KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / Movies /
Perlukah Film G30S PKI Di-remake Agar Lebih Kekinian?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/633631f8ec76e03db416db65/perlukah-film-g30s-pki-di-remake-agar-lebih-kekinian

Perlukah Film G30S PKI Di-remake Agar Lebih Kekinian?


Sumber Gambar

Film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI adalah film sejarah yang dibuat pada tahun 1984 dan disutradarai oleh Arifin C. Noer. Film yang berdurasi sekitar 4 jam lebih ini memakan anggaran hingga 800 juta rupiah pada saat itu.

Film ini juga kabarnya selalu diputar setiap tanggal 30 September di masa kepemimpinan Presiden Soeharto. Di saat ini pun, film ini masih suka diputar di televisi nasional walau tidak semua TV.

Namun, apakah film ini masih cocok dengan zaman sekarang ini? Perlukah di-remake supaya lebih cantik? emoticon-Bingung (S)

Sebenarnya wacana tentang remake film ini sudah pernah dibicarakan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2017. Sejak pernyataannya itu, banyak masukan dan nasihat dari beberapa tokoh mengenai rencana pembuatan film ini. Ada semacam "titipan" yang meminta supaya beberapa hal dari film lama tidak diubah.

Namun, bagaimana kabar rencana remake itu sekarang? emoticon-Bingung (S)

Ya, belum ada kabar lebih lanjut mengenai rencana ini. Tidak pernah terdengar kabar mengenai PH mana yang akan menggarapnya, siapa pemerannya, siapa sutradaranya. Rencana ini pun seakan hilang begitu saja.


Sumber Gambar

Tapi, apakah masih perlu me-remake film ini? emoticon-Bingung (S)

Kalau kalian tanya TS, maka jawabannya adalah perlu. Tapi di sisi lain TS tidak terlalu berharap, kalau tidak jadi juga tidak apa-apa. Mungkin saja jika diperankan oleh aktor-aktor masa kini, banyak anak yang lebih tertarik untuk menonton. Lalu dari segi pace dan tempo cerira mungkin bisa agak dipercepat agar tidak makan durasi ya. Hehe.

Ngomong-ngomong soal durasi, bisa gak ya kalau durasinya dipersingkat gitu?
Menurut kalian, apakah bisa jika film remake nanti (kalau ada) lebih difokuskan sebagai hiburan. Bukan referensi sejarah. Kalau belajar sejarah kan bisa lewat buku yang lebih lengkap.

Semoga kalau ada remake-nya, film ini lebih mengedepankan sisi entertain dan estetikanya. Alur ceritanya mungkin bisa berdasarkan satu perspektif tokoh tertentu supaya lebih seru dan menantang. Tambahkan soundtrack yang menarik, efek-efek yang kece dan juga pergerakan kamera yang variatif supaya gak bosen nontonnya.


Sumber Gambar

Ya biar bagaimanapun film merupakan bagian dari seni, ada sedikit bagian yang rasanya butuh didramatisir supaya lebih seru dan tidak bikin ngantuk ketika ditonton. Apalagi teknologi di perfilman sekarang sudah berkembang.

Kalau kalian memang lebih suka menonton film yang benar-benar membahas sejarah secara keseluruhan, lebih baik tonton saja film lama yang durasinya sampai 4 jam lebih itu. Atau kalau TS boleh menyarankan, coba deh tonton film dokumenter berjudul Jagal dan Senyap yang menceritakan bagaimana kejadian G30S PKI dari sudut pandang yang berbeda.


Sumber Gambar

Film Jagal dan Senyap ini bisa kalian tonton gratis di YouTube ya gan. Dan dua film ini memiliki sisi emosional yang kuat, jauh lebih menarik ketimbang film yang 4 jam itu. emoticon-Ngacir

FYI, film Jagal dan Senyap sempat diputar di Toronto International Film Festival. Dan mendapatkan penghargaan Film Dokumenter Terbaik lho di British Academy Awards dan Television Arts Awards 2013. Bahkan masuk nominasi Academy Awards ke-86. Tapi di negara asalnya Indonesia, film ini dilarang tayang di bioskop.


Sumber Gambar

Ya kesimpulan, menurut TS akan sangat menarik bila film G30S PKI ini dibuat kembali dengan style yang berbeda dengan jalan cerita lebih mengalir dan bisa dinikmati sebagai sebuah karya seni yang menghibur. Bukan referensi sejarah.

Walaupun TS tahu, akan banyak pro dan kontra. Tapi bisalah diakalin, rencana remake ini kalau mau dibahas lebih lanjut pasti ada jalan keluarnya mengenai pro dan kontra yang mungkin nantinya akan muncul di masyarakat.

Penulis naskah, sutradara hingga produser harus tahu detail bagaimana sejarah ini terjadi. Minimalisir campur tangan pemerintah dan tokoh-tokoh tidak penting. Minta pendapat atau nasihat ketika dibutuhkan saja, selebihnya biarkan mereka berkarya dengan bebas.

emoticon-2 Jempol

Warkop aja udah banyak remake-nya, masa yang ini enggak.

Bagaimana menurut kalian, masih perlukah film ini di-remake? Kalau masih, kalian mau remake yang seperti apa? Silakan berkomentar!

Kalau bisa berkomentarlah sebagai penikmat film ya, bukan ahli sejarah! emoticon-Ngacir

Sumber:
Referensi 1
Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shinwjy dan 24 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh harrywjyy
Kalau dibuat ulang, kalian mau apa yang diubah?
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
profile picture
itu udah dibikin dengan sangat baik oleh sineas terbaik saat itu... yg kurang cuma kepanjangan sama gambar kurang jernih aja...
profile picture
IDHariLibur
kaskus addict
Diubah pki jadi pahlawannya bisa gak om?
profile picture
Film porpaganda orba, biarin aja cukup tau, kalau di rubah nanti yg di kira nganu
profile picture
hajigabin
kaskus addict
bukan, aku pengen lebih di dramalisir lagi konflik didalamnya misalnya soal keluarga jend Ahmad Yani.

terus ada prolog singkat diawal tentang sejarah PKI di Indo, pemberontakan sblum event ini (kejadian Madiun) sama hal pelik yng melatar belkngi sampai terjadinya G30SPKI, krisis ekonomi jaman bung karno misalnya.
profile picture
PACIFIC2012
kaskus addict
Kenapa gk dibuat fiksi aja seperti ternyata yg di culik n di bunuh tuh sudah di cuci otaknya sama elit global penyembah demon

Seperti luaran sana abraham lincon di buat jadi vampire slayer
profile picture
GondalGandul11
kaskus addict
gak usah di ubah biar masih kelihatan aslinya, tetapi kita juga harus jujur, membiarkan film tentang G30S dari versi lain di putar, seperti filam jagal atao senyap, atao kita bikin yang lain juga boleh
profile picture
Kuerangi
kaskus addict
Gimana mau di remake, nara sumbernya udah pada wafat.
Mau diambil darimana lagi? Nanti malah jadi cerita fiksi
profile picture
kalo gw produserin gw mau jatohnya film Indie, ikut2 Festival dulu biar dpt simpati jurnalis luar, trus bru dftarin bioskop.

ceritanya gw buat fiksi, terus plot twist good cop - bad cop & good criminal - bad criminal. jadi gak ada yg 100 protagonis atau antagonis (toh sejarah cuma bisa ditulis sama "Pemenang" kan... biar semua org sumbu pendek, kadrun-cebong jumpalitan jadi keyboard warrior. sekali2 bikin manusia sampah gitu biar mikir keras
profile picture
Koropockle
kaskus addict
yang diubah itu masa lalu dan kisah cinta saya bisa ga om emoticon-Malu emoticon-Hammer2
profile picture
Di Remake, cuman mau tau kok bisa Soeharto kaga ketangkep di malam itu. Masa iya cuman gara2 dia di RS trus di SKIP ?
profile picture
nadnos
kaskus addict
Cakrabhirawa suruh pake seragam jas hujan ala Nazi serba hitam trus penjemputan jenderal pas hujan petir, terus suharto datang membasmi PKInya sambil senyum2
Hidih dijamin lebih serem
profile picture
Dzargon
kaskuser
PKI jadi pahlawan yang selama ini tidak pernah melakukan pembunuhan sejak peristiwa Madiun, dan seterusnya... Ternyata PKI Madiun Dalangnya Soeharto juga jadi sebenarnya doi sudah jenderal sebelum jadi Jenderal, jadi bukan Musso yang membunuh BUpati Madiun,. TApi Soeharto lah yang memerintah,..
profile picture
protagonis dan antagonisnya.
*ehh....
profile picture
dennyfw
kaskus addict
Lebih baik dokumentasi yg berimbang, dgn analogika yg sehat dan bersih:
1. Andaipun PKI ingin kudeta merebut kekuasaan, kenapa harus semua anggota PKI (bahkan turunannya);kena getahnya, padahal, belum eranya FB IG Email dll, internet HP mana ada, alias ini kan cuman strategi dan taktik kotor orang atas, kenapa harus yg bawah kena juga, coba dilogika begini, gimana kami orang kecil beragama islam, ketika yg cabul adalah anak ulama atau bahkan ngulama.... Apakah kami pun dicap cabul? atau kaum muslim indonesia pada dasarnya semua adalah al kafiruun.... Dengan analogi yg sama, Karena bukan murni orang islam dan pasti kakek neneknya pasti ada yg beragama kafir?

2. Mengapa tokoh politik dihukum mati? Harusnya dia (bila terdakwa politik) cukup divonis dari awal masuk sampai mati ya dipenjara, jadi ketika ditanya2, kalo masih hidup, bisa sebagai saksi sejarah, perkara dia menyesal atau tidak, nomor 9999999999

3. PKI adalah partai politik partai orang sipil, kenapa bisa memerintah pasukan cakrabirawa? Sejak kapan chain of command tentara dipegang orang sipil, halooo


3 inilah yang harus dijelaskan secara gamblang kepada publik, jangan ada dusta sejarah
profile picture
Dzargon
kaskuser
@dennyfw Ini dah jelas sepertinya gan.. Masalahnya ada Sama Soebandrio dan Sam Kamaruzaman yang berupaya menjadi Militer yang Komunis,.. yang memberontak sebenarnya bukan Pasukan Cakrawibawa, tapi Pasukan di bawah Untung.. toh para pelaku sampai akhirnya tidak merasa bersalah dengan oprasi mereka. karena tugas tentara itu mematuhi atasan.... pada masa itu yang bisa dikatakan hampir mutlak, sekalipun yang perintah sekelas Kolonen Untung... Saya lebih suka pandangan kalau Nyoto itu ada Korban dari Aidit. Terlepas dari 1965. Komunis sudah sering kali buat huru hara
profile picture
dennyfw
kaskus addict
@Dzargon

Setuju, PKI sdh sering sebelumnya sering berulah, namun ini juga harus dijelaskan kembali, kenapa saat itu partisipannya sangat loyal mau ikut2an ribut ... Ini yg harus dipelajari, apa yg dibutuhkan utk "menggaduhkan" rakyat... Dan bagaimana jalur setannya?

Di sisi lain, kalo mmg internal militer mau di komuniskan, saya rasa ada internal yg lain yg harusnya tahu dan bergerak, entah menganulir atau bahkan memberantas, kenapa kok dibiarkan? Dan lagi2 tidak ada UU sipil termasuk investigasi yg bisa masuk ke ruang kemiliteran, semua khusus UU militer, pengadilan pun juga militer kan? mohon pencerahan gan, kalo saya salah
profile picture
Dzargon
kaskuser
@dennyfw Yah benar saya sebeaarnya asian sama Sipil yang hanya kebetulan dafatra di Lekra, Gerwani dkk dianggap simpatasian dan harus di hukum berat... KAsian mereka... apalagi mereka baik.. PKI-nya memang salah dan saya tidak ada niat memaafkan PKI, yang harusnya minta Maaf ini adalah PMErintah kepada korban yang dianggap PKI...

HAnya kesal dengan gerakan ini karena Anak-ank pelaku Utama Gestapu ikut menunggangi sampai di geser ke arah Pemerintah meminta maaf ke PKI..
profile picture
@dennyfw @Dzargon tulisannya banyak typo, but i'm with you. setuju banget.
profile picture
dennyfw
kaskus addict
@Luthfi98 @Dzargon dan jujur saja, bagi saya, sorharto di sini adalah pemain ketiga, pemain yg memanfaatkan keadaan, dgn asumsi saya:
1. Dia tahu bahwa akan ada kudeta, entah dpt drmn, bisa jadi juga dia sekedar ngikut doank, semacam pegang dua kartu, diapun berharap kudeta ini berhasil, namun dia tidak perlu tampil di sana ikut menggebuk

2. Dia tahu jadinya bahwa target yg disasar adalah loyalis Soekarno, shg bila ini mereka disingkirkan, maka mudah bagi dia utk maju ke level atas

3. Dan ternyata berjalan sesuai rencana dia kan, akhirnya dia dekati presiden, minta ijin, kemudian disetujui, akhirnya diberantaslah PKI seakar2nya, yg mana pada dasarnya penerapan strategi ini terlalu hiperbola.... KECUALI.... KECUALI!!!!!! ada yg ingin ditutupi, mengapa? Toh PKI sebagai partai tukang ribut, orang dah pada tahu kok, cuman gitu ajakan? Toh kudeta berhasil dicegah, tinggal hukum saja org2 yg bersangkutan, saya yakin sebagian besar simpatisan cuman ingin perbaikan taraf kehidupan, yg mana pada saat itu mmg tujuan utama, TIDAK SEMUA bener2 ingin mengkudeta bahkan memformat ulang negara, simpatisan itu semua rakyat kecil gan, mau drmn belajar? Sekolah masih jarang, jarak sekolah rata2 masih jauh, pola pikir masih sederhana, naif kalo kita menyamakan pola pikir mereka dgn jaman skrg (walo masih ada siiih)

Jadi Kembali lagi, mengapa sampai keturunannya anggota PKI, tidak ada yg boleh PNS, Polisi, apalagi TNI???? Apalagi di pemerintahan sebagai anggota mpr DPR apalagi presiden? Hanya satu keyakinan saya, pasti ada yg ingin ditutupi oleh mereka yang masih hidup pada saat itu, dan itu lebih dari sekedar kudeta berdarah G30SPKI, sederhana itu gan,
Memuat data ...
1 - 20 dari 25 balasan
×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di