KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Education /
Kalau Ada Orang Takut dan Cemas Tentang Kebahagiaan, Itu Namanya Cherophobia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/63d016e4561a8c48901271a2/kalau-ada-orang-takut-dan-cemas-tentang-kebahagiaan-itu-namanya-cherophobia

Kalau Ada Orang Takut dan Cemas Tentang Kebahagiaan, Itu Namanya Cherophobia


Ilustrasi. Sumber: Di sini



Cherophobia adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan ketakutan yang berlebihan atau kecemasan tentang kebahagiaan. Ketakutan ini bisa menyebabkan orang menghindari segala bentuk kebahagiaan atau bahkan menolaknya. 

Cherophobia adalah gangguan mental yang bisa sangat menghambat kehidupan seseorang. Banyak orang yang mengalami kondisi seperti ini, meskipun mereka mungkin tidak menyadarinya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui lebih banyak tentang cherophobia dan bagaimana cara mengatasinya.

Faktor lingkungan dari Cherophobia

Cherophobia adalah istilah yang diciptakan oleh psikolog dan filsuf Jerman, John B. Watson, yang memperkenalkan konsep cherophobia pada awal tahun 1900-an. Ia mengaitkan ketakutan ini dengan faktor budaya tertentu, termasuk kemiskinan dan ketidakpastian. Ia berpikir bahwa orang-orang yang hidup dalam lingkungan yang kurang stabil cenderung takut untuk merasakan kebahagiaan, karena mereka takut bahwa kebahagiaan itu akan segera hilang.

Memahami tentang Cherophobia

Untuk mengerti lebih banyak tentang cherophobia, penting untuk memahami bagaimana ketakutan tersebut berkembang. Orang yang mengalami cherophobia cenderung merasakan ketakutan yang berlebihan tentang bahagia dan cenderung menghindari situasi yang bisa menghadirkan kebahagiaan. Hal ini bisa menghambat kesempatan mereka untuk menjalani kehidupan yang sehat, produktif dan bahagia.

Penyebab Cherophobia

Penyebab cherophobia bisa beragam. Biasanya, orang yang menderita kondisi ini akan mengalami masalah psikologis atau kehidupan yang tidak stabil, seperti masalah keuangan, masalah rumah tangga, masalah kesehatan, atau masalah pekerjaan. Mereka juga bisa mengalami masalah emosional, seperti stres, depresi, atau trauma.

Tanda-tanda Cherophobia

Beberapa tanda yang mungkin terlihat pada orang yang menderita cherophobia adalah: ketakutan yang berlebihan atau kecemasan tentang kebahagiaan, cenderung menghindari situasi yang menghadirkan bahagia, hidup dengan kekhawatiran yang berlebihan, dan rasa takut saat mengalami kebahagiaan.

Cherophobia VS Melankolia

Cherophobia sering disamakan dengan melankolia, yang merupakan keadaan mental yang menyebabkan orang merasa sengsara atau tidak bahagia. Namun, cherophobia dan melankolia adalah kondisi yang berbeda. Melankolia adalah kondisi yang menyebabkan orang merasa sengsara dan tidak bahagia, sementara cherophobia adalah ketakutan berlebihan tentang kebahagiaan.

Bagaimana Mengobati Cherophobia

Mengobati cherophobia bisa dilakukan dengan berbagai cara. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah terapi, obat-obatan, hipnoterapi, dan bahkan meditasi. Terapi juga bisa membantu orang yang menderita cherophobia untuk memahami dan mengontrol gejala yang dialaminya. 


Obat-obatan juga bisa digunakan untuk mengobati cherophobia. Beberapa obat yang bisa digunakan untuk mengobati kecemasan dan stres yang terkait dengan cherophobia adalah antidepresan, anxiolytic, dan antipsikotik. Namun, sebelum mencoba obat-obatan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda.

Referensi tulisan: thepleasantmind.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
provocator3301 dan 15 lainnya memberi reputasi
Semua orang ada kecenderungan ingin bahagia ya gan-sist.
emoticon-Ultahemoticon-Ultah
profile picture
TS muqfa 
KASKUS Plus


dan sedih itu manusiawi juga
profile picture
squitward 
KASKUS Plus
@muqfa
Dan tetapi bagaimanapun juga harus bangkit dari kesedihan
Memuat data ...
1 - 2 dari 2 balasan
×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di