KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
Masalah Ini Sering Muncul Dalam Komunitas, Wajib Diselesaikan dengan Kepala Dingin
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6336226c63ebcf2c96174a68/masalah-ini-sering-muncul-dalam-komunitas-wajib-diselesaikan-dengan-kepala-dingin

Masalah Ini Sering Muncul Dalam Komunitas, Wajib Diselesaikan dengan Kepala Dingin

Seringkali muncul masalah ini dalam berkomunitas, wajib diselesaikan dengan kepala dingin atau akan bubar jalan


Berkomunitas, meskipun dijalani atas dasar kegemaran, hobi, visi misi yang sama dan disetujui oleh semua orang yang tergabung sebagai anggota komunitas tetapi tidak menutup kemungkinan akan muncul masalah entah itu kecil atau besar.

Tentu saja munculnya masalah di dalam komunitas ini sangat wajar terjadi GanSis, sebab untuk menyatukan banyak orang di dalam satu wadah yang sama itu tidak mudah karena setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda antara satu anggota dengan anggota komunitas yang lainnya.

Semakin banyak anggota member di dalam sebuah komunitas maka kemungkinan terjadinya clash antar anggota juga cukup besar GanSis, hanya saja permasalahan atau perselisihan apapun yang ada di dalam sebuah komunitas akan dapat ditenangkan atau diselesaikan jika antar anggota bisa saling memahami, mengalah, dan tidak saling memprovokasi antara dua orang atau lebih yang sedang bersiteru di dalam komunitas tertentu.

Berpikir dan menyelesaikan masalah dengan kepala dingin dituntut untuk dapat dilakukan oleh anggota komunitas karena sebelum bergabung di dalam sebuah komunitas maka Agan dan Sista sudah harus bersikap dewasa menghadapi banyak orang.

Lantas permasalahan apa sih yang sering muncul di dalam sebuah komunitas?
Berikut ini beberapa diantaranya.




1. Perbedaan Pendapat

Berbeda pendapat antara satu member anggota dengan anggota lainnya seringkali menjadi masalah yang sering terjadi di dalam sebuah komunitas GanSis.
Meskipun sebenarnya perbedaan pendapat itu seharusnya wajar, tetapi saat ada salah satu anggota komunitas yang ngeyel dengan pendapatnya sendiri maka akan membuat geramnya anggota komunitas yang lain.

Jika perbedaan ini dibiarkan begitu saja maka akan membuat perpecahan di dalam berkomunitas.

2. Kesalahpahaman

Menyampaikan sesuatu kepada banyak orang di dalam sebuah komunitas dengan karakter yang berbeda-beda memiliki peluang besar untuk memantik kesalahpahaman GanSis. Daya tangkap setiap satu orang dengan orang yang lain berbeda-beda dan orang yang daya tangkapnya rendah maka akan lebih besar kemungkinan untuk mereka salah paham.

3. Adu Domba

Adu domba, meskipun ini cukup jarang terjadi tetapi beberapa kali menurut pengalaman TS ada anggota komunitas tertentu yang hobi untuk mengadu domba antar anggota yang lain.

Entah tujuannya hanya untuk membenturkan satu orang dengan orang yang lain atau memang sengaja untuk merusak komunitas orang-orang yang seperti ini sangat perlu untuk diwaspadai.

Bagi leader komunitas harus tegas untuk memberikan peringatan, mengarahkan, atau bahkan juga mengeluarkan jika ada anggota yang keterlaluan dan mengancam keberlangsungan komunitas.



Itulah GanSis beberapa masalah yang sering muncul di dalam berkomunitas dan membuat sebuah perkumpulan hancur berantakan karena antara yang bermusuhan tidak bisa mencari solusi dan jalan keluar terbaik dengan kepala dingin.

Saat Agan dan Sista merasa ada kejanggalan di dalam berkomunitas entah itu hadirnya anggota yang toxic maka kalian bisa mengalah dan tetap berada di dalam komunitas atau keluar untuk mengindari perselisihan atau keributan yang nantinya mengancam keberlangsungan komunitas yang sudah ada.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan dan Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
provocator.3301 dan 24 lainnya memberi reputasi
emoticon-Ngakak kalau di komunitas maunya menang sendiri ya gak bener
profile picture
Seno312
kaskus holic


emoticon-Matabelo mending jangan berkomunitas kalau kayak gitu
profile picture
TS masnukho 
Aktivis Reg. Lampung
@Seno312 emoticon-Cape d... iya gan, bakal ada clash sama temen yang lain
profile picture
Mau menang sendiri so pastilah bre. Dimana2 juara satu itu satu org. Contohnya ketua komunitas, masa ketuanya ada 10 atau semuanya ketua. Kalau menang semua, semuanya ketua, anggotanya mana

emoticon-Cool
profile picture
TS masnukho 
Aktivis Reg. Lampung
@albert.123.456 emoticon-Ngakak ini mau bersosialisasi apa mau lomba sih kok ada juara
profile picture
orca82
kaskus maniac
Banyak kepala tentu banyak tabiat goib yang perlu diatur, ada yang ingin di sanjung, ada yang ingin diakui sebagai senior dan master, padahal mereka sadar kalo berkomunitas itu pada dasarnya mencari teman dan saudara tapi karena ego masing2 dan pengalaman berorganisasi yang amatiran mereka menjadi seperti itu.. bahkan ada beberapa member yang akhirnya hengkang karena prilaku toxic mereka. dikomunitas mobil ane juga gitu, tahun pertama masih aman.. tahun ke dua mulai cikal bakal perpecahan mulai tumbuh, tahun ke tiga setengah member cabut karena permasalahan gak usai karena orang2 toxic nya ternyata dari pengurus sendiri.. gak ada yang menegur mereka dilevel ini sampai akhirnya sebagian member memilih hengkang dan mendirikan komunitasnya sendiri.. ane memilih tetap bertahan walau menjadi member super pasif karena saat ini lg gak punya waktu buat berkomunitas tapi sayang kalo musti keluar, jadi tetep berhubungan aja walau menjadi member pasif.. disini silahturahmi disana (dengan ex member ) tetap bersilahturahmi.. karena perinsip ane aapa2 yang diawali dengan baik harus di akhiri dengan baik.. datang tampak wajah pulang pun harus tampak punggung.. jangan datang tampak wajah pulang tak tampak sama sekali, tau2 ilang kabur tak tentu rimbanya..
profile picture
highbenefit
kaskus holic
kaya ini komunitas. kaga bener. wkwkwkwk
Memuat data ...
1 - 6 dari 6 balasan
×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di