baccuAvatar border
TS
baccu
Mengungkap Hibagon, Genderuwo Asal Jepang?




PENDAHULUAN

Quote:


Ciri-Ciri


Hibagon atau dikenal juga Hinagon adalah makhluk yang belum teridentifikasi dengan ciri-ciri berbadan besar (mirip gorila) dengan bulu berwarna cokelat kemerahan hingga hitam. Ada juga yang menyebut memiliki sedikit bulu berwarna putih di bagian dada dan lengan. Menurut saksi mata, Hibagon memiliki tinggi sekitar 1,5 sampai 1,7 meter dan kisaran berat hingga 90 kilogram. Yang membuatnya unik yaitu wajah berbentuk segitiga terbalik dan memiliki mata layaknya manusia normal.

Menurut cerita masyarakat, mereka kerap ditemukan di daerah pegunungan Hiba, Prefektur Hiroshima. Beberapa orang mengatakan bahwa cara berjalannya dengan empat kaki, namun terkadang juga hanya dengan dua kaki seperti manusia. Selain itu, konon aroma Hibagon seperti daging yang membusuk. Bisa dibilang jika makhluk tersebut adalah versi Jepang dari Bigfoot atau Sasquatch.

Penampakan


Banyaknya penampakan Hibagon bisa ditelusuri dari tahun 1970 hingga 1982. Laporan pertama mengenai penampakan makhluk tersebut tercatat pada 1970 ketika sekumpulan anak-anak sekolah dasar sedang ditugaskan mengumpulkan jamur liar di area hutan Gunung Hiba, dikejutkan dengan penampakan makhluk berwujud seperti kera yang berjalan di semak-semak.

Pada tahun yang sama, tepatnya di bulan Juli, makhluk tersebut terlihat kembali oleh seorang supir truk. Dia melaporkan bahwa melihat seekor gorila yang berjalan dengan dua kaki sedang menyeberang area dekat bendungan, kemudian berlari dan menghilang ke dalam hutan. Beberapa hari setelahnya, pada 23 Juli, Hibagon terlihat kembali keluar dari semak-semak dan mengejutkan seorang petani.

Bulan Desember di tahun tersebut, muncul jejak kaki aneh dengan panjang sekitar 21 cm di sepanjang area Gunung Hiba saat musim salju. Di sepanjang tahun, jejak kaki juga tampak kembali dengan jarak hingga 300 meter. Hingga saat itu, laporan mengenai Hibagon tersiar ke publik oleh media setempat yang membuat masyarakat ketakutan. Penampakan terus berlanjut hingga pemerintah membentuk departemen khusus yang menangani kasus Hibagon. Sebagai upaya banyaknya laporan dari masyarakat, pemerintah mengerahkan unit khusus yang berpatroli di sekitar area agar masyarakat bisa sedikit tenang.

Pada tahun 1972, Universitas Kobe mengirimkan tim peneliti untuk mencari petunjuk Hibagon atau menangkapnya jika memungkinkan. Namun apa daya, mereka tidak pernah menemukan bukti apapun hingga ekspedisi ditutup. Penampakan masih berlanjut dari tahun ke tahun hingga pada 15 Agustus 1974, seorang pengendara motor menyaksikan makhluk besar berbulu hitam berjalan dengan keempat kakinya. Ketika menyadari ada kendaraan mendekat, makhluk tersebut segera berlari menggunakan dua kaki ke dalam hutan.

Penampakan Hibagon terus berlanjut hingga 1980 ketika makhluk tersebut kembali tampak sedang menyeberang sungai dekat kota Yamano. Pada tahun 1981 makhluk tersebut kembali terlihat di area yang sama di tepi jalan dekat rumah sakit. Namun penampakan yang paling terkenal datang dari daerah Mitsugi pada tahun 1982. Makhluk tersebut tampak jauh lebih besar, bahkan diperkirakan hingga 2 meter tingginya. Saksi mata melaporkan bahwa saat itu Hibagon sedang berjalan sambil membawa alat yang tampak seperti kapak. Setelah peristiwa tersebut, penampakan Hibagon sudah tidak pernah terdengar kembali.


Apakah Hibagon Nyata?

Quote:

1. Keluarga Bigfoot?


Sumber Gambar: Pungang

Sebagian dari kita pasti pernah mendengar istilah Bigfoot atau Sasquatch yang berasal dari Amerika. Dari berbagai laporan penampakannya, ciri-ciri dan penampilan Hibagon sangatlah mirip. Bisa jadi ada sejenis Bigfoot lain yang tinggal di daerah pegunungan di Jepang yang tidak terjamah oleh manusia. Namun seperti halnya Bigfoot atau Sasquatch, keduanya adalah makhluk kriptid yang keberadaannya masih belum dapat dipastikan.


2. Primata Asing?


Sumber Gambar: Dillon Samuelson

Jika melihat ciri-cirinya, Hibagon hampir sama seperti gorila, dan di sinilah letak permasalahannya. Gorila bukan primata asli Jepang dan tidak pernah ditemukan di sana. Kebanyakan populasi gorila berasal dari Afrika, berbeda jika kita menemukan gorila di area konservatif. Berbekal informasi ini, bukan tidak mungkin ada salah satu spesies gorila yang belum pernah di identifikasi yang hidup di daerah pegunungan Hiba. Karena memang bukan spesies umum, masyarakat yang melihatnya akan kaget dan takjub hingga muncul istilah Hibagon.


3. Makhluk Supernatural?


Sumber Gambar: Cryptidz Fandom

Seperti yang kita ketahui, penduduk Jepang juga masih kental dengan hal berbau mistis. Banyak sekali berbagai jenis hantu dan makhluk astral lain yang berasal dari negeri Matahari. Seperti halnya di Indonesia, bisa jadi Hibagon adalah semacam genderuwo yang ada di Jepang. Bahkan ciri-ciri genderuwo Indonesia dan Hibagon bisa terbilang mirip.


Penutup

Begitulah sekiranya teori yang bisa TS sampaikan mengenai apa sebenarnya Hibagon. Dari pendapat pribadi, TS percaya bahwa makhluk tersebut adalah sejenis primata asing yang belum teridentifikasi yang sedang menunggu suat saat untuk diungkap keberadaannya. Jika Kaskuser sekalian punya teori, silahkan tulis di komentar ya! Terima kasih sudah mampir!





Quote:


Klik icon di bawah untuk berkunjung ke thread Ane yang lain




© 2011 - 2022 | baccu on KasKus
Diubah oleh baccu 01-09-2022 07:51
nomorelies
provocator3301
evywahyuni
evywahyuni dan 12 lainnya memberi reputasi
13
3.6K
73
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
c_intaAvatar border
c_inta
#4
Hiii.. serem amat. Jangan-jangan bukan manusia
baccu
baccu memberi reputasi
1
Tutup