KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 2 /
Rekomendasi Oli yang Bagus untuk Honda Beat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62b153d5666a7b46875ee5f6/rekomendasi-oli-yang-bagus-untuk-honda-beat

Rekomendasi Oli yang Bagus untuk Honda Beat


Oli menjadi salah satu komponen penting yang bisa mendukung performa secara keseluruhan dari motor itu sendiri. Masing – masing jenis motor mempunyai jenis oli yang berbeda – beda sehingga harus diperhatikan dengan baik saat menggantinya.

Hindari penggantian oleh dengan merk yang berbeda – beda karena selain bisa mengurangi performa dari motor itu sendiri, ternyata gonta – ganti oli juga bisa mengakibatkan endapan lumpur di dalam mesin pembakaran karena sisa – sisa oli yang bercampur menjadi satu.

Jenis motor matic dan manual menggunakan jenis oli yang berbeda. Jadi Anda harus memperhatikannya baik – baik. Misalnya saja pada jenis motor matic, harus menggunakan oli khusus untuk motor matic. Jika perlu, setialah pada satu produk yang sudah direkomendasikan dari pabriknya langsung.

Perjalanan motor matic dari awal diluncurkan hingga sekarang juga terdapat perkembangan yang signifikan sehingga mempengaruhi jenis oli yang digunakan. Untuk sistem teranyar pada motor matic Beat menggunakan bahan FI.

Yang mana pada tahun 2013 silam sempat mendapat penghargaan dari Kementerian Lingkungan hidup karena perhitungan parameter CO hanya sebesar 1,143 gram/km, NOx hanya sebesar 1,031 gram/km dan HC 1,042 gram/m.

Motor Honda Beat 2020 masih mengadopsi sistem bahan FI yang mana harus mendapatkan oli sesuai dengan tipenya agar performa tetap baik dan bisa berjalan dengan lancar. Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi oli terbaik yang cocok untuk motor Honda Beat tahun 2020.

1.AHM MPX 2 10W – 30

Jenis oli diproduksi oleh pabrik Honda yang memang menjadi rekomendasi resmi untuk digunakan pada motor matic Honda Beat 2020. Oli AHM MPX 2 10W – 30 mempunyai kelebihan dalam hal keramahan lingkungan. Gas buang yang dihasilkan terbukti jauh lebih baik dari jenis oli generasi sebelumnya. Untuk mendapat oli jenis ini, juga sangat terjangkau karena hanya dibanderol dengan harga Rp 48 ribu saja.

2.Shell AX 7 10 W – 30

Shell AX7 10W – 30 menjadi rekomendasi jenis oli yang bisa Anda gunakan pada motor matic Honda Beat 202. Karena tingkat kekentalan dari oli ini sama dengan oli resmi yang dikeluarkan oleh pabrikan Honda yakni 10W – 30.

Oli keluaran shell danggap mampu menghasilkan performa yang lebih baik dan bisa membantu mengurangi munculnya getaran pada mesin saat sedang digunakan. Jika dibandingkan dengan oli AHM MPX 2 10W – 30, oli Shell AX 7 10W – 30 ini ditawarkan dengan harga yang tak berbeda jauh kok.

Harganya kurang lebih hanya berkisar Rp 50 ribuan saja. Untuk itu, oli jenis ini menjadi salah satu rekomendasi jenis oli yang bisa Anda coba.

3.Shell AX 7 10W – 40

Oli Shell AX7 10W – 40 memang memiliki spesifikasi sedikit lebih tinggi, namun masih sangat aman jika digunakan pada motor matic Honda Beat 2020. Yang membedakan adalah pada tingkat kekentalannya saja yakni menjadi 10W – 40.

Semakin tinggi tingkat kekentalan, akan membantu meningkatkan kinerja dari mesin. Namun perlu diperhatikan, oli jenis yang jauh lebih tinggi tidak direkomendasikan ya. Jika masih selisih sedikit saja seperti 10W – 40 tidak menjadi masalah, masih oke.

4.Motul Scooter Expert 10W – 30

Oli Motul Scooter Expert 10W – 30 juga direkomendasikan untuk digunakan pada motor matic Honda Beat 2020 karena masih memiliki tingkat kekentalan yang sama yakno 10W – 30. Keunggulan lain yang ditawarkan oleh jenis oli ini adalah bisa mengendalikan panas yang ada pada mesin saat digunakan, terutama saat perjalanan jauh yang mana mesin hidup dalam waktu lama.

Namun jika dibandingkan dengan beberapa rekomendasi oli sebelumnya, harga cenderung lebih mahal yakni dibanderol dengan harga Rp 90 ribu. Untuk penggunaan motor hanya jarak dekat saja, tidak disarankan menggunakan jenis oli ini.

5.Enduro Matic 10W - 30

Oli Enduro Matic 10W – 30 juga direkomendasikan untuk digunakan pada motor matic Honda Beat karena memiliki kekentalan yang sesuai. Oli produksi PT Pertamina (Persero) dikenal mempunyai keunggulan tidak mudah menguap, jadi bisa lebih awet digunakan dalam jangka waktu lama.

Hanya saja, bagi Anda yang gemar memacu motor pada kecepatan tinggi, penggunaan oli jenis ini tidak direkomendasikan. Enduro Matic 10W – 30 ditawarkan dengan harga yang lebih murah yakin Rp 40 ribu saja.

6.Repsol Moto 4T 10 W 30

Karena memiliki tingkat kekentalan yang sesuai dengan spesifikasi motor matic Honda Beat 2020, Repsol Moto 4T 10W 30 sangat direkomendasikan. Hanya dengan merogoh kocek Rp 40 ribu saja, Anda sudah bisa menggunakan oli Repsol Moto 4T 10W 30.

Nah, sekarang Anda tak perlu lagi khawatir salah memilih jenis oli dalam upaya menjaga performa kendaraan matic sehari – hari. Dengan memilih jenis oli yang tepat, tingkat keawetan dan usia kendaraan pun bisa lebih lama.

Ingat ya, meskipun banyak rekomendasi jenis oli yang bisa digunakan, bukan berarti Anda bisa gonta – ganti sesuka hati, kebiasaan tersebut tetap saja tidak direkomendasikan.


sumber: https://www.linamasa.com/2021/oli-ya...us-untuk-beat/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajialilham47710 dan 2 lainnya memberi reputasi
Dipake buat mio smile bagus gak gan?
profile picture
AirFie
kaskus maniac
Keluarga yamaho pake spek 10w-40, dg merk diatas.
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di