KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Bikin Kacang Bawang Sendiri Yuk, Dijamin Gurih Abis!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62883022ba6c1e0635222322/bikin-kacang-bawang-sendiri-yuk-dijamin-gurih-abis

Bikin Kacang Bawang Sendiri Yuk, Dijamin Gurih Abis!


Cemilan di saat santai


Assalamualaikum

Apa kabar sahabat Kaskus semuanya di manapun berada, semoga senantiasa sehat dan dalam keadaan yang baik-baik saja.

Jumpa kembali dengan Thread saya yang kali ini ingin ngajakin Agan Sista semuanya, sahabat Kaskus di manapun berada untuk membuat cemilan sendiri yang rasanya dinamin gurih nagih.
Yaitu cemilan kacang bawang, sebenarnya kacang bawang ini mau aku bikin sebelum lebaran kemarin, tapu nggak sempat bikinnya, lagian jajanan yang lain juga sudah banyak, mending buat sehabis lebaran saja.

Banyak aneka jenis olahan dari kacang-kacangan yang tentunya menjadi favorit buat teman ngemil agan sista semuanya, mulai dari kacang asin, kacang disko, kacang bawang, kacang pilus, atau pilus kacang, juga ada kacang telur dan masih banyak lagi olahan kacang. Di sini saya ingin membuat olahan kacang bawang yang simpel tapi juga gurih nagih.



Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kacang bawang:

500 gram kacang tanah (saya beli yang sudah tidak ada kulitnya)
3 siung bawang putih (saya pilih bawang putih kating yang pedasnya atau rasanya lebih kuat)
1 sendok teh ketumbar halus
2 sendok makan santan kara
Garam secukupnya
Minyak untuk menggoreng

*Bisa juga menggunakan kacang kulit, sebelum dibuat kacang bawang putih berarti hilangkan dulu kulitnya, bisa dengan merebus setengah matang kemudian bersihkan kulitnya.

Cara membuat kacang bawang adalah sebagai berikut:

Pertama-tama cuci kacang bawang.
Kemudian haluskan bawang putih, ketumbar dan garam.
Taruh dalam wadah baskom atau nampan. Kemudian tambahkan santan kara, aduk-aduk rata.
Tunggu beberapa saat sampai bumbu meresap.
Sesudah itu siapkan wajan dan juga minyak. Tunggu sampai minyak panas, kemudian masukan kacang, goreng dengan api sedang, angkat sebelum kacang matang.
*Catatan untuk menggoreng kacang bawang tidak boleh sampai kekuningan karena nanti terasa gosong, karena kacang bawang akan kriuk atau matang sendiri ketika sudah diangkat dan didiamkan.
Jangan lupa untuk memberi alas tempat menaruh kacang bawang dengan tissue.
Tissue ini berguna untuk menyerap minyak, biar kacang bawang kering tidak banyak minyak.
Tunggu kacang bawang benar-benar dingin, baru masukan ke toples dan tutup dengan rapat biar awet dan tetap renyah.



Kacang bawang siap menemani santai Agan Sista dan keluarga tercinta. Teman ngemil yang nggak kerasa tiba -tiba sudah habis setengah toples hehehehe.

Okey deh Agan sista semuanya, sampai di sini Thread dari saya semoga bermanfaat, sampai jumpa di Thread selanjutnya.
Tetap bahagia bersama keluarga dan orang-orang tercinta
Bye ... bye ...



Opini pribadi
Sumber gambar dokpri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 34 lainnya memberi reputasi
Quote:

Wah,ilmu baru sis. Ane suka cemilan asin2 gini...
3 siung utk setengah kilo kayanya dikit deh sis.. ato ada alasan lain hanya dikasi 3 siung doang? Ato tergantung selera? Ane suka bawang putih sis...
emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
olasaja dan 2 lainnya memberi reputasi
profile picture
TS trifatoyah 
KASKUS Plus


Tergantung selera aja, kalau pakai bawang putih kating segitu udah terasa kok
profile picture
TS trifatoyah 
KASKUS Plus
Terhitung selera juga
profile picture
KodokBuluw
kaskus maniac
@trifatoyah ga ngerti kaya apa bawang putih kating tuh.
🤣
profile picture
ddr5warrior
kaskus holic
@trifatoyah @KodokBuluw Tanya aza ama orang yang jualan di pasar. Yang kating lebih besar dan bagus, hanya saja harganya memang lebih mahal daripada yang biasa.
profile picture
@trifatoyah aku pake 7 siung. Lbh byk lbh enak sih
profile picture
TS trifatoyah 
KASKUS Plus
@ddr5warrior @KodokBuluw iya bener tanya penjualnya
profile picture
TS trifatoyah 
KASKUS Plus
@Rainbow555 tapi jan kebanyakan 😅
profile picture
@trifatoyah sukaaaaa wkwkwk
profile picture
TS trifatoyah 
KASKUS Plus
@Rainbow555 jan kebanyakan sukaaaa
profile picture
@trifatoyah wkwkwk banyak apa dong
profile picture
TS trifatoyah 
KASKUS Plus
@Rainbow555 banyak makan aja biar hak kuyusssss
profile picture
KodokBuluw
kaskus maniac
Ada apa ini rame2? Hus sana2,abis ntar kacang ane sis..
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 12 dari 12 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di