KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Hati Hati, Belum Bayar Pajak Bisa Kena E-Tilang, Kasusnya Sudah Ada Nih
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62bd8ba44257e02ffe3f4fa5/hati-hati-belum-bayar-pajak-bisa-kena-e-tilang-kasusnya-sudah-ada-nih

Hati Hati, Belum Bayar Pajak Bisa Kena E-Tilang, Kasusnya Sudah Ada Nih


[ltr]
Halo gan apa kabar kalian semuanya? Semoga baik baik saja ya.

Sebagai kewajiban kita menjadi warga negara Indonesia, salah satunya dilakukan dengan membayar pajak. Jenis pajak di negara ini sangat beragam, salah satu yang mungkin dan sering kita tunaikan adalah membayar pajak kendaraan bermotor.

Setiap tahun pemilik motor harus membayarkan pajak STNK, dan untuk setiap 5 tahun sekali kita juga harus membayarkan pajak TNKB. Biasanya pajak 5 tahun ini yang lebih mahal, makanya banyak pemilik kendaraan diluar sana yang masih enggan untuk memperpanjang plat nomor merek.



Tapi kalian harus hati-hati nih gan, bagi kendaraan yang menunggak pajak bisa kena e-Tilang dan bakal dikirim surat untuk membayar denda sesuai pelanggaran.
Belakangan ini ramai lagi gan, pengendara motor kena tilang elektronik akibat pajak kendaraannya mati. Diduga insiden ini terjadi di daerah Semarang, dan di share melalui akun Facebook bernama Chachink Senimat Kulit dalam sebuah grup MIK Semarang.

Disana terlihat bahwa pemilik akun memperlihatkan surat tilangnya dan menunjukkan isi surat dari salah satu pelanggaran karena STNK tidak sah.
Sehingga ia dikenai pasal 288 ayat (1) jo pasal 106 ayat (5) huruf a (kendaraan bermotor tidak dilengkapi dengan STNK atau STCK yang ditetapkan oleh Polri).



Kalau dilihat dari pasalnya, berbunyi “Setiap pengendara yang tidak dilengkapi Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) atau Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor (STCK) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu”, menurut kutipan https://www.aripitstop.com/2022/06/28/motor-ini-kena-tilang-elektronik-karena-belum-bayar-pajak/

Itu artinya jelas pengendara harus membayarkan denda yang terbilang dari isi pasal terlampir. Jadi peringatan semua buat kita nih gan, jangan anggap remeh keberadaan e-Tilang, ternyata fungsi e-TLE sangat efektif di beberapa daerah.



Pelanggarannya pun bisa bermacam, bahkan terkait pajak saja kamera ini bisa menangkap dengan jelas, apalagi pelanggaran nyata seperti tidak menggunakan helm, tidak dilengkapi spion, dan sebagainya. 
[/ltr]

profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
Polrestabes semarang ini ngarang2, mana bisa stnk dikatakan tdk sah ketika masa berlaku masih aktif dan dikeluarkan resmi oleh polri...

pasal 288(1) itu cm menyatakan pengemudi tdk dilengkapi stnk/stck yg ditetapkan/dikeluarkan polri.
Tdk mengatur soal stnk sah atau tdk, dan dalam uu tdk disebutkan soal masa sah stnk, cm ada masa berlaku stnk selama 5th dan harus dimintakan pengesahan tiap tahun. Sesuai pasal 70 stnk mmg wajib dimintakan pengesahan tiap tahun, tapi fungsi pengesahan tsb bkn sbg sah atau tidaknya stnk, tapi sbg pengawas tahunan regident ranmor dan menumbuhkan kepatuhan pembayaran pajak, fungsi pengesahan ini tertulis di penjelasan pasal 70(2) pd lampiran uu llaj.
Jadi disahkan atau tidak, stnk berlaku selama 5th...dalam arti kata, org gk bayar2 pajak ranmor tdk ada mslh dengan stnk kecuali masa berlakunya habis.

Setiap saran, opini dan masukan yang saya tulis adalah murni Pendapat Pribadi.
Tidak mencerminkan pendapat resmi dari Kepolisian Negara Republik Indonesia.
Gunakan untuk memperoleh "second opinion" untuk masalah Anda.
Kebijaksanaan dari para pembaca sangat disarankan.

profile-picture
ZhuraZatochi memberi reputasi
profile picture
agoenx2580
kaskus addict
sepakat gan
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di