KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Heboh Perkara Larangan Memakai Sandal Saat Naik Motor, Tahu Apa Bahayanya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62b39a661ca9cd6711440204/heboh-perkara-larangan-memakai-sandal-saat-naik-motor-tahu-apa-bahayanya

Heboh Perkara Larangan Memakai Sandal Saat Naik Motor, Tahu Apa Bahayanya?

Publik sempat dibuat heboh dengan himbauan tidak dianjurkannya menggunakan sandal saat mengendarai sepeda motor, tahu apa bahayanya?


Beberapa hari yang lalu masyarakat sempat dihebohkan dengan isu-isu yang beredar luas terkait kabar bahwa pengendara motor yang menggunakan sandal akan dikenakan tilang oleh Polisi.

Sebagai bentuk protes, tidak sedikit konten kreator yang membuat konten parodi emak-emak ke pasar pakai sepatu, dan masih banyak lagi jenis konten satiran lain yang ditujukan terhadap isu diberlakukannya aturan pengendara motor harus menggunakan sepatu atau dilarang memakai sandal tersebut.

Merasa penasaran dengan isu yang beredar, TS pun mencari tahu tentang fakta sebenarnya dari dilarangnya penggunaan sandal untuk pengendara motor atau kendaraan roda dua.

Dilansir dari detikoto, Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Firmansyah Shantyabudi menjelaskan tentang kabar dan isu tersebut GanSis.

Ternyata penggunaan sandal jepit yang diberlakukan untuk pengendara motor tersebut merupakan sebuah himbauan. Tidak benar jika ada yang mengatakan bahwa pengendara motor yang menggunakan sandal akan ditilang, karena sejauh ini memang belum ada pengendara motor yang menggunakan sandal ditilang melainkan hanya diperingatkan saja untuk lebih berhati-hati.




Tentu himbauan ini diberlakukan bukan tanpa sebab dan alasan GanSis, melainkan karena memang ada beberapa bahaya yang bisa terjadi jika Agan Sista menggunakan sandal saat mengendarai kendaraan khususnya roda dua.

Adapun beberapa bahaya yang dapat Agan Sista alami ketika menggunakan sandal saat mengendarai motor menurut pandangan pribadi TS, adalah sebagai berikut.


1. Kaki Lecet Saat Terjatuh

Terjatuh atau kecelakaan dari motor tentu kita tidak ada yang mau untuk mengalaminya GanSis, namun seperti yang kita tahu bahwasanya kecelakaan tidak dapat ditebak kapan dan dimana akan terjadi.

Dalam rangka mencegah lecet-lecet pada bagian kaki, akan sangat lebih aman jika Agan Sista menggunakan sepatu dibandingkan dengan sandal.
Saat Agan Sista menggunakan sepatu maka kemungkinan lecet karena tergores aspal lebih dapat diminimalisir.

2. Terjepit Rantai atau Jeruji Motor

Terjepit rantai motor biasanya sering dialami oleh orang yang dibonceng GanSis. Tanpa sengaja kaki dari penumpang masuk ke bagian rantai atau jeruji dan dapat mengakibatkan putusnya jari-jari kaki.

Ketika Agan Sista memakai sandal maka akan lebih memudahkan kaki kalian bergesekan langsung dengan jeruji atau rantai dan berakibat fatal, namun saat GanSis memakai sepatu paling tidak jari lebih aman meskipun kaki terjepit jeruji atau rantai motor.

3. Gigitan Anjing

Dikejar anjing saat sedang naik motor, tentu kejadian yang seperti ini tidak hanya dialami oleh satu dua orang saja GanSis.

Anjing tidak segan dan tanpa rasa takut dapat menggigit jari kaki dari orang yang lewat dengan mengendarai motor bahkan si anjing juga rela lari-larian agar mangsanya bisa didapatkan.

Saat Agan Sista lebih memilih untuk menggunakan sandal waktu naik motor maka resiko jari kaki digigit anjing lebih besar dibandingkan dengan orang yang selalu menggunakan sepatu saat naik motor GanSis.



Itulah tadi GanSis beberapa bahaya dari menggunakan sandal saat mengendarai kendaraan roda dua atau motor.

Alangkah baiknya jika warganet disini melihat secara utuh tentang himbauan yang diberlakukan demi keselamatan bersama, karena sejauh ini masih banyak orang yang mudah termakan isu-isu negatif dan akhirnya ikut menjadi korban hoax hanya karena membaca berita yang tidak jelas sumbernya.

Sekali lagi TS ingatkan bahwasannya himbauan diambil dan ditetapkan oleh lembaga tertentu demi kebaikan bersama, namun karena karakter masyarakat yang melihat sesuatu dari sudut pandang negatif maka sebuah himbauan yang tujuannya positif menjadi ikut terlihat negatif.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa diambil oleh Agan dan Sista.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
Referensi
disini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabrikboxfiber dan 50 lainnya memberi reputasi
Quote:


perasaan aturan ini sudah lama berlaku

koq baru pada ribut sekarang ya


percayalah wahai warga 62 yang kebanyakan menderita keterbelakangan intelegensi

coba perhatikan pengendara-pengendara motor di negara maju

adakah yang berkostum seperti kalian?

kalau foto atau video pengendara motor Indonesia dipost ke medsos internasional macam 9gag, itu semua orang2 asing dari negara2 beradab pada heran dan bingung

where are their gears? where helmet? is that slipper? wtf, who in their right mind bring newborn baby on a bike?

etc etc etc

sekarang berfokus pada sandal

FYI saja ya, namanya berkendara motor di jalan itu ibarat mengendarai keranda mayat berjalan, kalian enggak akan pernah tahu kapan kecelakaan terjadi

dan ketika itu terjadi, pakai sandal minimal akan bikin kaki lw terluka yg cukup nikmat punya, secara ngegesek aspal

itu paling minimal bgt, bayangkan kalau terjadi dengan kecepatan sedang atau bahkan ngebut

secara motor2 matic dibuat ccnya tinggi2 sekarang, 150cc ke atas

sejatinya namanya berkendara motor itu semua riding gear harus lengkap

helm layak, sarung tangan layak yg ada protector, jaket+protector+windshield, dan tentu saja sepatu, celana panjang

hal tersebut untuk meminimalisir cedera

cuma yah, namanya juga negara terbelakang, dikasih aturan untuk kebaikan diri sendiri tetep aja diprotes, dilawan

gw sih ketawa aja kalau di jalanan ngeliat pengendara2 motor penampilannya retard2

paling geli sendiri pengendara motor sport yg terbilang harganya cukup mahal, tapi pengendaranya enggak mencerminkan individu berintelegensi layak yg membuatnya pantas punya penghasilan untuk bisa beli motor2 mahal tersebut

ya gimana gak geli, kelakuannya mulai dari helm abal2, riding gear abal2 bahkan gak pake tp modifan gk penting dimaksimalin terutama knalpot aftermarket KW berisik gak guna, spion dilipat, lampu sign depan diganti model tempel, dudukan plat dan sign belakang dilepas

halu mau jd rider moto gp kali, beli moge + sewa sirkuit gk mampu, jadi dibikinlah motornya ala motor sirkuit dan speedingnya di jalanan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mandalorian dan 3 lainnya memberi reputasi
profile picture
TS masnukho 
Aktivis Reg. Lampung


emoticon-Matabelo.nah itulah gan, belum ada kesadaran untuk menjaga keselamatan di diri sendiri
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di