xianying21Avatar border
TS
xianying21
Mengenang Internetan Hape Jaman Dulu, Mahal dan Lambat


Coba deh agan cek berapa GB yang agan
habiskan di smartphone agan untuk internetan per harinya? Bagi Gen Z, penggunaan data setidaknya 1GB per hari itu digunakan untuk membuka video-video pendek di Tiktok atau nonton video streaming seperti Netflix dan Youtube. Berapa harga paketnya? Tentunya lebih murah kalau dibandingkan dengan sekitar sepuluh tahun yang lalu. Kala itu 1GB adalah jumlah yang sangat besar dan bisa digunakan sampai satu bulan karena umumnya hape hanya digunakan untuk chatting biasa sampai browsing ringan.

Kalaupun download, paling hanya download wallpaper dan kalau lagu bisa mengunduhnya di warnet. Seperti apa sih internetan di hape jaman dulu? Mari mengingatnya kembali.

1. EDGE, 3G Masih Mewah


Sekarang sudah mau eranya 5G, negara lain bahkan sudah mulai mengembangkan 6G. Nah, dulu 3G saja sudah terasa mewah. Sebelum tahun 2010, hape 2G masih umum dan kalau internetan kecepatannya masih EDGE. Jangan harap bisa streaming video, browsingan saja sudah cukup lelet. Belum lagi settingan GPRS tiap provider yang digunakan itu berbeda-beda dan harus diaktifkan secara manual, berbeda dengan sekarang ketika masukin kartu ke smartphone, internetnya langsung aktif otomatis.

2. Waptrick, Gratisindo, dll


Ketika media sosial belum ramai, yang sering dikunjungi saat itu adalah website yang menyediakan konten gratisan seperti Waptrick dan Gratisndo. Isinya adalah konten gratis seperti lagu MP3, wallpaper, nada dering, sampai dengan game Java. Kita bisa mengunduh banyak game di sana jika hapenya sudah support Java. Padahal kala itu game Java sering dijual mahal oleh provider SMS Premium yang kerap menyedot pulsa.

3. Paket Internetan Mahal



Kalau ada yang bilang paket internet sekarang naik terus dan mahal maka keliru. Justru di jaman dulu tarif internet di perangkat mobile itu lebih mahal. Sebagai contoh adalah tarif IM3 yang per KB-nya adalah Rp. 1. Mahal sekali, karena untuk 1MB berarti harus mengeluarkan Rp. 1000, kalau 100 MB berarti Rp. 100.000, kalau 1GB? ya berarti satu juta! Tapi memang saat itu konsumsi internet hape belum sebesar sekarang, belum ada streaming video dan musik.

4. Download Musik? Ya di Warnet


Kalau download lagu langsung di hape itu mahal, berarti solusinya adalah download di warnet. Hanya dengan Rp. 3000 per jam, kita sudah bisa mengunduh banyak lagu dan dipindahkan ke hape kita melalui kabel data maupun kartu memori. Masih ingat dengan situs yang sering digunakan untuk mendownload lagi di warnet? Ya, betul sekali, Stafaband. Lagu-lagunya lengkap walaupun cover album di hape seringkali tidak sesuai.

5. Opera Mini, Browser Andalan


Di era hape Java dan jaringan EDGE, Opera Mini adalah andalan banyak orang untuk berselancar internet. Ini dikarenakan Opera Mini sangat ringan dan cepat loadingnya. Melalui Opera Mini ini penggunanya dapat mengakses berbagai situs termasuk Facebook yang saat itu sedang naik-naiknya. Di Opera Mini ini juga dijadikan tempat mendownload aplikasi dan game Java..

Ayo, gan silahkan tambahin lagi. emoticon-Leh Uga

Sumber Referensi
Diubah oleh xianying21 23-11-2022 08:23
screamo37
jengge
ferist123
ferist123 dan 29 lainnya memberi reputasi
30
7.9K
187
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
ytbjtsAvatar border
ytbjts
#2
Itu sih masih belum dulu banget...
Pernah pake mlrc?
pacartaehyung
caerbannogrbbt
.doflamingo.
.doflamingo. dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Tutup