KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Diidentikkan Mainan Cewek, Ini Dia Manfaat Permainan Tradisional Engklek
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/632ce5c993ab665d465209f6/diidentikkan-mainan-cewek-ini-dia-manfaat-permainan-tradisional-engklek

Diidentikkan Mainan Cewek, Ini Dia Manfaat Permainan Tradisional Engklek

Sering diidentikkan sebagai permainan cewek, ini dia manfaat permainan tradisional Engklek


Engklek atau Ingkling, mungkin bagi Agan dan Sista terkhusus yang bersuku Jawa atau dekat dengan orang suku Jawa pasti mengenal jenis permainan tradisional yang satu ini.

Meskipun belum jelas apakah permainan ini memang berasal dari Suku Jawa, tetapi menurut pengalaman pribadi TS permainan tersebut ada di lingkungan tempat tinggal TS yang rata-rata bersuku Jawa.

Adapun bagi Agan dan Sista yang belum mengetahui apa itu permainan Engklek atau Ingkling adalah jenis permainan tradisional yang dimainkan oleh anak-anak yang rata-rata usia Sekolah Dasar.

Engklek sendiri merupakan permainan tradisional yang sangat sederhana dan dapat dikatakan tidak membutuhkan alat yang mengeluarkan dana, karena permainan ini dimainkan hanya dengan menggambar bidang datar berbentuk persegi panjang dengan kotak-kotak dan setengah lingkaran di ujung persegi panjang, sedangkan alat bantu permainannya yang dinamakan "gaco" terbuat dari pecahan genting yang digunakan untuk penanda loncatan.

Permainan Engklek atau Ingkling bisa dimainkan berkelompok atau perorangan, dengan pemenangnya diambil dari pemain yang paling cepat menyelesaikan putaran permainan.




Permainan Engklek atau Ingkling ini lebih sering diidentikkan sebagai permainan anak perempuan GanSis, meskipun sebenarnya permainan ini juga tidak salah untuk dipermainkan oleh anak laki-laki karena permainan ini memiliki banyak manfaat.

Apa saja manfaat dari permainan Engklek?
Berikut ini beberapa diantaranya.




1. Melatih Keseimbangan Tubuh

Permainan Engklek menuntut pemainnya untuk mempunyai keseimbangan tubuh yang bagus GanSis, karena pemain akan kalah dan mengulang permainan jika mereka menginjak garis saat meloncati kotak-kotak permainan.

Bukan hanya itu, loncat satu kaki melewati kurang lebih 8 kotak ini benar-benar membutuhkan keseimbangan, karena jika tidak seimbang maka pemain akan terjatuh atau keluar dari garis permainan.

2. Melatih Kekuatan Otot Kaki

Bukan hanya keseimbangan, kekuatan kaki dari pemain juga dapat dilatih dengan permainan Engklek atau Ingkling GanSis.
Meloncat dengan menggunakan satu kaki adalah salah satu gerakan yang dapat melatih otot kaki agar lebih kuat.

3. Melatih Ketepatan Lemparan

Permainan Engklek atau Ingkling juga dapat melatih anak-anak untuk tepat dalam membidik atau melempar sesuatu. Di dalam permainan Engklek pemain harus bisa mengarahkan gaco ke kotak yang harus dilewati, jika lemparan meleset dari kotak yang dituju maka pemain harus mengulang kembali setelah lawan bermain lebih dulu.

4. Melatih Fokus

Setiap permainan tradisional dan salah satunya adalah Engklek atau Ingkling sangat membutuhkan yang namanya fokus GanSis. Fokus ini dibutuhkan agar permainan bisa dilakukan dengan baik dan tidak melakukan kesalahan atau pelanggaran atas peraturan permainan yang jika dilanggar membuat pemain tersebut kalah dari lawannya.

Saat fokus diri mulai terlatih dari permainan-permainan tradisional diharapkan juga dapat dimanfaatkan untuk fokus dalam menyelesaikan masalah atau mengerjakan sesuatu yang lainnya.



Itulah GanSis sekilas tentang permainan tradisional Engklek atau Ingkling yang saat ini mulai berkurang peminatnya karena banyak anak lebih memilih games online atau games mobile. Di balik kesederhanaan dan tradisionalnya permainan Engklek ternyata memiliki banyak manfaat yang mungkin tidak bisa didapatkan oleh anak-anak dari permainan modern atau games online.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan dan Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4, 5
profile-picture
profile-picture
profile-picture
siloh dan 19 lainnya memberi reputasi
entah kenapa jadi ingat film pengabdi setan 2 emoticon-Big Grin
profile-picture
masnukho memberi reputasi
profile picture
TS masnukho 
Aktivis Reg. Lampung


emoticon-Matabelo ane belum lihat gan
profile picture
Spoiler: Engklek + Koin + Lift = Bocah Geprek 😁
Memuat data ...
1 - 2 dari 2 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di