KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
Bosan Lihat Anak-anak Main Handphone? Gambar Seniman Jepang Ini Bisa Jadi Inspirasi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6387e5fcc044353f4b626faf/bosan-lihat-anak-anak-main-handphone-gambar-seniman-jepang-ini-bisa-jadi-inspirasi

Bosan Lihat Anak-anak Main Handphone? Gambar Seniman Jepang Ini Bisa Jadi Inspirasi


Ada satu masa saat gawai belum menyita perhatian Agan dan Sista, terutama masa kanak-kanak. Hari-hari penuh dengan permainan menggunakan alat-alat sederhana, kebanyakan berasal dari alam. Ya, halaman rumah, lapangan luas, kebun, adalah ruang bermain yang tak ada habisnya saat itu.

Gawai keseharian hanya radio dan atau televisi. Sekadar menonton film anak atau mendengarkan sandiwara dan dongeng, senangnya bukan main. Meski hanya seminggu sekali, selalu dinanti.
 
Yuuki Nishimura, seorang seniman Jepang yang menjadikan kehidupan anak-anak biasa tanpa gawai sebagai bahan mentah karyanya. Kehidupan kanak-kanak yang pernah GanSis lalui. Berikut sebagian dari karya Yuuki.
 
1. Menjelajah
 

2. Main Perosotan
 


3. Jajan
 


4. Memainkan bahan bangunan
 


5. Kumpul keluarga
 


6. Main cat air
 


7. Boneka
 


8. Naik sepeda
 


9. Di kebun bunga
 


10. Main dengan kakek
 


11. Tamasya
 


12. Hujan-hujanan
 

Gimana, GanSis? Meskipun gambar-gambar Yuuki berlatar Jepang, namun cukup dekat dengan keseharian kita di Indonesia kan? Terutama lingkungan yang masih banyak lahan luas nan asri.
 
Di masa sekarang momen seperti itu sebenarnya tetap bisa kita dapatkan meskipun jarang. Sebagian orang tua sudah memberikan ponsel kepada anak-anaknya untuk menemani kesehariannya. Anak-anak usia dini pegang ponsel dan cukup mahir menggunakan fiturnya sudah jadi pemandangan biasa.
 
Yuuki pernah memenangkan Asia Digital Art Award 2012 untuk serial "Dynamic Word Play" di kategori hiburan. Tahun 2019, Yuuki menyumbangkan esai untuk Kyoiku Shuppan Chugaku Kokugo Tsushin "Guidepost", "Kotoba Circus" (Alice Hall) pada Desember 2019. Di bulan Maret 2020, sebuah buku bergambar “Konokaoshite Aiueo” (Penerbit Poplar) telah diterbitkannya.
 
Di blognya Yuuki mengatakan ingin menggambarkan kesederhanaan dan kehangatan anak-anak, dan kehidupan sehari-harinya. Yuuki menghabiskan waktu sekitar 50 menit untuk menggambar setiap hari. Karya-karya Yuuki lainnya ada di akun Instagram @nishimura_sketch.
 
Nah, GanSis yang suka gambar dan sudah bosan melihat anak-anak pegang gawai, bisa mengikuti jejak Yuuki, menjadikan kehidupan anak-anak yang masih polos sebagai inspirasi berkarya. Mungkin tidak mudah pada awalnya. Namun dengan ketekunan setiap hari, kelak akan jadi karya indah menyentuh nurani.

Sumber 12

profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilikea dan 12 lainnya memberi reputasi
jadi ingat Nobita dkk
profile picture
TS Kokonata
kaskus addict
Maen di saluran air beton ya
profile picture
riodgarp
kaskus geek
iya pipa pembuangan yang punya sejarah panjang emoticon-Big Grin
profile picture
TS Kokonata
kaskus addict
@riodgarp pernah ada thread soal pipa-pipa saluran itu di Kaskus. Emang ada sejarah pembangunan di Jepang. Kayaknya memorable banget bagi generasi tertentu di Jepang
profile picture
riodgarp
kaskus geek
ya generasi pak fujimoto (fujiko fujio)
Memuat data ...
1 - 4 dari 4 balasan
×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di