KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Food & Travel / Travellers /
Belum Ditemukan Ujungnya, Goa di Pacitan Ini Jadi Terpanjang di Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62b2e93097a66b0b9c62e378/belum-ditemukan-ujungnya-goa-di-pacitan-ini-jadi-terpanjang-di-indonesia

Belum Ditemukan Ujungnya, Goa di Pacitan Ini Jadi Terpanjang di Indonesia



Gua ini terletak di dusun Kasri, desa Jlubang, kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Lokasinya berada di perbukitan desa Jlubang, sekitar 20 km dari kota Pacitan ke arah Barat.

Terowongan gua ini memiliki panjang 25 km. Karena jaraknya goa yang panjang inilah, gua ini dinobatkan sebagai gua terpanjang di Indonesia. Bahkan katanya belum ada yang sanggup mencapai ujung dari liang gua ini, guys. Wow!

Gua ini ditemukan pertama kali pada tahun 1984 oleh warga sekitar dan mulai di ekspedisi oleh Anglo Australian Speleological Expedition dengan di dampingi oleh ekspedisi dari Yogyakarta yang tergabung dalam Acintyacunyata Spleleological Club tahun 1987.

Pada penelusuran pertama itu, tim berhasil membuat pemetaan gua sepanjang 11 km. Kemudian setelahnya ekspedisi dilanjutkan setiap 2 tahun sekali.

Pada tahun 1992, ekspedisi selanjutnya dapat menggabungkan gua Luweng Jaran dengan gua Luweng Punung Plente, sehingga panjang liang total mencapai 19 km.

Dilanjut lagi pada tahun 2002, goa Luweng Jaran ini terdaftar dalam daftar gua terpanjang di dunia dengan panjang total mencapai 25 km dengan kedalaman 65 meter.

Gua ini merupakan jenis gua sungai bawah tanah atau biasa disebut swallow hole yaitu lubang masuknya aliran air ke dalam tanah pada daerah kapur yang relatif dalam.

Dengan begitu, saat hujan deras permukaan di sekitar pintu gua akan berubah menjadi sungai dan membuat air brgerak memutar di sekitarnya.

Maka dari itu, akan sangat berbahaya jika menyusuri gua ini di saat musim hujan, karena cuaca tidak dapat di prediksi.

Sampai saat ini gua ini baru dibuka untuk para pecinta petualang, belum dibuka untuk umum atau wisatawan.

Mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) pada tanggal 4 Februari 2013 silam sempat memetakan panjang gua Luweng Jaran 25 km dan mengatakan bahwa gua ini memiliki lereng terpanjang se Indonesia dan belum pernah ditemukan ujungnya.

Kemungkinan besar lorong luweng ini berakir di laut. Untuk masuk Luweng Jaran memerlukan keahlian khusus dengan Single Roof Technique (SRT). Gua ini terdiri dari dua pitch.

Pitch pertama tingginya kurang lebih 12 m sementara pitch kedua tinggginya mencapai kurang lebih 25 m.

Setelah menuruni pitch kedua, penelusuran dapat dilanjutkan secara horizontal. Di dasar goa terdapat sebuah chamber atau dome yang sangat besar seluas lapangan bola.(*)


SUMBER: Urbanasia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ungkemr dan 13 lainnya memberi reputasi
stalaktit x stalakmit
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di