c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Jamet Mexico, Hidup Hanya Untuk Joget




Kali ini ane akan membahas hal yang unik saja yaitu tentang Jamet, ente taulah fashion dan gaya jamet itu seperti apa. Namun bagaimana kalau gaya jamet ini ternyata juga ada di Mexico.

Namanya tentu bukan jamet, tetapi Cholombianos. Potongan rambutnya mirip banget atau hair style ala-ala jamet gan.



Banyak orang disana menganggap gaya ini kampungan, norak dan sebagainya. Sub kultur dari jamet Meksiko ini banyak ditemui dipinggiran kota Monterrey, Mexico Utara.

Kota ini adalah kota industri banyak buruh pabrik disana, bisa dibilang kehidupannya keras karena hidup sebagai pekerja buruh selalu monoton.



Penampakan dari gaya Cholombianos seperti gambar diatas, apa reaksi kalian ketika melihat gaya mereka?

Kenapa disebut Cholombianos, bukan jamet ala Madura?

Jadi kata media Mexico, kata Cholombianos ini berasal dari 2 buah kata yaitu Cholo dan Colombian. Jadi Cholo itu gaya fashion yang berbeda, atau sub kultur yang berbeda penampakannya bisa dilihat dibawah ini,



Dengan celana baggy, kaos bseball, kaos oblong dan kemeja flanel, serta ikatan bandana di kepalanya agak seperti gaya rapper yang sering terlihat stylish, atau gankster GTA ala Amerika ya.

Jadi, cholo ini subkultur migran Mexico di Los Angeles, jadi kasarnya preman di LA Amerika, bukan singkatan Lenteng Agung ya gan.

Lalu kata kedua, Colombian ini adalah kata yang diambil dari genre musik kesukaan mereka. Kalau jamet sukanya koplo kalau di Mexico disebut Cumbia.



Nah Cumbia adalah genre musik, yang populer di Amerika Latin dan tenar di Colombia. Karena dulu musik ini dipakai oleh masyarakat Colombia untuk ekdpresi perlawanan nasional. Jadi musik ini dipakai untuk joget dijalanan.

Tapi, musik yang dipakai oleh Cholombianos ini bukan musik Cumbia klasik, namun Cumbia Rebajada, yang mempunyai arti pelan.



Nah dari kedua kata tadi, maka penggabungan dari dua unsur ini memberikan penampilan yang berbeda dari para pengikutnya kalau lagi kumpul.

Jadi penampilannya mirip cholo, tapi semua serba kegedean alias sizenya lebih besar. Dan yang paling nyentrik dari penampilan tentu saja rambutnya. Dan aksesoris tambahan adalah topi yang dipakai tidak dengan cara yang wajar.



Tapi masyarakat Monterrey, menganggap pemuda-pemuda ini hidupnya ga jelas. Sering di cap sebagai pengedar narkoba, padahal dalam hidup mereka hanya ingin kumpul dan joget.

Hingga akhirnya subkultur Cholombianos ini sudah hilang sejak tahun 2010, karena adanya operasi Destruction of Organized Crime, pembrrsihan kartel-kartel yang dilakukan dimasa pemerintahan Felipe Calderon.





Hingga akhirnya sub kultur ini dilarang oleh pemerintah karena ada yang berafiliasi dengan para kartel narkoba. Ketika di Mexico hilang, gaya ini dipakai oleh Jamet di Indonesia.

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.




emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2022
referensi : 1, 2, 3, 4
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star








andrensr
ipanpun
provocator3301
provocator3301 dan 36 lainnya memberi reputasi
37
13.2K
141
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
greasemonkey09Avatar border
greasemonkey09
#13
Haha, dimeksiko ada jamet juga yaemoticon-Ngakak (S)

Quote:
Diubah oleh greasemonkey09 25-05-2022 01:52
c4punk1950...
c4punk1950... memberi reputasi
1