KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
MAYAT (SESOSOK KAKU YANG TERBARING)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62f2fd88591cbe5b2117ee86/mayat-sesosok-kaku-yang-terbaring

MAYAT (SESOSOK KAKU YANG TERBARING)

MAYAT (SESOSOK KAKU YANG TERBARING)

Sosok itu tidur terlentang. Tangannya saling bertumpuk di atas dadanya. Matanya tertutup. Tak ada hembusan nafas lagi yang keluar dari hidungnya. Dadanya tak lagi naik turun, tanda jantungnya tak lagi memompa darah.

Sekelompok orang duduk mengelilingi tidurnya. Tak ada tawa. Hanya tangis air mata. Tak ada obrolan seru. Hanya panjatan doa untuknya.

Sesaat kemudian beberapa orang dengan sigap mengganti busananya dengan kain putih panjang. Tak ada protes dari yang sedang tertidur, apapun jenis kain putih yang mulai menutupi tubuhnya dengan total. Tak ada perlawanan dari yang sedang tertidur, saat sekelompok orang tersebut mulai mengangkat tubuhnya menuju keranda yang akan dibawa berjalan kaki menuju tempat persinggahan berikutnya. Tak ada komplain, mengapa dibawa dengan berjalan kaki, bukannya naik mobil mewah kesayangannya.

Mayat. Sosok paling ikhlas di muka bumi. Tak ada perlawanan. Tak ada komplain. Ikhlas diperlakukan apa saja. Ikhlas dibawa kemana saja dengan transportasi apa saja.

Mayat. Sosok yang tak punya tujuan hidup lagi. Sosok yang tak perlu berusaha lagi. Hanya menunggu apapun keputusan yang akan dia hadapi.

Percaya atau tidak, banyak di antara pembaca tulisan saya, bahkan mungkin saya, adalah sosok mayat hidup. Ogah punya tujuan hidup. Hidup mengalir saja. Tak peduli alirannya masuk ke comberan atau masuk urinoir. Malas berusaha. Menyerahkan hidupnya pada orang lain dan takdir yang menghampirinya. Hanya menunggu mati, bahkan berharap kematian segera menghampirinya. Seakan lupa bahwa mati hanya masa tunggu untuk kehidupan selanjutnya yang lebih permanen, yang dtentukan atas usaha terbaiknya. Lupa bahwa mati bukan hilang selamanya.

Last but not least, kalau mau jadi mayat beneran, jadilah calon mayat yang terbaik. Yang ikhlas, namun tetap siap menghadapi masa tunggu. Calon mayat yang selalu ingat bahwa hidup adalah kumpulan tujuan-tujuan yang perlu diwujudkan dengan usaha terbaik karena Lillahi ta'ala. Bukan menjadi calon mayat yang sekedar menunggu kematian yang hanya menuh-menuhin dunia. Tanpa ada tujuan, kelak kita hanyalah organisme yang sama dengan yang lainnya. Habis terurai lalu menjadi humus yang menyuburkan tanaman diatasnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raflimaulana dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh albyabby91
Njirrrr seremm juga uyyyyyyemoticon-Keep Posting Ganemoticon-No Hope
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di