jianpingAvatar border
TS
jianping
Abu Galunggung Sebabkan Keempat Mesin Jumbo Jet Boeing 747 Mati di Udara
“We have a small problem
All four engines have stopped
We are all doing our damnedest to get them going again
I trust you are not in too much distress”


Diatas adalah kata-kata Captain pilot  British Airways Flight 9
Eric Moody kepada 247 penumpang Boeing 747
24 Juni 1982 menjelang malam

Pesawat tersebut take off  dari Kuala Lumpur
dan dijadwalkan menempuh perjalanan selama lima jam
dengan tujuan Perth, Australia

Saat itu pesawat baru melewati pulau Jawa
dan mulai berada di atas perairan samudera Hindia
pada ketinggian jelajah 37 ribu ft

Capt Moody baru saja meninggalkan kokpit
untuk meluruskan kaki
tapi mendapat panggilan untuk segera kembali
Teknisi penerbangan menyerukan kalimat
"mesin no 4 mati .. mesin no 2 mati .. tiga mesin mati .. semua mesin mati"

Boeing 747 dengan dapur pacu 4 mesin Rolls Royce
sekarang jadi glider alias paralayang

British Airways BA009 setelah mendarat di Jakarta

Sambil mempertimbangkan opsi tindakan yang akan diambil
sang kapten mengaktifkan autopilot
supaya pesawat turun dengan terkendali
co-pilot mengumumkan panggilan darurat
(mayday)

Sementara kru pesawat berjibaku mencari penyebab kegagalan mesin
para penumpang masih tidak mengetahui situasi yang terjadi
tetapi penumpang harus segera diberitahu
pesawat semakin menukik - masker oksigen otomatis turun

Foto diambil seorang penumpang BA009

Saat itulah capt menyampaikan pengumumannya
yang kalau diterjemahkan secara bebas

Selamat malam ladies & gentlemen, disini captain penerbangan anda
kita mengalami masalah kecil - keempat mesin mengalami gangguan
kami sedang melakukan yang terbaik untuk menghidupkan lagi keempat mesinnya
Saya percaya Anda tidak terlalu gelisah”

Seperempat jam atau kurang lebih selama limabelas menit
pesawat "terbang" tanpa mesin - abu membuat mesin mampat
hanya setelah abu yang kemudian menggumpal
lalu pecah, mesin bisa dihidupkan lagi

Capt Moody mengingat kejadian tersebut
"Pesawat turun dari 37 rb ft ke 12 rb ft waktu akhirnya mesin bisa dihidupkan lagi"
Setelah itu BA009 memutar balik dan mendarat darurat di Jakarta
dengan hanya tiga mesin yang tidak mengalami gangguan lagi

Capt Moody (kiri) menerima penghargaan

Investigasi memakan waktu dua hari sebelum disimpulkan
bahwa abu gunung berapi lah penyebabnya
pesawat rupanya melewati jalur muntahan abu gunung Galunggung
Penyelidikan mengungkap fakta kerusakan yang diakibatkan
abu gunung berapi pada mesin pesawat
pinggiran baling-baling turbin mengalami korosi - hancur
temuan ini menjadi catatan bagi dunia penerbangan 


Efek abu vulkanik terhadap mesin jet



Diubah oleh jianping 14-12-2022 12:22
jlamp
jiresh
bang.toyip
bang.toyip dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.4K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
ressiveAvatar border
ressive
#1
Ngeri2 letusan gunung api jaman dulu
jianping
jianping memberi reputasi
1
Tutup