KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Terlihat Sangat Sederhana, Permainan Tradisional Petak Umpet Ternyata Penuh Filosofi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/632d090349f2db0cfb5f94c7/terlihat-sangat-sederhana-permainan-tradisional-petak-umpet-ternyata-penuh-filosofi

Terlihat Sangat Sederhana, Permainan Tradisional Petak Umpet Ternyata Penuh Filosofi

Penuh makna dan syarat akan filosofi, ini dia sekilas tentang permainan tradisional petak umpet


Petak umpet, tentu Agan dan Sista sudah tidak asing lagi dengan permainan tradisional sederhana yang populer dari zaman dulu sampai sekarang tersebut.

Dapat dikatakan permainan petak umpet adalah permainan tradisional yang tidak lekang termakan zaman, bahkan meskipun banyak bermunculan jenis permainan atau games online yang dapat dimainkan di gadget ternyata permainan tradisional petak umpet masih banyak dimainkan oleh anak-anak di lingkungan rumah bersama teman sebaya atau di sekolah dengan teman-teman kelasnya.

Permainan petak umpet dikatakan sebagai permainan tradisional sederhana karena di dalam permainan ini tidak membutuhkan alat apapun GanSis. Hanya membutuhkan beberapa orang pemain dan minimal dua orang untuk satu orang berjaga dan satu orang lainnya sembunyi atau "ngumpet".

Lebih serunya lagi jika permainan petak umpet ini dimainkan bersama beberapa orang teman GanSis, karena akan ada tantangan tersendiri bagi yang bertugas untuk berjaga menemukan teman yang bersembunyi.

Di dalam permainan petak umpet pemain yang bertugas berjaga mereka memiliki peran menemukan semua pemain yang bersembunyi, dan mengumpulkan semuanya untuk kemudian memulai kembali permainan dari awal dengan pemain lainnya yang bertugas menjadi penjaga.


Quote:


Saking terkenalnya permainan tradisional petak umpet, ternyata permainan ini bukan hanya ada di Indonesia saja GanSis, melainkan juga ada dan dimainkan di negara lain seperti Jepang bahkan beberapa film Jepang pernah mengusung film horror dengan tema petak umpet.

Bukan hanya itu GanSis, dari kesederhanaan permainan petak umpet usut punya usut dari beberapa pandangan dan cocoklogi masyarakat, permainan tradisional ini syarat akan filosofi yang dapat dijadikan sebagai pelajaran hidup.

Adapun filosofi permainan tradisional petak umpet yaitu tentang masa hidup manusia di dunia. Tidak lebih seorang anak manusia hidup di dunia adalah sedang berusaha sembunyi dari kematian, sejauh apapun sembunyi maka tetap akan mati dan kembali kepada Tuhan yang memang menciptakan manusia.

Manusia tidak akan pernah luput dari yang namanya kematian, karena Tuhan selalu mengawasi tiap gerak manusia dan akan mengumpulkan kembali yang telah mati untuk kemudian melangsungkan hidup setelah kematian yang bersifat lebih kekal.




Itulah GanSis sekilas tentang permainan tradisional petak umpet yang terlihat sangat sederhana tetapi ternyata memiliki filosofi yang bisa dijadikan sebagai pelajaran hidup bagi semua orang yang memainkan permainan ini.

Permainan petak umpet sendiri akan terus menjadi permainan yang asik untuk dimainkan karena memang selain mudah untuk dilakukan dimanapun juga ada tantangan tersendiri.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta pengetahuan Agan dan Sista tentang permainan tradisional yanh sudah mulai terlupakan.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 11 lainnya memberi reputasi
emoticon-Ngakak siapa yang pernah main petak umpet tapi ngerjain temen ditinggal pulang?
profile-picture
profile-picture
provocator3301 dan Smarf memberi reputasi
profile picture
fxhar
kaskus addict
ane pernah gan waktu haus
profile picture
Smarf
kaskuser
Paling aman ngumpet di rumah gaan emoticon-Big Grin
profile picture
TS masnukho 
Aktivis Reg. Lampung
@fxhar emoticon-Ngakak nah kan, ada yang pernah juga ternyata
profile picture
TS masnukho 
Aktivis Reg. Lampung
@Smarf emoticon-Ngakak ya tergantung mainnya dimana
profile picture
rarebali
kaskus addict
ane pernah ta balik gan. ada satu anak ngeselin banget jaman ane dulu. jadi waktu dia sembunyi kami semua tinggal pulang. jadi dia asik sendiri sembunyi. ga taunya semuanya udah pulang.
profile picture
anfa.h
aktivis kaskus
pas ngumpet ketiduran .. dulu dikampung ane kan banyak lisung2 tempat numbuk padi maklum masih bocah langsung ketiduran sampai dicariin orang tua ane.. sudah pada bingung
profile picture
TS masnukho 
Aktivis Reg. Lampung
@rarebali emoticon-Ngakak jahat ente gan
profile picture
TS masnukho 
Aktivis Reg. Lampung
@anfa.h emoticon-Matabelo pasti dikira ilang dibawa genderuwo
profile picture
anfa.h
aktivis kaskus
@masnukho iya ampir sekampung pada panik. . da gosipnya dibawa keling wewe soalnya itu udah sore banget ampir magrib
profile picture
TS masnukho 
Aktivis Reg. Lampung
@anfa.h emoticon-Ngakak nah kan, kemungkinan anak ilang tuh ya begitu
Memuat data ...
1 - 10 dari 10 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di