Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vianilimardiAvatar border
TS
vianilimardi
Tiket Naik Candi Borobudur Rp 750 Ribu Bikin Pedagang Resah
Tiket Naik Candi Borobudur Rp 750 Ribu Bikin Pedagang Resah




Wacana kenaikan harga tiket naik Candi Borobudur menjadi Rp 750 ribu untuk turis lokal dan USD 100 untuk turis asing membuat sebagian pedagang di kompleks candi di Magelang itu resah. Mereka khawatir Candi Borobudur bakal sepi pengunjung.

"Itu infonya kemarin (soal kenaikan harga tiket), kan ada kunjungan Pak Luhut itu, saya dengar infonya seperti itu," kata pedagang di area Candi Borobudur, Asmiati (42), seperti dikutip detikJateng, Minggu (5/6/2022).



"Kalau tiket sampai segitu (naik menjadi Rp 750 ribu) kayaknya memberatkan, karena yang ke sini nggak hanya orang berduit," imbuh Asmiati.

Saat Candi Borobudur ramai wisatawan pada libur lebaran lalu, dia mengaku pendapatannya belum sesuai harapan.

"Khawatir tidak ada pengunjung (karena tiket mahal). Kan dua tahun kemarin ada corona kita tutup. Terus ini ibaratnya baru mau berjalan lagi, normal seperti biasa, kok tiba-tiba ada info seperti itu, kan meresahkan," ujar Asmiati.

Kios-kios pedagang di dekat pintu keluar Candi Borobudur, Magelang, Minggu (5/6/2022). Foto: Afzal Nur Iman/detikJateng

"Infonya kita tahu baru di medsos saja. Kalau pedagang lain belum banyak yang tahu. Kalau pihak PT (PT Taman Wisata Candi Borobudur) belum ada komentar lebih lanjut," imbuh dia.

Pedagang lain, Siti Khoiriyah (51) juga khawatir Candi Borobudur akan sepi jika harga tiket naik jadi Rp 750 ribu untuk wisatawan lokal. Dengan harga tiket saat ini Rp 50 ribu, Siti mengaku warung makannya sering tak balik modal meski sudah buka seharian.

"Nggak setuju sama sekali. Kalau (harga tiket) Rp 750 ribu nggak ada peminat ke sini, nggak ada yang belanja, nggak ada yang ke warung," kata Siti. Dia menambahkan, dengan harga tiket lama saja pendapatannya sudah tidak menentu.

"(Pendapatan) Nggak tentu, kadang nggak buka (warung). Kalau ramai ya buat mengganti saat warung nggak buka," ujar Siti.


Seperti diketahui, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan rencana naiknya harga tiket masuk Candi Borobudur itu melalui akun Instagram pribadinya, yang dilihat detikJateng pada Sabtu (4/6) lalu.

"Kami juga sepakat dan berencana untuk membatasi kuota turis yang ingin naik ke Candi Borobudur sebanyak 1.200 orang per hari, dengan biaya 100 dollar untuk wisman dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah. Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5000 rupiah saja," tulis Luhut.


Baca artikel detikjateng, "Wacana Tiket Borobudur Rp 750 Ribu, Pedagang: Meresahkan" selengkapnya https://www.detik.com/jateng/wisata/...ng-meresahkan.





Mau naikin tiket ke Borobudur jadi 750rb tapi lupa UMR Jateng itu salah satu yang terendah di Indonesia, ga sampe 3jt emoticon-Leh Uga

Udh daya beli lagi wisatawan lagi menurun, dihantam lagi kenaikan tiket masuk. makin megap2 UMKM disana emoticon-Cape d... (S)
Diubah oleh vianilimardi 05-06-2022 10:49
banteng.muda
gigbuupz
daimond25
daimond25 dan 4 lainnya memberi reputasi
3
1.9K
37
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Tampilkan semua post
PathelaAvatar border
Pathela
#5
Di sekitar lokasinya makan 5000 aja dah kenyang emoticon-Hammer2

750ribu? Kalangan menengah aja pasti masih mikir-mikir kok...

Menurut ane 100-150ribu (di luar tour guide) lebih masuk akal.
Aparatkaskus
pilotugal2an541
maroonia
maroonia dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Tutup