KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Hati Hati, Belum Bayar Pajak Bisa Kena E-Tilang, Kasusnya Sudah Ada Nih
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62bd8ba44257e02ffe3f4fa5/hati-hati-belum-bayar-pajak-bisa-kena-e-tilang-kasusnya-sudah-ada-nih

Hati Hati, Belum Bayar Pajak Bisa Kena E-Tilang, Kasusnya Sudah Ada Nih


[ltr]
Halo gan apa kabar kalian semuanya? Semoga baik baik saja ya.

Sebagai kewajiban kita menjadi warga negara Indonesia, salah satunya dilakukan dengan membayar pajak. Jenis pajak di negara ini sangat beragam, salah satu yang mungkin dan sering kita tunaikan adalah membayar pajak kendaraan bermotor.

Setiap tahun pemilik motor harus membayarkan pajak STNK, dan untuk setiap 5 tahun sekali kita juga harus membayarkan pajak TNKB. Biasanya pajak 5 tahun ini yang lebih mahal, makanya banyak pemilik kendaraan diluar sana yang masih enggan untuk memperpanjang plat nomor merek.



Tapi kalian harus hati-hati nih gan, bagi kendaraan yang menunggak pajak bisa kena e-Tilang dan bakal dikirim surat untuk membayar denda sesuai pelanggaran.
Belakangan ini ramai lagi gan, pengendara motor kena tilang elektronik akibat pajak kendaraannya mati. Diduga insiden ini terjadi di daerah Semarang, dan di share melalui akun Facebook bernama Chachink Senimat Kulit dalam sebuah grup MIK Semarang.

Disana terlihat bahwa pemilik akun memperlihatkan surat tilangnya dan menunjukkan isi surat dari salah satu pelanggaran karena STNK tidak sah.
Sehingga ia dikenai pasal 288 ayat (1) jo pasal 106 ayat (5) huruf a (kendaraan bermotor tidak dilengkapi dengan STNK atau STCK yang ditetapkan oleh Polri).



Kalau dilihat dari pasalnya, berbunyi “Setiap pengendara yang tidak dilengkapi Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) atau Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor (STCK) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu”, menurut kutipan https://www.aripitstop.com/2022/06/28/motor-ini-kena-tilang-elektronik-karena-belum-bayar-pajak/

Itu artinya jelas pengendara harus membayarkan denda yang terbilang dari isi pasal terlampir. Jadi peringatan semua buat kita nih gan, jangan anggap remeh keberadaan e-Tilang, ternyata fungsi e-TLE sangat efektif di beberapa daerah.



Pelanggarannya pun bisa bermacam, bahkan terkait pajak saja kamera ini bisa menangkap dengan jelas, apalagi pelanggaran nyata seperti tidak menggunakan helm, tidak dilengkapi spion, dan sebagainya. 
[/ltr]

profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
Akan ada kalanya ditilang E-Tle ketika :
- pajek belom bayar
- nggak pake helm
- ngupil sambil lepas tangan
- pake sendal jepit
- merokok sambil celingukan
- nyetir mainan hape.

Dll....
profile-picture
qodrayandhik420 memberi reputasi
profile picture
nite.hime
kaskus maniac
1 lagi pake headset di motor. itu juga bahaya sebenernya. emoticon-flower

naik motor sambil main hp terus ditengah jalan itu banyak, ganggu banget.

di bandung pelanggar motor terutama lampu merah banyak. itu pada kena e-tilang ndak ya? kyknya pada biasa aja. yg ndak pake helm juga banyak seliweran.
profile picture
jlamp
kaskus maniac
@nite.hime sepertinya kalo pake headset enggak ditilang deh Non.. padahal itu cukup berbahaya.. bisa nggak konsen.

Betul, beberapa tempat masih belum dijangkau kamera e-tle kecuali pak polnya bawa hape sambil jepret sana sini... Hahaha.
profile picture
dadonboyz1
kaskus addict
Kalo pake headset susah gan. apa lagi sekarang banyak model tanpa kabel, jadi gak kasat mata pelanggarannya kecuali pas razia
profile picture
freedomjustice
kaskus addict
"Nyetir mainin hp" dikecualikan jika pemotor adalah gojek, grab, maxim atau sejenisnya.
profile picture
yoshioka.ky
kaskus geek
@nite.hime tapi ane pake headset buat navigasi, kayaknya susah kedetek kalo heasetya kaya TWS
profile picture
pulaukapok
kaskus geek
Yg aneh, jambret atau curan mor Ndak pernah ketangkep kamera e-Til.
profile picture
ronzt
kaskuser
@pulaukapok yoyoy bener
Memuat data ...
1 - 7 dari 7 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di