-bahasa-asing-terasa-begitu-sulit

Mengapa Belajar Bahasa Asing Terasa Begitu Sulit?


Ilustrasi. Sumber: Di sini


Belajar bahasa asing dapat menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan dan bermanfaat, tapi juga dapat menjadi tantangan. 

Cara atau tips mudah belajar bahasa asing

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mempelajari bahasa asing, beberapa diantaranya:

1. Belajar dengan menggunakan buku atau materi pelajaran yang dirancang khusus untuk pembelajaran bahasa asing. 

Buku ini dapat mencakup gramatika, vocabularies, latihan pembicaraan, dan percakapan. Buku ini sangat cocok bagi mereka yang ingin belajar secara mandiri, tanpa bantuan guru atau tutor.

2. Belajar dengan menonton film atau acara televisi yang dalam bahasa asing, dengan menggunakan subtitle dalam bahasa asing atau bahasa ibu. 

Hal ini akan membantu seseorang untuk mendengarkan dan memahami intonasi, pronunciasi, dan gaya bahasa yang digunakan oleh penutur asli bahasa asing.

3. Belajar dengan menggunakan aplikasi atau software pembelajaran bahasa asing, seperti Duolingo atau Rosetta Stone. 

Aplikasi ini membuat belajar menjadi lebih interaktif dan menyenangkan, dengan berbagai latihan yang ditawarkan, seperti matching, multiple choice, dan game.

4. Belajar dengan menemukan penutur asli bahasa asing yang dapat digunakan sebagai tutor atau teman belajar. 

Ini adalah cara yang efektif untuk belajar bahasa asing karena seseorang dapat belajar dari orang yang benar-benar menggunakan bahasa tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

5. Belajar dengan mengunjungi negara yang menggunakan bahasa asing sebagai bahasa resmi dan berinteraksi dengan penduduk setempat. 

Ini adalah cara yang efektif untuk belajar bahasa asing karena seseorang dapat belajar dari orang yang benar-benar menggunakan bahasa tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Kesulitan-kesulitan dalam belajar bahasa asing

Salah satu hal yang membuat bahasa asing sulit dipelajari adalah kurangnya interaksi langsung dengan penutur asli bahasa tersebut. Selain itu, sistem tata bahasa yang berbeda dari bahasa ibu juga dapat menjadi kendala dalam pembelajaran. Sistem tata bahasa yang berbeda dapat mengakibatkan kesulitan dalam mengenali dan mengaplikasikan aturan-aturan tata bahasa yang berbeda dapat menyebabkan kesulitan dalam berbicara, mendengarkan, dan menulis dalam bahasa asing. Selain itu, jika seseorang tidak memiliki dasar yang kuat dalam bahasa ibu mereka, maka akan sulit untuk memahami konsep-konsep yang diajarkan dalam bahasa asing.

Untuk mengatasi kesulitan ini, seseorang harus memiliki komitmen yang kuat untuk belajar dan berlatih secara teratur. Mereka juga harus memiliki kesabaran dan keinginan untuk belajar dari kesalahan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengambil kelas bahasa asing, menemukan tutor atau teman belajar, atau dengan mengunjungi negara yang menggunakan bahasa asing sebagai bahasa resmi.

Selain itu, seseorang juga harus meluangkan waktu untuk belajar vocabularies dan grammar secara terpisah. Mereka harus juga memahami bahwa proses belajar bahasa asing adalah proses yang berkelanjutan dan tidak akan selesai dalam waktu yang singkat.

Kesimpulan

Kesimpulannya, belajar bahasa asing memerlukan komitmen dan kesabaran. Namun, dengan menggunakan metode yang tepat dan interaksi langsung dengan penutur asli bahasa asing, seseorang dapat meningkatkan kemampuan berbahasa mereka dan menikmati manfaat dari pemahaman bahasa asing.

Referensi tulisan: scienceabc.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jengge dan 25 lainnya memberi reputasi
KEMUNGKINAN MASALAH PADA OTAK DAN PERUT kurang gizi.

kemungkinan masalah pada guru bhs KW
profile picture
TS muqfa 
KASKUS Plus


kurang praktek juga
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di