Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Pro Kontra Kenaikan Harga Tiket Candi Borobudur, 750K Bagi Wisatawan Lokal, Wajarkah?
Pro Kontra Kenaikan Harga Tiket Candi Borobudur, 750K Bagi Wisatawan Lokal, Wajarkah?
Harga tiket Candi Borobudur tengah menjadi perbincangan, naik tinggi dengan alasan ini


Candi Borobudur, Agan dan Sista pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu dari 7 keajaiban dunia yang terletak di Indonesia ini.

Benar, Candi Borobudur merupakan sebuah candi Buddha yang terletak di daerah Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Menurut sejarah yang ada, Candi Borobudur telah berdiri sejak tahun 800 Masehi dan dibangun oleh penganut agama Buddha Mahayana. Sampai saat ini dapat dikatakan bahwasannya Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia.

Adapun ukuran Candi Borobudur yaitu 123x123 meter, dengan tinggi 35 meter dari tinggi aslinya yaitu 42 meter.

Menjadi sebuah warisan budaya dunia, Candi Borobudur sampai saat ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Banyak sejarah yang mengisahkan tentang berdirinya Candi Borobudur, namun sejarah menghilangnya Candi ini karena adanya letusan Gunung Merapi juga ikut dikisahkan.

Memiliki keindahan dan keunikan yang tidak ada duanya, Candi Borobudur menjadi salah satu tujuan wisata di Jawa Tengah. Ratusan ribu lebih pengunjung datang ke Candi Borobudur setiap tahunnya.


Pro Kontra Kenaikan Harga Tiket Candi Borobudur, 750K Bagi Wisatawan Lokal, Wajarkah?


Membahas tentang Candi Borobudur publik belakangan tengah dibuat heboh dengan kenaikan harga tiket untuk wisatawan lokal dan mancanegara yang ingin berkunjung ke Candi Borobudur.

Dilansir dari Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menginformasikan kenaikan harga tiket masuk ke Candi Borobudur yaitu dengan harga tiket 750 ribu rupiah untuk wisatawan lokal, dan 100 dollar untuk wisatawan mancanegara, sedangkan untuk pelajar dipatok harga 5 ribu rupiah dengan batasan kuota harian.

Diketahui harga tiket masuk Candi Borobudur sebelumnya adalah 50 ribu rupiah, namun diputuskan naik atas beberapa pertimbangan.

Tentu saja kenaikan harga ini menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat GanSis.
Banyak warganet yang protes dengan kenaikan harga tiket masuk ke Candi Borobudur.

Namun perlu Agan dan Sista ketahui, bahwasannya ada fakta lain yang warganet lewatkan terhadap kenaikan harga tiket Candi Borobudur tersebut.
Berikut ini sekilas fakta tentang alasan dari kenaikan harga tiket Candi Borobudur.


Pro Kontra Kenaikan Harga Tiket Candi Borobudur, 750K Bagi Wisatawan Lokal, Wajarkah?


Dikutip beberapa fakta dari akun Instagram @memomedsos terkait kenaikan harga tiket Candi Borobudur.
Fakta tersebut disampaikan secara langsung oleh Direktur Utama Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko yaitu Edy Setijono. Ini dia beberapa faktanya.

Fakta pertama

Harga tiket 750k untuk wisatawan lokal dan 100 dollar untuk wisatawan mancanegara adalah tiket naik ke atas Candi Borobudur. Sedangkan untuk tiket masuk ke pelataran dari Candi Borobudur yaitu masih sama dengan harga 50 ribu rupiah untuk wisatawan lokal, dan 25 dollar untuk wisatawan mancanegara.

Adapun untuk pelajar dikabarkan hanya dipatok dengan harga tiket 5000 rupiah untuk di pelataran Candi Borobudur dengan kuota batasan harian.

Fakta kedua

Penetapan kuota harian sebanyal 1200 orang yang diperbolehkan untuk naik ke atas Candi Borobudur. Ini juga menjadi keputusan terbaru dari pengurus dan perawat Candi Borobudur.

Keputusan ini diambil untuk melindungi bangunan Candi Borobudur yang merupakan warisan sejarah.

Fakta Ketiga

Fakta ketiga disini berkaitan dengan tujuan dari dinaikkannya harga tiket Candi Borobudur GanSis. Tujuan dari pengurus menaikan harga tiket yaitu untuk membatasi pengunjung agar yang niat naik ke atas Candi Borobudur hanya orang-orang yang memiliki tujuan jelas atau kepentingan untuk belajar dan mempelajari tentang Candi Borobudur.

Bagi orang-orang yang ingin berfoto maka pelataran Candi Borobudur sudah cukup untuk berfoto.

Pro Kontra Kenaikan Harga Tiket Candi Borobudur, 750K Bagi Wisatawan Lokal, Wajarkah?


Seperti yang kita ketahui GanSis, bahwasanya memang masyarakat Indonesia belum dapat sepenuhnya menjaga kedisiplinan dan taat aturan.
Masih banyak masyarakat yang dengan sengaja usil merusak dan membuang sampah sembarangan di atas Candi Borobudur atau bahkan mencuri bagian dari Candi.

TS pribadi sepakat dan sangat setuju dengan kenaikan harga tiket naik ke Candi Borobudur, karena memang memiliki tujuan yang jelas yaitu untuk menjaga kelestarian Candi Borobudur.

Mungkin memang pro kontra masyarakat terkait berdampaknya dengan para pencari nafkah di sekitar Candi Borobudur, ini memang juga perlu diperhatikan.

Saat keputusan untuk menaikkan harga tiket Candi Borobudur telah ditetapkan maka pengurus harus juga memperhatikan kesejahteraan orang-orang yang menggantungkan hidup mereka dengan bekerja atau mencari nafkah di sekitar Candi Borobudur.

Oke, mudah-mudahan thread ini mengobati rasa penasaran terhadap fakta kenaikan harga tiket Candi Borobudur, dan menambah sedikit wawasan dari Agan Sista semua.


Pro Kontra Kenaikan Harga Tiket Candi Borobudur, 750K Bagi Wisatawan Lokal, Wajarkah?


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
Referensi
disinidan disini
pengennyusu
screamo37
mynaidra
mynaidra dan 80 lainnya memberi reputasi
79
20.8K
670
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Tampilkan semua post
masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
#1
emoticon-Matabelo ane sih setuju ya, biar Candi Borobudur gak rusak
Rohmatullah212
joshuakevinmar
cokeith
cokeith dan 25 lainnya memberi reputasi
26
Tutup