KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tahu Enggak Ada Ghibah yang Boleh untuk Dilakukan? Berikut Ini Beberapa Diantaranya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62edca6cb147170d0346ec64/tahu-enggak-ada-ghibah-yang-boleh-untuk-dilakukan-berikut-ini-beberapa-diantaranya

Tahu Enggak Ada Ghibah yang Boleh untuk Dilakukan? Berikut Ini Beberapa Diantaranya

Perlu diketahui mengenai ghibah yang berstatus mubah, berikut ini beberapa diantaranya


Ghibah, Agan Sista pasti sudah paham bahwa istilah ini memiliki pengertian membicarakan keburukan orang lain yang belum tentu kebenarannya di belakang orang yang diceritakan atau bersangkutan.

Adapun hukum berghibah sendiri dikatakan dalam beberapa hadis dan ayat di kitab suci Al-Qur'an bersifat haram atau dilarang untuk dilakukan karena diibaratkan seperti memakan bangkai saudaranya sendiri, karena memang mengghibahkan keburukan orang lain sama halnya dengan membuka aib yang entah benar terjadi atau tidak karena ghibah yang tidak benar-benar nyata akan jatuh kepada hukum fitnah yang hakikatnya lebih kejam dari pembunuhan.

Meskipun ghibah sendiri dilarang tapi pasti Agan Sista tahu bahwa aktivitas tersebut masih banyak dilakukan baik itu oleh kaum laki-laki dan juga perempuan, karena memang menurut penuturan banyak orang membicarakan keburukan atau aib orang lain itu seru dan mengasikan.

Membahas tentang ghibah, ternyata ada ghibah yang bersifat mubah atau boleh untuk dilakukan GanSis.

Pastinya ghibah ini bukan sembarangan ghibah, atau berbeda dengan ghibah yang sering orang lakukan yang hanya bertujuan untuk membicarakan keburukan orang lain tanpa ada manfaatnya.

Bentuk ghibah yang seperti apa yang diperbolehkan?
Berikut ini beberapa diantaranya.




1. Membicarakan Pelaku Kejahatan yang Menjadi DPO

Ghibah yang pertama dam boleh untuk dilakukan adalah membicarakan keburukan atau tindak kejahatan yang dilakukan orang yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang alias DPO.

Maksud dan tujuan membicarakan keburukan pelaku adalah agar tidak ada korban baru, dan pastinya agar pelaku lekas tertangkap dan mempertanggungjawabkan perbuatannya.

2. Proses BAP Kepolisian dan Pengadilan

Jika Agan Sista melaporkan sebuah tindak kejahatan yang dilakukan oleh seseorang maka kalian akan melakukan proses BAP atau Berita Acara Pemeriksaan. Disini kalian dapat menceritakan semua hal yang terjadi termasuk dengan keburukan dari pelaku kejahatan yang berkaitan dengan kasus yang sedang dilaporkan.

Begitupun jika Agan atau Sista menjadi saksi di pengadilan, maka kalian harus berkata jujur meskipun itu berkaitan dengan keburukan orang lain yang terlibat pada kasus yang sedang dipersidangkan.

3. Konsultasi ke Psikolog atau Alim Ulama

Meminta solusi dari masalah yang dihadapi kepada psikolog atau alim ulama, maka Agan Sista bisa menceritakan segala permasalahan yang ada untuk mendapatkan solusi terbaik dan tepat.

Disini bukan untuk membongkar aib melainkan untuk menentukan solusi yang benar-benar baik dan tidak timpang karena salah menceritakan atau menutup-nutupi sesuatu yang menjadi akar dari masalahnya.

4. Membicarakan Kejahatan dan Pelecehan Seksual

Membicarakan tentang sebuah tindak kejahatan yang sedang terjadi atau kasus pelecehan seksual yang marak diberitakan, ini juga boleh dilakukan dengan tujuan agar orang lain di sekitar kita tidak menjadi korban GanSis.

Akan sangat berbahaya jika orang lain tidak mengetahui tentang modus kejahatan yang sedang marak terjadi, itulah sebabnya mengghibahkan pelaku kejahatan publik itu perlu untuk dilakukan agar banyak orang yang lebih waspada.



Berikut tadi beberapa jenis ghibah yang boleh dilakukan dan memiliki manfaat jika dibicarakan.

Mudah-mudahan informasi ini tidak disalah artikan karena memang tujuannya baik dan tidak untuk membongkar aib orang tanpa sebab dan manfaat penting.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cemilanpagi dan 9 lainnya memberi reputasi
seperti kata 'ulama yg gw pernah denger ceramahnya/nasehatnya..
ada gibah yg baik.. jikalau ingin ghibah kpd orglain, ghibahlah orgtuamu sendiri, karena nantinya amal2mu untuk mereka dan dosa2nya kalian yg tanggung.. bentuk pengabdian kpd orgtua walaupun dalam bentuk keburukan..
hanya sekedar nasehat aja, boleh setuju/ga setuju emoticon-Cool
profile-picture
masnukho memberi reputasi
profile picture
TS masnukho 
Aktivis Reg. Lampung


emoticon-Ngakak gak setuju sih kalau ini
profile picture
yeduoka
kaskus addict
@masnukho yah.. namanya jg pendapat, boleh setuju/ga setuju.. emoticon-Cool
menurut gw sih lebih baik gitu drpd ghibah ke orglain, selain kontex ghibah yg ditulis oleh TS yah..
kan rugi bgt kalo ngasih amalan baik kpd orglain, lalu nanggung amal buruknya orglain gara2 ghibah emoticon-Cape d...
profile picture
TS masnukho 
Aktivis Reg. Lampung
@yeduoka emoticon-Matabelo kasihan orang tua, orang lain jadi tahu keburukan orang tua kita
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 3 dari 3 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di