KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Hobby / Anime & Manga Haven /
Apakah Industri Anime Akan Mati?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/633789046dc6ef74ef69fff0/apakah-industri-anime-akan-mati

Apakah Industri Anime Akan Mati?



Baru saja saya menonton video Youtube Guru Gembul. Dalam salah satu videonya dia membahas tentang anime, siaran animasi khas dari Jepang, yang kemungkinan tak akan bertahan lama lagi. Itu video yang bagus sekali jadi saya ingin meringkas poin-poin pentingnya di sini.

Seperti yang kita ketahui, Jepang merupakan negara yang mengalami revolusi industri amat besar pada tahun 1868 (Restorasi Meiji). Saat itu Jepang mengumpulkan begitu banyak peneliti demi mewujudkan sebuah negara asia yang bisa mengalahkan negara-negara barat. Dan berhasil, Jepang pun menjadi salah satu negara terkuat di dunia.



Seusai perang dunia kedua, Jepang mulai menyerang negara-negara lain dengan produk-produk mereka dan menyebabkan Jepang mendapatkan keuntungan yang amat luar biasa dari seluruh dunia. Jepang tampaknya tak dapat dihentikan, mereka benar-benar menjadi negara superpower yang mendominasi dunia.

Namun, pada tahun 1990-an, industri Jepang menemui titik buntu.

Sebagai informasi, orang-orang Jepang merupakan orang yang amat workaholic dan kebiasaan bekerja keras sampai batas sudah diterapkan sejak usia yang amat dini. Kerja, kerja, dan kerja tak peduli seperti apa penyakit maupun keadaan yang menimpamu. Mau orangtuamu meninggal atau rumahmu kebakaran kamu harus tetap kerja.



Kebiasaan ini memberikan tekanan yang amat besar bagi masyarakat yang menyebabkan mereka stress, bunuh diri, hingga menjadi hikikomori alias NEET. Banyak orang bekerja seumur hidup sehingga tak punya waktu maupun biaya untuk menikah dan membesarkan anak. Akhirnya Jepang pun mengalami Lost Decade. Ini adalah peristiwa di mana tak ada generasi baru menggantikan generasi lama.

Hasilnya, Jepang pun mundur. Kebanyakan industri mereka sangat bergantung pada orang-orang yang sudah berumur tanpa adanya generasi muda yang bisa memunculkan ide-ide baru. Dunia terus berevolusi tetapi Jepang tak bisa mengikuti kemajuan sehingga tertinggal sedikit demi sedikit. Hal ini jugalah yang terjadi pada industri anime.



Siapa sutradara anime kesukaan Anda? Miyazaki Hayao? Makoto Shinkai? Adachi Shingo? Hideaki Anno? Siapa di antara mereka yang masih berumur di bawah 40? Tidak ada. Bahkan mangaka-mangaka paling top pun sudah semakin berumur sekarang. Karena tak ada generasi penerus, industri anime pun menuju jurang kegelapan.

Dan siapa yang mengambil kesempatan di saat-saat seperti ini? China dan Korea. China dengan Manhua dan Korea dengan Manhwa. Saat ini mereka memang belum memiliki teknologi dan kualitas yang sejajar dengan anime Jepang, tetapi perlahan-lahan arah pergerakan mereka bisa kita lihat. Kita bisa melihat bahwa Korea sudah menjalin hubungan yang cukup baik dengan industri anime Jepang, buktinya mereka memberikan 3 manhwa top mereka untuk diadaptasi oleh studio Jepang.



Tentunya hal itu juga bukan sekedar kerjasama melainkan juga kesempatan bagi Korea untuk belajar dan meniru bagaimana orang Jepang membuat anime dengan harapan mereka bisa membuat animasi sekelas itu suatu saat nanti.

Sedangkan untuk China, tampaknya mereka tengah berlomba untuk memberikan ‘investasi’ pada perusahaan-perusahaan anime yang nyaris bangkrut. Mereka mengambil alih studio anime dengan seluruh staffnya, memasukkan pegawa-pegawai dari China, dan membawa pulang pengetahuan tersebut kembali ke China. Tahu sendiri kan sehebat apa China dalam meniru suatu karya dan menjadikannya Made in China?



Pertanyaannya sekarang adalah, apakah Jepang akan berhasil menciptakan bibit-bibit unggul yang dapat kembali memajukan industri mereka atau apakah Jepang akan kalah oleh inovasi-inovasi dari Korea dan China? Well, kita tunggu saja.

sumur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan 13 lainnya memberi reputasi
pembahasan yg menarik, ikutan komen di sini.

mangaka pasti ada regenerasi. waktu masih muda ane juga berpikir ada ga mangaka segenerasi ane (ane lahir 1988) yg bisa terkenal seperti mangaka Bleach, One Piece, Naruto (mereka generasi 70an). buktinya ada banyak seperti Hajime Isayama (1986), Aka Akasaka (1988), Yoshitoki Ooima (1989), Gege Akutami (1992), Tatsuki Fujimoto (1993), dll.

sutradara anime harusnya juga ada, tapi mereka ga terlalu disorot karena mayoritas ga mempublikasikan biodata mereka. ane lihat di MAL ternyata ada beberapa yg terkenal seperti Naoko Yamada (1984), Tatsuya Yoshihara (1988), Ryuu Nakayama (1990), dll. untuk generasi 1995 ke atas jarang dijumpai itu wajar karena mereka masih membangun karir.

faktor masyarakat Jepang sekarang banyak yg ga mau nikah itu juga pasti berpengaruh, tapi regenerasi pasti tetap ada. ingat ya, survei yg diadakan di Jepang sendiri mayoritas diambil dari kota-kota besar. untuk desa & kota kecil masih banyak kok masyarakat yg hidupnya normal & menikah. bisa jadi ke depan bakal banyak muncul mangaka & sutradara anime yg berasal dari desa & kota kecil yg urbanisasi ke Tokyo.

IMO pesaing paling kuat jelas China. China itu budgetnya kuat banget, lihat aja C-Drama kolosal jaman now bagus banget efek & ceritanya. J-Dorama & K-drama malah kalah jauh. sekarang aja China masih belum fokus di film animasi mereka, nanti kalau sudah fokus bakal menggila.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zenmalik dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh vaantw88
profile picture
TS ih.sul
kaskus geek
Ane juga agak ragu tentang umur mangaka karna banyak yang nggak mau identitasnya diungkap. Tapi coba lihat mangaka-mangaka yg udah tua, selain Oda dan Araki kayaknya nggak ada yg bisa mempertahankan kualitas.

Lihat aja Boruto. Padahal ceritanya udah balik dipegang Masashi tapi makin ampas aja ceritanya. Kenyataannya sekarang belum ada yg bisa gantiin golden trio pada masanya (one piece, bleach, naruto). MHA apik, BC makin kesini makin boring.
profile picture
vaantw88
kaskus freak
@ih.sul Araki sudah terbukti & makin bagus manganya karena dia sudah pindah bulanan. deadline ga ketat & bisa maksimal kerjanya.

Oda itu naik turun kualitasnya. yg ane kurang suka dari Oda, dari dulu kalau bikin arc meski bagus tapi lama banget durasinya & ga selesai2 bisa sampe 2 tahun lebih sampe bosan bacanya. maklumin aja karena mingguan deadline ketat

Boruto kan sudah diancurin mangaka sebelumnya, meski dipegang Kishimoto tetap susah memperbaiki ceritanya. manga bagus jaman now seperti JJK, Chainsaw Man, Demon Slayer Yaiba paling 25 volume sudah tamat. tapi bagus gini lebih maksimal, nanti kalau mau lanjut ada jeda waktu & pindah ke web atau bulanan.
profile picture
zavoyan
kaskus geek
Terus gayanya anime gitu?

Rambut warna warni, mata belo, garis simpel....

Itu yang katanya mengalahkan?

Hahaha.....

Itu tetap milik Jepang sampai kapanpun sudah tertulis dalam sejarah....

Cokin gak bakal bisa klaim anime....

Genshin impact aja 70% elemen Jepangemoticon-Wkwkwk

Tunggu AI disahkan sebagai faktor industri, Jepang bakal bangkit lagiemoticon-Big Grin

Wacana AI jadi tenaga animator udah ada sejak 10 tahun lalu, si anjing Miyazaki aja yang sotoy nolak AIemoticon-Ngakak

Nunggu dia mati baru anime kembali ke kejayaanemoticon-Wkwkwk
profile picture
vaantw88
kaskus freak
@zavoyan Ane juga ga terlalu suka Hayao Miyazaki. Anime sudah memasuki era komputer, dia aja masih idealis harus analog. Makanya film Ghibli jelek² grafisnya kayak anime jadul. Sudah gitu kalau bikin cerita nanggung action bukan, romance bukan, drama bukan, & ujungnya ngambang di tengah². Hollywood dari dulu selalu memandang hanya anime movie Hayao aja yg terbaik & layak masuk nominasi Oscar, padahal banyak anime movie lain yg jauh lebih bagus ceritanya.
profile picture
zavoyan
kaskus geek
@vaantw88 gara gara dia juga tenaga animator jadi murah....

Mendewakan pemilik ide dan tenaga anime cuma dianggap buruh....

Make nyerang tezuka Osamu segala gara gara ngasih hak cipta murah terus dikaitin sama upah murah, padahal gak ada kaitannya, justru Tezuka begitu supaya studio bisa bikin anime bagus tanpa memotong hak karyawan karena hak ciptanya murah....

terus waktu anaknya dia bikin proyek film anime ternyata 100 persen komputer, tetap aja dia puji, bangsad dia jilat ludah sendiriemoticon-Leh Uga

Maklum udah pikun kali dia soal ucapannya duluemoticon-Leh Uga
profile picture
vaantw88
kaskus freak
@zavoyan halah model kayak dia itu ga konsisten ngomongnya, kalau soal anaknya aja ngomongnya beda. seandainya dia diajak diskusi lebih dalam soal gaji animator, kesejahteraan animator, & masa depan industri anime paling menghindar.

Jepang itu negara maju tapi masih banyak orang sepuh kolot kayak Hayao. betul kata ente, baru bisa berubah atau berkembang setelah Hayao meninggal.
profile picture
ane masih menunggu donghua 2d yg sebagus Link Click

kalau tiap tahun selalu muncul yg sebagus itu barulah ane ngakuin era anime sudah geser ke Cina emoticon-Big Grin
Memuat data ...
1 - 7 dari 7 balasan
×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di