KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
RKUHP Final: Zina Dipenjara 1 Tahun, Kumpul Kebo Ditahan 6 Bulan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62c621f4ec988d605b03ed62/rkuhp-final-zina-dipenjara-1-tahun-kumpul-kebo-ditahan-6-bulan

RKUHP Final: Zina Dipenjara 1 Tahun, Kumpul Kebo Ditahan 6 Bulan


Jakarta, CNN Indonesia -- Draf terbaru Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) masih mengatur ancaman pidana terhadap perzinaan dan kohabitasi atau kumpul kebo.
Pasal 415 RKUHP mencantumkan sanksi penjara satu tahun bagi orang yang berzina. Orang tersebut juga terancam denda.

"Setiap Orang yang melakukan persetubuhan dengan orang yang bukan suami atau istrinya dipidana karena perzinaan dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau pidana denda paling banyak kategori II," bunyi Pasal 415 RKUHP draf tanggal 4 Juli 2022, dikutip Rabu (6/7).

Pasal berikutnya mengatur larangan kohabitasi atau kumpul kebo. RKUHP mengancam pelaku perbuatan itu dengan hukuman penjara dan denda.

"Setiap orang yang melakukan hidup bersama sebagai suami istri di luar perkimpoian dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) bulan atau pidana denda paling banyak kategori II," bunyi pasal 416 RKUHP.


RKUHP membatasi orang yang bisa melaporkan tindak pidana zina dan kohabitasi. Orang yang telah menikah hanya bisa dilaporkan oleh suami atau istrinya. Bagi orang yang belum menikah, hanya orang tua atau anak yang bisa melaporkan.


Pemerintah telah resmi menyerahkan draf Rancangan Undang-undang Pemasyarakatan (RUU PAS) dan Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) ke DPR.

Penyerahan itu dilakukan oleh Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Eddy Hiariej ke Komisi III DPR RI dalam rapat kerja yang berlangsung di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/7).

(dhf/fra)

Baca artikel CNN Indonesia "RKUHP Final: Zina Dipenjara 1 Tahun, Kumpul Kebo Ditahan 6 Bulan" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220706143448-12-818029/rkuhp-final-zina-dipenjara-1-tahun-kumpul-kebo-ditahan-6-bulan.

profile-picture
viniest memberi reputasi
good lah, mengurangi perselingkuhan,,
dan seks dini yg ngatur biar kebijakan ortu,,
Memuat data ...
profile picture
@gwcupubgt Emang lu lahir dari hasil ng*ntod atau bukan goblok?
profile picture
geo.hazard01
kaskus addict
@sepedamerah7. Aturan mana kalo ngelarang zina itu melanggar ham? Kasih 1 aja peraturannya

Kebebasan berbicara saja ada batasannya, masa ortu ga bolehin anak zina. Kalo ortu ga bolehin anaknya menikah itu baru melanggar ham
profile picture
@geo.hazard01 adakah negara barat, jepang, korea, dan negara2 maju lainnya melarang perbuatan zina?

Gak ada toh karena mereka anggap itu hak asasi tiap2 orang.

Beda kalau udah mencabuli karena ada pihak yg dirugikan.

Lu iri kalau anak lu bisa ngeseks bebas di saat lu dulunya manusia gak laku yg nikah setelah dijodohin sih mah wajar kalau ngedukung pasal konyol ini.

atau kalau lu buzzer cebong laknat anjeng.
profile picture
gwcupubgt
kaskus geek
@geo.hazard01 @sepedamerah7. inilah isi otak goblok,,,klo anaknya masih dibawah umur ya masih tanggung jawab ortu, ortu wajib didik anaknya lah,,ni enak bener anaknya, zina tanggung jawab sendiri, begitu bunuh orang, atau ngebegal ortu yg disuruh tanggung jawab dengan alasan kurang didikan emoticon-Leh Uga

anak udah bebas tanggungan ortu ya klo udah lepas KK, ini masih ngetek ortu, nebeng makan, berak, petantang petenteng, hidup gue, badan gue emoticon-Leh Uga
profile picture
@geo.hazard01 @gwcupubgt Loh iya lah gak ada yg dirugiin, kalau ngebunuh orang lain ya jelas ada yg dirugiin, kalau gw sebagai orang tua juga gw dukung biar dijeblosin ke penajara, sedangkan zina, badan2 dia, gak ngerugiin siapa2, kalau gw masukin dia ke penjara justru gw lah yg melanggar hamnya.
profile picture
Emang susah ngomong sama buzzer idiot ngenes yg kerja cuma buat ngejilat bool yg ngebayar. emoticon-Tai:
profile picture
geo.hazard01
kaskus addict
@sepedamerah7. Ada ga konvensi ham yg bilang kalo ngelaranh zina itu melanggar ham?

Negara barat membolehkan untuk zina bukan berarti kalo melarang zina itu melanggar ham. Di negara barat juga bebas menghina presiden, disini ya dilarang.

Ortu larang zina itu banyak alasan, kalo anak belum mampu tapi malah zina terus punya anak yg susah ya semuanya. Makanya ortu juga punya hak untuk melarang anak zina
profile picture
@geo.hazard01 Lah pertanyaan lu aja nggak jelas

Quote:


Udah dikasih kalau negara2 barat, jepang, korea menganggap itu HAM sehingga tidak melarangnya.

Sekarang malah minta konvensi international.

Adakah konvensi internasional yg mengatakan kalau masturbasi dengan knalpot adalah hal yg bodoh?

Apa berarti mastubasi dgn knalpot bagi lu adalah tindakan yg cerdas?

emoticon-Gila
profile picture
power.of.lobe.
kaskus addict
Makanya kalau ngen tod jangan bilang2 ortu, bego ah emoticon-Ngakak
profile picture
hantupuskom
kaskus geek
@sepedamerah7. @geo.hazard01 mungkin dia itu PK maka ribut soal nih pasal
emoticon-Ngakak
profile picture
clob
kaskus addict


pajak rakyat dipake buat urusin org ngntod dibilang good emoticon-thumbsup
profile picture
geo.hazard01
kaskus addict
@sepedamerah7. konvensi internasional tidak pernah mengatur hal2 bodoh, kok malah lu mau masturnasi pake knalpot

Tapi konvensi tentang ham itu ada, makanya gue tanya ada ga pelanggaran ham nya?

Kalo diluar negeri dibolehkan bukan berarti kalo dilarang disini jadi melanggar ham. Di amerika sipil boleh punya senjata, tapi disini ga boleh hanya orang2 sekelas dirut saja yg dibolehlan. Apa larangan sipil punya senjata itu pelanggaran ham? Logika sederhana gini aja lu ga paham
profile picture
pisercool
kaskus addict
bukanya selingkuh udh ada rkuhpny dari dulu
Memuat data ...
Menampilkan 21 - 34 dari 34 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di