Untuk memasarkan produk agar dapat dikenal banyak orang, tim kreatif periklanan di suatu perusahaan harus berusaha keras memutar otak untuk mendapatkan desain yang paling bagus dan menarik. Namun kondisi persaingan produk yang semakin hari semakin ketat membuat beberapa desainer memilih cara nyeleneh agar produknya mudah diingat konsumen. Karena jika hanya bersaing dari desain yang bagus dan menarik saja tidak cukup.
Desain yang dibuat nyeleneh memang mudah mendapat perhatian dari para konsumen namun apa jadinya bila semuanya membuat desain yang nyeleneh pada akhirnya tak sedikit produk yang didesain kelewat batas dan terkesan konyol seperti pada foto-foto berikut.
Desain yang konyol juga tidak terbatas hanya pada iklan saja, pada foto bangunan berikut juga ada yang didesain dengan nyeleneh entah apa maksud dari si desainer ruangan. Sehingga terkesan teledor atau bisa jadi ada maksud. Penasaran seperti apakah desain-desain konyol tersebut, yuk check thread berikut!
Quote:
1. Desain dari Iklan Pregnancy Test Kit yang Konyol
Konyol sekali iklan produk ini, buat apa mengecek kehamilan kalau perut si wanita sudah mengandung seperti itu. Seharusnya pemilihan casting jangan menggunakan wanita hamil sebab buat apa wanita yang sudah mengandung berbulan-bulan seperti itu dicek kehamilannya. Slogan dari produk yang bertuliskan "Jika kamu ingin yakin" juga semakin menambah kesan konyolnya. Berarti bila kita mendapati wanita yang sudah jelas-jelas mengandung jikalau kita tak yakin bisa menggunakan produk ini?.
Quote:
2. Masker muka yang menyeramkan
Waduh padahal dari bungkusnya saja terlihat imut dan lucu sehingga meyakinkan pembeli. Namun setelah dibeli dan digunakan ternyata wujudnya menyeramkan. Kalau begini siapapun wanita yang menggunakan masker ini akan tampak seperti serial killer. Coba saja keluar dari rumah sambil menggunakan masker wajah ini pasti seseorang menjadi syok.
Quote:
3. Pelampung minuman yang membohongi pembeli
Padahal melihat ilustrasinya saja kita yakin bahwa produk ini dapat berfungsi dengan semestinya. Namun ternyata setelah digunakan malah terjadi hal sebaliknya. Ini artinya Quality-Control (QC) dari produk tersebut sangatlah buruk. Sang QC tidak mendesain dengan matang bagaimana keseimbangan dari produk tersebut. Distribution of Weightnya sangat buruk sehingga tidak bisa mengambang seperti ilustrasi pada iklan.
Quote:
4. Iklan jam tangan dengan ilustrasi tangan yang buruk
Karena dibuat dengan asal-asalan, sang desainer iklan bahkan tidak memperhatikan ukuran dari ilustrasi tangan yang sesuai. Masa iya ukuran tangan yang memencet tombol pada jam tersebut berukuran kecil seperti itu. Walau terkesan sepele tetapi hal seperti ini menunjukan bahwa suatu perusahaan tidak serius dalam usahanya.
Quote:
5. Iklan Fitness dengan Ilustrasi yang Konyol
Lagi-lagi kekonyolan desain iklan kembali terjadi. Masa iya, seseorang yang menggunakan jasa pelatih fitness dari perusahaan tersebut akan berubah warna kulitnya setelah menggunakan jasa fitness perusahaan itu. Seharusnya gunakanlah ilustrasi yang sesuai karena hal ini juga menunjukan apakah perusahaan melakukan usaha dengan serius. Sebenarnya boleh-boleh saja membuat iklan yang nyeleneh untuk menarik perhatian para konsumen, tetapi jangan sampai kelewat logika juga seperti pada contoh ini.
Quote:
6. Desain kue yang mirip Mr. P
Padahal niatnya kue ini ingin dibentuk angka 1 namun karena eksekusi yang kurang baik. Bentuk kue malah menyerupai bentuk umum untuk Mr. P sehingga orang awam dengan mudahnya melakukan cocokologi. Kalau ingin membuat kue berbentuk Mr. P setidaknya jangan setengah-setengah dong! sekalian saja tambahkan saja bijinya satu lagi.
Quote:
7. Pop-up Peringatan untuk fokus mengemudi yang terus menerus muncul sehingga monitor smart car tidak dapat digunakan ketika mengendarai
Karena pembuatan software yang buruk, tampilan perangkat smart car ini terus menerus menampilkan pop up untuk fokus mengemudi sehingga perangkat ini tak dapat digunakan ketika mobil sedang berjalan. Akhirnya popup ini malah membuat pengendara menjadi tak fokus karena tiap kali mau mengatur musik, rute, dll harus menutup popup tersebut berkali-kali sehingga waktu yang dibutuhkan untuk menatap layar ini menjadi lebih lama.
Quote:
8. Desain banner dengan pemilihan warna yang kurang tepat
Padahal niatnya ingin membuat variasi tulisan pada kalimat penyemangat "kamu tidak sendirian" tetapi karena pemilihan warna yang kurang tepat pada tulisan "not" menjadikan banner ini memiliki definisi yang lain. Setelah foto selesai pasti yang buat banner bakal kena komplain ini. Sudah jauh-jauh berkunjung ternyata desain bannernya ada kesalahan.
Quote:
9. Desain cafe copy-paste dari internet
Cafe boleh trendy dan kekinian tapi setidaknya modal dikit untuk menyewa desainer dong. Jangan asal copy-paste dari internet. Kalau begini kan kelihatan kurang kreatif dan tidak ada orsinalitasnya sama sekali. Jadi apa ciri khasnya dari cafe ini kalau apa-apa copy-paste dari internet.
Quote:
10. Konyol! Toilet di ruang tunggu umum
Entah apa maksudnya mendesain toilet di ruang tunggu umum ditambah lagi tersedia tisu disampingnya yang artinya toilet ini berfungsi dan memang di desain seperti itu. Okelah kalau untuk keadaan darurat tapi tetap saja karena penempatannya yang tak lazim ini siapapun tak bakal ada yang berani menggunakannya.
Quote:
11. Ring basket di dekat jendela
Kalau dipasang seperti ini kaca jendela bisa dipastikan akan pecah. Mungkin tukang bangunan sedang terburu-buru dan tak menyadari ia meletakan ring basketnya tepat di dekat jendela. Kalau begini bisa jadi ada dua kemungkinan, antara kaca jendelanya merupakan kaca tempered anti pecah atau hanya keteledoran pemasangan semata.
Itu dia 11 desain konyol pada suatu produk dan bangunan yang membuatmu geram. Beberapa desain konyol tersebut menunjukan bahwa perusahaan tidak serius dalam mendesain produk. Bisa-bisanya produk atau iklan didesain sangat konyol tanpa pertimbangan yang matang. Kira-kira menurut Gansis, nomor berapakah yang paling konyol? Tulis di kolom komentar!
Sumber :
Disini