KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bayi di RS Bulukumba Sulsel Lahir dengan Kepala dan Tangan Terputus
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/627bbde3b2081902856dd522/bayi-di-rs-bulukumba-sulsel-lahir-dengan-kepala-dan-tangan-terputus

Bayi di RS Bulukumba Sulsel Lahir dengan Kepala dan Tangan Terputus


Ilustrasi bayi baru lahir. (Stockphoto/Polina Strelkova)


Seorang bayi lahir dalam kondisi meninggal dunia dengan kondisi leher dan tangan terputus pascapersalinan di RSUD Andi Sultan Daeng Radja, Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Kondisi bayi baru diketahui keluarga setelah menerima jasad bayi tersebut dari pihak rumah sakit. Beberapa bagian tubuhnya penuh dengan jahitan pada Selasa 10 Mei 2022.

Ayah bayi, Harbi (27) menerangkan bahwa istrinya sempat dilarikan ke Puskesmas di Bontobangun, namun diminta untuk dirujuk ke rumah sakit hingga dirujuk ke RSUD Sultan Daeng Radja, pada Sabtu 7 Mei lalu.

"Pihak puskesmas menyampaikan jika dirujuk ke RSUD saja, katanya sudah ada dokter yang menunggu istri saya," kata Hasbi, Rabu (11/5).

Kemudian Hasbi membawa istrinya ke rumah sakit pada malam itu juga. Namun, Hasbi mengaku kecewa, dokter yang dikatakan pihak puskesmas ternyata tidak ada. Dokter di RSUD Bulukumba itu nanti akan masuk dinas pada Sabtu 8 Mei. Sehingga istrinya pun lambat ditangani.

"Tidak ada dokter, karena malam itu, malam minggu dan esoknya hari Minggu juga belum ada dokter, nanti hari Senin malam baru ada dokternya," katanya.

Saat dirujuk ke rumah sakit, terang Hasbi, kondisi bayi yang masih dalam kandungan ibunya dalam keadaan baik-baik saja. Namun setelah ditangani pihak dokter bayi tersebut dinyatakan sudah meninggal dunia.

"Saya minta dilakukan operasi, tapi dokter saat itu meminta dilakukan persalinan normal saja. Jadi istri saya itu bersalin normal," bebernya.

Setelah istrinya bersalin secara normal, Hasbi mengaku kaget ketika melihat kondisi bayinya tersebut dalam keadaan tidak normal dengan kondisi leher dan lengannya penuh jahitan.

"Saya lihat kondisi bayi itu ada lilitan jahitan di leher, diduga terputus dan di salah satu lengannya juga ada jahitan," ungkapnya.

Pihak RSUD Andi Sultan Daeng Radja membenarkan penyerahan bayi yang telah meninggal tersebut.

"Iya benar, namun kita akan jelaskan semua pada jumpa pers nanti," kata Andi Ayyatullah, Rabu (11/5).


https://www.cnnindonesia.com/nasiona...angan-terputus



Tuntut RSnya itu malpraktek udh itu namanya, wong dri orang tua udh minta cesar kenapa malah diarahkan ke normal, takut pasiennya minta reimburse bpjs?

Udh resiko RS apalagi RSUD buat nanganin yg beginian BPJS juga. Masa ga ad dokter pengganti buat nanganin yg darurat gini, in case pasien bpjsnya bermasalah tangani dlu lah biar selesai dlu, urusan masalah bayar pake cara bayinya ditahan dlu, bukan malah di malpraktekan pasiennya.

Sekelas RSUD pula bisa dokter obgyn nya libur sabtu minggu, wadefak?
profile-picture
profile-picture
Jalan Cinta dan I.Just.Run memberi reputasi
Diubah oleh longneversee
profile picture
maryannalexis
kaskus addict
dokter itu paling ogah nanganin bpjs. udh dibayar rp 6-10 rebu, pasien nya batu ketika dikasih tau, sekolah nya susah mahal, harus kerja rodi di kampung 2 tahun pula.
yg 200 rebuan dokter umum aja kalo kita nanya kbykan bisa ketus.
sampean gak belajar jadi dokter? tenang aja gak spt sarjana umum nya, rs pemerintah gak liat umur kok.
profile picture
I.Just.Run
kaskus maniac
@maryannalexis klo mau cari duit jdi pengusaha lah, ga usah nanganin nyawa orang
profesionalisme harus ada, resiko dan tanggungjawab besar, klo ga mau atau ga sanggup ya jgn jadi dokter di rsud, ga ada yg maksa juga kan
profile picture
Blibelioncom
kaskus holic
Kalau ada pasien BPJS kadang pihak rumah sakit anggap sebelah mata, padahal kadang ada yang bayar BPJS nya kelas 1... Kadang juga pasien bpjs kalo masalah administrasi dilempar sana sini dulu...
profile picture
maryannalexis
kaskus addict
@I.Just.Run lu warga +62 banget mental nya.
di indonesia itu profesionalisme langka karena gaji nya rendah. di hampir semua lini, hampir semua profesi dan hampir semua industri.
suster gaji ump, taruhan nyawa, di diskriminasi tetangga.
Quote:
.
gw jamin 100 tahun lagi juga masalah profesionalisme gak selesai.

lo tau gak eksmud gaji tinggi itu profesional semua?? gw gak ngmg ttg bumn, tapi yg kerja perusahaan top swasta sbg bankir auditor konsultan dll .... yg fresh grad mrk berani bayar diatas rp 10 juta. gak ada acara 1 jam pertama ngantor nya di kafeteria atau sholat 1 jam dan makan siang 2 jam. perusahaan top cari talenta top dan memacu pencari kerja utk upgrade diri sendiri.

tapi silahkan simpen kepercayaan lu bahwa orang digaji berapa pun kalo mau korup ya korup, kalau mau malas ya malas. tiap tahun puluhan ribu talenta top tsb pindah kerja di negara lain dan yg sisa ya mental:
"rajin atau malas sama aja, toh gaji gak naik juga"

itulah kenapa gw buka usaha juga pasang formula gaji pokok kecil tp performance bonus gede bisa 2x lipet gaji and gw gak segan utk pecat orang. rekor paling cepet 3 jam. tau gak dia ngomong apa? "ah cuma gini doank, yg beli juga gak bakal keberatan. nanti kalau mau juga balik lagi". byee attitude sampah.
profile picture
@maryannalexis
Quote:


Emak gw dokter dan gw dlu pas masih polos th 2005 emang kepengen jdi dokter dan diarahin jadi itu ama bonyok, ya tapi ga ad yg nglanjut di keluarga baik gw ataupun saudara gw, wiraswasta semua. Gw anti banget dlu mau masuk kuliah ditawarin "pasti masuk" dengan embel2 uang gedung 3-4 digit, biarpun emak gw sanggup gw yg ogah, gw bikin alasan takut darah ama takut pas tes cadaver + tangan tremor ga karuan (padahal liat DP sering banget gw). Darisana gw udh pertanyakan kuliah dokter dimari targetnya cuan atau kemanusiaan, mending gw jadi sarjana ekonomi kalau target emng cuan.

Mungkin lu kira ini cuma tulisan ngarang bebas, cuma kalau lu di lingkungan dokter pasti tau istilah nota "kolega/keluarga" etc u named it, memang kalau ad saudara/ortu dokter biasanya kalau ad tindakan kecil/sedang pasti ad special price karena segan ama persaudaraan dokter di indo. Makanya gegara ini jadinya gw sering ga ngaku anaknye sape kalau periksa apa2 malu cuy gratis terus padahal siap bayar.

Yg lu bilang bener apalagi kalau BPJSnya bermasalah dokter ogah, rs ogah, perawat pun ketus, karena gw liat emang masalah seperti itu di emak gw dan rs tempat dia bernaung, tpi kalau sampai ditangani person yg ga ad dasar obgyn dengan alasan libur sabtu minggu dan dengan ngeluh jadi dokter dengan gaji minim ga bisa dijadiin alasan deh. Dokter spesialis itu biasanya paling lancar reimburse BPJSnya setau gw, apalgi embel2 SpOg.

Kalau gw sih mending tuntut aja biar ad jalan tengah, ketahuan siapa yg miss manage, karena dri pasien bilang jabang bayi baik2 aja pas perjalanan dri puskesmas, dan siap minta operasi brrti dengan logika +62 gw si pasien ini udh sedia duit cash setidaknya buat cesar.

Nah klo ketahuan nantinya bisa jadi percontohan ke masyarakat, dan setahu gw pas anak gw lahir bpjs udh ditanya duluan pas elu dudukin pantat di meja resepsionis kalau bermasalah ya pakai umum, kalau kaga bermasalah ya bayar selisihnya. Jadi kalau gini ketahuan siapa yg salah, pasiennya apa RSnya.
profile picture
maryannalexis
kaskus addict
@longneversee ob gyn atau spesialis lain kalo di average per pasien kira2 dpt brapa duit dari bpjs bray? bpjs indo premi aja seupil cuma $10/bulan

emg indonesia ada cukup spesialis ob gyn utk ngisi semua rsud dan cover semua shift?

medical school di negara manapun juga mahal bkn karena pengen cuan, tp emg alat & tenaga kompeten yg mahal. mau korek borok nya bisa lebih dari biaya bray. tiap dokter referensi testing atau obat juga dapet komisi.
....... masalah nya siapa yg mau kere jadi dokter? udh profesi nya langka, dropout rate tinggi lulus susah, biaya mahal, masa juga harus korbanin kesejahteraan keluarga demi mengabdi.
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 6 dari 6 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di