KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bisa Nggak Kita Menyamarkan Dosa Sehingga Terlihat Seperti Perbuatan Baik?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62b914d41de1e00d401b80ac/bisa-nggak-kita-menyamarkan-dosa-sehingga-terlihat-seperti-perbuatan-baik

Bisa Nggak Kita Menyamarkan Dosa Sehingga Terlihat Seperti Perbuatan Baik?



Saat mengetik ini saya sedang meminum kopi. Kopinya tidak berada di dalam gelas ataupun cangkir melainkan di dalam mangkok yang biasa untuk makan mie (jangan tanya kenapa bisa jadi begini). Kopinya sendiri terasa sama seperti biasa, tetapi cara saya memandang kopi ini menjadi sedikit aneh.

Bagi sebagian besar orang ini adalah mangkok mie, tetapi karena di dalamnya terisi kopi maka mangkok ini sebenarnya adalah cangkir kopi. Anda paham? Ini semua hanyalah persoalan sudut pandang. Jika kita memilih sudut pandang yang tepat bahkan Kim Jong-Un bisa terlihat seperti manusia paling penuh belas kasih di dunia ini.

Lalu bagaimana jika kita bermain-main dengan sudut pandang dalam masalah dosa dan kebajikan?



Contohnya begini; ada seorang pejabat yang memberi dana (dari apbd) kepada sebuah organisasi tertentu. Dana itu dihitung sebagai hibah, dan kemudian pihak organisasi membalas kebaikan dengan menunjukkan dukungan kepada pejabat tersebut. Hibah dan balas budi, kata-kata yang bagus bukan? Meski demikian saya rasa itu tak ada bedanya dengan sogok menyogok.

Dari sudut pandang orang ketiga kita hanya bisa menilai dan berasumsi, kenyataannya hanya pihak terlibatlah yang tahu apa keinginan mereka sebenarnya. Banyak orang akan bilang bahwa perbedaannya terletak pada niat si pelaku, apakah dia memang mengharapkan imbalan atau tidak, meski demikian niat ini sendiri terlalu abstrak untuk diukur. Seseorang bisa saja bersumpah bahwa dia tidak mengharapkan apa pun sebagai imbalan, meski demikian mungkin saja ada titik kecil di sudut hatinya yang berharap sesuatu.



Ada banyak sekali contoh perbedaan sudut pandang yang akhirnya berujung pada konflik seperti ini. Lihat saja ISIS, mereka menangkap perempuan-perempuan non-muslim dan menjualnya sebagai budak seks. Dari sudut pandang mereka tindakan itu sesuai dengan ajaran agama, namun bagaimana dengan sudut pandang dunia? Pada akhirnya inilah yang berujung pada perang memperjuangkan keyakinan masing-masing.

Kalau itu teroris mungkin tidak terlalu berbahaya (karna masih bisa dilawan), yang lebih berbahaya adalah pejabat yang terus memelintir baik dan benar sehingga setiap korupsi yang dia lakukan tampak seperti dilakukan demi kemajuan bangsa. Sekali lagi ini cuma masalah sudut pandang dan sudut pandang yang berbeda harus selalu dihargai di negara ini. Karena itulah masalah ini jadi sangat merepotkan.



Menyamarkan sesuatu yang buruk agar terlihat baik jauh lebih berbahaya dibanding bom nuklir. Kita tahu bom nuklir berbahaya jadi kita bisa langsung menghindarinya sedangkan perbuatan buruk yang dibungkus sama sekali tidak akan terlihat berbahaya dan ketika itu sudah mengakar dalam diri kita, semua sudah terlambat.

Dan siapakah kita sampai bisa mencegah hal tersebut? Hal terbaik yang bisa saya bilang cuma berhati-hati dengan segala hal dan yang paling penting kuatkan iman untuk mencegah segala keburukan yang akan datang. Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.
profile-picture
moemoeh memberi reputasi
Begitu juga kasusnya Yusuf Mansur. Dia menganggap uang yang diberikan padanya sebagai sedekah sedangkannyang memberi menganggapnya investasi. Pantes aja ribut terus.

profile-picture
reep1000 memberi reputasi
Diubah oleh ih.sul
profile picture
saiki88
kaskuser
Mabok agama ya gitu jadinya
profile picture
max mara
kaskus addict
Yusuf Mansur memang awalnya berperan sebagai affiliator proyek investasi seperti Doni Salman. Tapi surat perjanjian sengaja dibuat cacat hukum sehingga dia sulit digugat. Setelah dia banyak kasus gugatan baru dia beralih ke metode sedekah yang lebih menguntungkan. Karena dia yang terima duit (dari orang goblok yang pingin masuk surga) tapi nanti Allah yang ganti. Ini jauh lebih aman karena gak bisa dituntut
profile picture
TS ih.sul
kaskus geek
[MENTION]max mara[/MENTION] berarti salah si pemberi duit karna nggak buat kontrak yang valid. Korban cuma bisa hancurin reputasinya doang sekarang.
profile picture
apapun dealnya (sedekah atau inves) tetep aja bego masi ada orang yg percayain duit ama residivis emoticon-Ngakak
profile picture
@ih.sul
gw gk paham isi trit lu bray emoticon-Cape d...
profile picture
Ya begitulah isi otak lebih kecil drpd bacotnya
profile picture
max mara
kaskus addict
@ih.sul Di Indo kasus penipuan investasi Islami selalu didukung barisan ustadz/ulama. Efek dari banyaknya ustadz/ulama instan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 7 dari 7 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di