KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Terjadi Perundungan di Sekolah Dilakukan Antar Pelajar, Guru Wajib Beri Pengawasan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/627ef676bc594741c20b154c/terjadi-perundungan-di-sekolah-dilakukan-antar-pelajar-guru-wajib-beri-pengawasan

Terjadi Perundungan di Sekolah Dilakukan Antar Pelajar, Guru Wajib Beri Pengawasan

Beredar video seorang siswa lakukan kekerasan kepada pelajar lain, pihak sekolah harus memberikan pengawasan agar tidak terulang kejadian serupa


Sekolah adalah lembaga atau tempat yang diperuntukkan bagi siswa-siswi menuntut ilmu dibawah ajaran dan bimbingan dari guru.

Siswa-siswi di sekolah selain memiliki kewajiban untuk belajar mereka juga memiliki hak untuk mendapatkan keadilan atau menggunakan fasilitas sekolah dan kenyamanannya GanSis. Sebab itulah aturan dibuat untuk mengatur agar hak dan kewajiban dapat didapatkan secara merata di sekolah baik untuk siswa-siswi maupun tenaga pengajar atau guru.

Namun faktanya meskipun di sekolah telah diberlakukan aturan agar siswa-siswi dan tenaga pengajar mendapatkan hak dan melakukan kewajibannya dengan baik, masih didapati pelanggaran yang ada di sekolah. Masih ada guru yang mendapatkan perlakuan tidak baik dari murid, murid mendapatkan kekerasan dari guru, atau bahkan murid bermasalah dengan murid yang lain.

Salah satu contoh tidak didapatkannya hak di sekolah yaitu tindakan bullying dan body shaming di sekolah GanSis.
Masih banyak sekali kasus siswa-siswi sekolah menjadi korban bullying bahkan kekerasan fisik yang dilakukan oleh teman sekolahnya sendiri.




Dilansir dari akun Instagram @trending.satu, dibagikan sebuah video yang memperlihatkan seorang siswa menampar seorang siswi di sekolah.

Dalam video berdurasi 20 detik yang beredar di media sosial memperlihatkan seorang siswa terlihat tengah cek cok dengan seorang siswi yang diduga adalah temannya sendiri. Tidak lama kemudian siswa tersebut mengambil ancang-ancang dan menampar siswi yang hanya bisa diam tanpa melakukan perlawanan.

Diketahui kejadian yang menghebohkan media sosial itu terjadi di SMA 9 Cempa, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Saat ini kasus kekerasan di sekolah tersebut tengah ditangani oleh Kepolisian dari Polres Pinrang dari unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA).

Sampai kejadian ini viral dan menghebohkan media sosial, pihak SMA 9 Cempa belum memberikan klarifikasi dan angkat bicara terkait kasus kekerasan yang terjadi.




Aksi dan tindak kekerasan di sekolah seperti ini diketahui bukan masalah baru GanSis.

Dari tahun ke tahun selalu ada pemberitaan tentang perundungan, bullying, dan bentuk kekerasan lainnya yang terjadi di sekolah namun untuk penanganan dan pencegahannya dapat dikatakan masih sangat minim.

Tentu aksi tindak kekerasan dan perundungan yang semacam ini menjadi tanggung jawab pihak sekolah untuk melakukan pengawasan dan memberikan sanksi kepada siswa-siswi yang kedapatan melakukan aksi tersebut GanSis.

Pihak sekolah tidak bisa tinggal diam saat di sekolah ada siswa atau siswi yang menjadi korban perundungan.

Mungkin memang untuk mengawasi siswa-siswi dengan jumlah yang banyak hingga ratusan orang tidak mudah GanSis, namun saat ada niat dan cara yang tepat kemungkinan aksi tindak kekerasan di sekolah dapat dihilangkan.

Mudah-mudahan kedepannya pihak sekolah bisa lebih aware terhadap anak muridnya, agar tidak lagi kejadian perundungan, bullying atau semacamnya yang sampai memakan korban.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3

profile-picture
profile-picture
profile-picture
bromocool dan 7 lainnya memberi reputasi
Bully, nyontek, korupsi.

Sekolah justru mencerminkan scr nyata bagaimana dunia bekerja.

Dari luar tampak megah dan punya tujuan mulia. Tp, yakin si guru gak bully sesamanya? Audit proses akreditasi dan dana. Nyontek? Sudah jadi kebiasaan dan guru juga permisif toleran.

Bukan siswa yg harus diawasi tp mereka yg menjalankan sekolah kudu ada sistem pengawasan ketat. Kalo yg diatas baik, yg dibawah akan mengikuti.

Cewek Seksi Korea
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh profesorlucu
profile picture
TS masnukho 
Aktivis Reg. Lampung


emoticon-Matabelo nah iya, gurunya ajamasih ada yang saling bersaing dan bermasalah ya
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di