KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62e9c6c1a1cb7f1bc4597559/8-makanan-khas-betawi-selain-kerak-telor-gak-kalah-lezat-gan

8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!


Sumber gambar: cookpad.com & wikipedia.com

emoticon-Hai
Kalo mendengar kuliner Betawi, yang paling melekat mungkin adalah kerak telor. Ane sendiri salah satu penggemar kerak telor, tapi makannya harus pas masih panas biar enak dan telurnya pake bebek.

Tapi di thread ini sengaja ane gak masukin kerak telor karena udah banyak tau gan wkwk. emoticon-Blue Guy Peace

Dan kalau ngomongin soal kuliner Betawi, sebenarnya gak berhenti di kerak telor. Ada kuliner lain yang sebenarnya jadi makanan khas Betawi. Khususnya Jakarta dan sekitarnya. Adakah yang pernah coba?

Semoga thread ini bisa jadi referensi buat kamu yang mau berkunjung atau pindah ke Jakarta dan sekitarnya.

Langsung gas! emoticon-Smilie

1. Roti Buaya


Sumber gambar: wikipedia.com

Roti buaya mirip roti pada umumnya, namun bentuknya yang unik menjadi ciri khas tersendiri. Roti ini berbentuk buaya dan biasa hadir di acara pernikahan. Kenapa berbenturan buaya, karena untuk simbolisasi. Buaya adalah hewan yang setia dan hanya kimpoi dengan satu betina saja. Simbol roti buaya merupakan doa agar pasangan bisa langgeng selamanya.

2. Gado-gado


Sumber gambar: cookpad.com

Makanan ini sudah tak asing lagi di telinga. Berupa aneka sayuran yang dicampur lalu disiram dengan saus kacang. Gado-gado nikmat dimakan dengan lontong dan juga kerupuk. Makanan ini cukup mudah ditemukan. TS sendiri lebih suka gado-gado yang pedas maksimal pakai cabe rawit.

3. Soto Betawi


Sumber gambar: cookpad.com

Salah satu ciri khas soto betawi adalah kuahnya yang kental berkat tambahan santan dan juga susu. Mungkin sedikit perbedaan dibanding soto lainnya. Selain berisi daging, soto betawi juga menggunakan jeroan seperti ati, babat dan lainnya.

4. Nasi Ulam


Sumber gambar: cookpad.com

Makanan ini salah satu favorit TS. Nasi ulam adalah nasi yang dimasak dengan berbagai bumbu dan rempah. Berkat daun kemangi, nasi ini jadi terasa wangi. Apalagi ditambah parutan kepala di atasnya. Paling enak makan nasi ulam sama ayam goreng gan, atau kalo mau lebih enak pake daging sapi juga. Jangan lupa kerupuk.

5. Asinan Betawi


Sumber gambar: cookpad.com

Asinan Betawi adalah makanan berupa sayuran yang telah melalui proses pengacaran, seperti tauge, timun dan banyak lagi. Sayuran-sayuran itu lalu disajikan dengan disiram saus kacang yang cair. Kalau makan asinan Betawi tak lengkap rasanya kalau tak pakai kerupuk mi.

6. Gabus Pucung


Sumber gambar: cookpad.com

Makanan ini memakai bahan utama yaitu ikan gabus. Ikan yang bentuknya agak mirip dengan ikan sapu-sapu. Gabus Pucung biasanya dimasak dengan kuah hitam yang mirip dengan rawon. Warna hitamnya diambil dari buah Pucung. Rasanya gurih dan sedikit pedas, apalagi kalau pake cabai rawit gan.

7. Soto Tangkar


Sumber gambar: cookpad.com

Apa bedanya soto Tangkar dengan soto Betawi. Setelah ane googling, perbedaannya ternyata ada di bumbu. Soto Tangkar menggunakan tambahan bumbu seperti jintan dan kapulaga, dua bumbu yang tidak ada di soto Betawi. Selain itu, soto Tangkar memakai daging iga. Namun keduanya sama-sama makanan khas Betawi. (Cmiiw)

8. Semur Jengkol


Sumber gambar: cookpad.com

TS sendiri gak pernah makan jengkol. Dan gak tau gimana rasanya, bahkan TS juga gak tau apa bedanya semur jengkol Betawi sama semur jengkol biasa. Tapi karena request dari emak TS, jadi TS masukin sesuai dengan arahan beliau. Menurutnya, semur jengkol Betawi memiliki kuah sedikit dan lebih kering.

emoticon-2 Jempolemoticon-Hai

Itulah yang bisa TS berikan mengenai kuliner Betawi. Mohon koreksinya jika ada yang salah dan keliru. Semoga bisa bermanfaat. Salah satu yang paling sering TS makan adalah roti buaya, tapi itu dulu pas SD ada tukang roti buaya kecil yang harganya cuma 3 ribu.

Terus nasi ulam, baru kemarin makan pas saudara TS selametan. Gak bakal lewat deh kalo ada nasi ulam, pasti makan.

Kalo kalian pernah makan yang mana nih?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tahubaksobakar dan 14 lainnya memberi reputasi
ketoprak tu asli jakarta ga siy?? emoticon-Bingung (S)


gabus pucung sih the best banget dah emoticon-Jempol tapi makin susah nyari gabusnya
paling mantep pake gabus liar yang gede,, beuhh... emoticon-Belo emoticon-kisssing


nice thread brehh emoticon-2 Jempol

Spoiler for kuy main sini bre:
profile picture
TS harrywjyy
kaskus maniac


Setau ane ketoprak itu tegal sih gan
profile picture
bang.toyip
kaskus geek
@harrywjyy iya bingung, ada yg bilang dari jawa tengah, ada yg bilang dr jakarta emoticon-Malu (S)

emoticon-Big Grin emoticon-Bingung
profile picture
kakiku101
kaskus addict
ikan gabusnya di ganti ikan sapu beuhh
profile picture
TS harrywjyy
kaskus maniac
@kakiku101 jangan di makan gan, disuruh nyapu rumah aja
profile picture
cheria021
kaskus geek
Ikan gabus di tempat ane masih lumayan mudah didapat gan.. Tapi ane makan cuma digoreng, belum bisa dimasak resep lain. Hehe..
Memuat data ...
1 - 5 dari 5 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di