KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Gaji Guru Honorer, Udah Tahu Bikin Pedih tapi Kok Maksa, kan Bisa Pindah Kerja
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62840cdef7610152105d196c/gaji-guru-honorer-udah-tahu-bikin-pedih-tapi-kok-maksa-kan-bisa-pindah-kerja

Gaji Guru Honorer, Udah Tahu Bikin Pedih tapi Kok Maksa, kan Bisa Pindah Kerja


Beberapa hari ini beredar berita cukup viral, sebenernya ini juga sudah pernah viral juga yaitu terkait soal gaji guru horoner sangat kecil, malah bisa di katakan sangat prihatin. Bayangkan saja selama sebulan kerja mereka di gaji tak lebih dari 500 ribu. Sebagai seorang netizen ane juga cukup prihatin akan hal tersebut, tapi disisi lain juga timbul pertanyaan-pertanyaan.

Tapi sebelum jauh pembahasan nya, ane apresiasi jika seorang memiliki jiwa yang terpanggil jadi seorang guru, dimana mereka bertangung jawab atas kecerdasan bangsa ini, itu tidak bisa di nilai dari angka dan nominal sih kalau menurut ane. Tapi mohon maaf kalau dengan gaji seorang guru honorer tidak bisa menghidupi hidup, dimana semua hal di dunia ini  penyelesaian nya adalah uang, menurut ane itu bunuh diri sih.

Gak usah ngomongin birokarsi tentang gaji dah, kita dah tahu bagaimana sistem pemerintahan di negri isekai ini memang cukup absurd dan perpihak( itu dah termasuk hal yang tidak bisa di control oleh diri dendiri). Nah yang jadi pertanyaan nya adalah orang(guru honorer) sewaktu mereka melamar kerja jadi guru honorer, sudah pasti tahu berapa penghasilan nya perbulan berapa, bagaimana hitungan gaji nya perjam berapa. ketika mereka melamar.

Gak mungkin juga kan kena tipu kayak lowongan koran donk, kerja nya di perusahaan besar tahu nya jadi sales keliling.
Dan aneh nya ketika mereka menyetujuhi kententuan-kententuan tersebut, yang mana dari awal mereka sudah tahu kalau gaji sebagai guru honorer itu memang minim, itu kan aneh. udah tahu dapat gaji dikit terus protes di media sosial.

Sebagai seorang manusia pada umum nya, jika mereka bekerja dan mendapat gaji dikit atau dengan gaji tersebut tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Pilihan yang pasti ada di kepala mereka adalah pindah kerja dengan gaji yang lebih besar sehingga bisa mencukupi kebutuhan hidup.
logika manusia normal nya seperti itu.

{thread_title}

Dan ane yakin, orang-orang yang mengungah video di atas sampai saat ini masih jadi guru honorer. gimana ya. kan dari awal udah tahu dapat gaji demikian, aneh aja sih. terlebih lagi manusia itu punya yang namanya free will. Dan jika alasan nya adalah mereka bertahan dengan gaji kecil adalah sulit cari kerja, kayak nya alasan tersebut sulit di terima dah. Dimana jaman sekarang ini dengan live aja bisa dapat duit.

Ternyata eh ternyata ada  fakta dan informasi, ini ane dapat dari temen ane yang jadi guru honorer. dimana jika orang yang jadi guru honorer memenuhi persyaratan dan dalam jangka waktu tertentu akan di angkat jadi pegawai tetap dan berubah jadi  status nya jadi ASN (Aparatur Sipil Negara).

Dan fakta di lapangan tidak semua guru honorer itu bisa beralih status jadi ASN,kecuali sudah memenuhi syarat dan ketentuan, pasti nya kenal orang dalam. Dan miris nya banyak fakta dilapangan dimana orang yang gagal jadi PNS mereka lari nya jadi guru honorer, untuk mendapatkan beberapa privilege sebagai pegawai tetap di negri isekai.

mereka kebanyakan bukan murni untuk mendidik tapi lebih tergiur dapat privilege tunjangan-tunjangan tersebut. dampak buruk ini juga bakal mempengaruhi apa yang namanya kualitas mengajar dan para murid yang di didik. Bayangkan saja dengan gaji Cuma ratusan ribu, apa yang di harap dari kualitas tersebut.

Ane juga percaya jadi guru itu adalah panggilan bukan kebutuhan, jika nilai itu di geser jadi nya ya guru-guru yang nybelin aja di kelas. Entah Cuma ngasih catatan atau tak bertangung jawab. Ane justru lebih mendukung guru yang ada di pedalaman, dimana mereka sampai ke hutan-hutan atau desa-desa hanya untuk mengajar anak-anak. itu sih harus di apresiasi sangat, karena mereka dari awal sudah mengabdi jadi seorang guru, bukan jadi guru Karena mengejar jadi pegawai tetap.


penulis: millenie

sumberlink


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
faisalactive dan 54 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh millenie
Banyak yg salah kaprah ya
Jadi guru honorer itu gak serta merta disekolah negeri, ente jg bisa jd guru honor d swasta
Status guru honor disebut GTT (Guru tidak tetap)
Jd ada GTT Negeri ada GTT swasta
Yg tetap, jika d sekolah negeri ada PNS, kalo d swasta ada GTY.
Gua dulu ngajar d SMA, honor 6 bulan dan gak kuat. Keluar skrg jd dosen PNS. Itu jg gak lepas dari honor dulu.
Knp mesti dari guru honor atau pegawe kesehatan honor untuk jd PNS? Sebenernya bukan iming2 tp harusnya gitu.
Karena keprofesionalan. Dan juga yg penting domisili.
Tau knp banyak isu pendidikan gak merata? Karena bukan berbasis domisili.
Orang luaran mah ngebet tes masuk setelah itu minta mutasi ke homebase.
Kalo diceritain panjang lebar deh
profile-picture
willcuy memberi reputasi
profile picture
willcuy
kaskus addict
kalimat terakhir agan sangat menusuk
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di