KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Education /
Wordle, Aplikasi Membuat Kata-Kata Menjadi Gambar Unik
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/63cea53dac5acb2c167a2922/wordle-aplikasi-membuat-kata-kata-menjadi-gambar-unik

Wordle, Aplikasi Membuat Kata-Kata Menjadi Gambar Unik



Ilustrasi. Sumber: Di sini



Apakah wordle?

Wordle adalah sebuah aplikasi web yang dapat digunakan untuk membuat kata-kata yang terkait menjadi sebuah gambar yang unik. Pengguna dapat memasukkan teks atau kata-kata yang ingin ditampilkan, dan aplikasi akan menampilkan kata-kata tersebut dalam bentuk sebuah gambar besar dengan ukuran font yang berbeda-beda sesuai dengan frekuensi kemunculan kata tersebut dalam teks yang dimasukkan. Wordle dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk menampilkan tema dari sebuah buku atau artikel, atau sebagai alat pembelajaran untuk mengevaluasi kosakata siswa.

Apakah wordle menggunakan AI?

Wordle adalah sebuah aplikasi web yang tidak menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence) dalam proses pembuatannya. Aplikasi ini hanya menggunakan algoritma yang sederhana untuk mengevaluasi frekuensi kemunculan kata-kata dalam teks yang dimasukkan dan menampilkan kata-kata tersebut dalam bentuk gambar besar dengan ukuran font yang berbeda-beda sesuai dengan frekuensi kemunculan kata tersebut. Wordle tidak membutuhkan pemrosesan natural language atau pembelajaran mesin yang canggih untuk dapat digunakan.

Siapa pencipta wordle

Pencipta Wordle adalah seorang ahli komputer bernama Jonathan Feinberg. Feinberg adalah seorang yang bekerja di IBM Research dan membuat Wordle sebagai sebuah proyek hobi pribadi. Wordle pertama kali diperkenalkan kepada publik pada tahun 2008 melalui situs web pribadinya, dan sejak saat itu telah menjadi populer di kalangan orang-orang yang menyukai teknologi dan desain. Feinberg juga mengembangkan beberapa aplikasi lainnya yang mirip dengan Wordle seperti WordItOut dan WordSift.

Kata populer dalam wordle

Dalam Wordle, kata-kata yang paling sering muncul dalam teks yang dimasukkan akan ditampilkan dengan ukuran font yang lebih besar dibandingkan dengan kata-kata yang muncul lebih jarang. Kata-kata yang muncul paling sering dalam teks akan menjadi kata-kata "populer" dalam Wordle. Misalnya, jika teks yang dimasukkan berisi kalimat "Saya sangat senang belajar bahasa Inggris", maka kata-kata "saya" dan "bahasa" akan ditampilkan dengan ukuran font yang lebih besar karena muncul lebih sering dalam teks.

Kelebihan dan kekurangan wordle

Kelebihan Wordle adalah:

1. Mudah digunakan, tidak memerlukan pengetahuan teknis atau keterampilan khusus.
2. Dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti menampilkan tema dari sebuah buku atau artikel, atau sebagai alat pembelajaran untuk mengevaluasi kosakata siswa.
3. Menyajikan informasi dalam bentuk visual yang menarik dan mudah dipahami.
4. Dapat menampilkan kata-kata yang muncul paling sering dalam teks sehingga dapat digunakan untuk mengetahui kata-kata yang paling sering digunakan dalam sebuah teks.

Kekurangan Wordle adalah:

1. Hanya dapat digunakan untuk menampilkan kata-kata, tidak dapat menampilkan kalimat atau paragraf.
2. Tidak dapat menampilkan konteks dari kata-kata yang ditampilkan, sehingga mungkin tidak dapat memberikan gambaran yang jelas tentang tema atau pesan dari teks yang dimasukkan.
3. Tidak dapat mengenali kesalahan ortografi atau gramatikal dalam teks yang dimasukkan.
4. Tidak dapat menghitung kata yang di ignore

Itu adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Wordle. Namun, perlu diingat bahwa Wordle hanyalah sebuah aplikasi sederhana yang digunakan untuk menampilkan kata-kata dalam bentuk gambar yang menarik dan tidak ditujukan untuk tujuan analisis teks yang lebih kompleks. Wordle lebih cocok digunakan sebagai alat pembelajaran atau seni visual daripada sebagai alat analisis teks.

Referensi tulisan: Engoo Daily News
profile-picture
profile-picture
profile-picture
provocator3301 dan 14 lainnya memberi reputasi
Cobain “dall e” lebih bagus gan.
profile picture
TS muqfa 
KASKUS Plus


wordle bukan AI
kalau dall e itu AI
profile picture
@muqfa iya sih, memang beda, cuma seru aja pake dall e, bisa ubah dari kalimat jadi gambar. mungkih bisa jadi next thread gan,
profile picture
TS muqfa 
KASKUS Plus
@sedikitkurus emang unik sih
hanya nulis kalimat hasilnya gambar
Memuat data ...
1 - 4 dari 4 balasan
×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di