KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Militer dan Kepolisian /
Profil BM-30 | Peluncur Roket yang Dipakai Rusia Untuk Menghancurkan S-300 Ukraina
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/627894b61c659b4630269295/profil-bm-30--peluncur-roket-yang-dipakai-rusia-untuk-menghancurkan-s-300-ukraina

Profil BM-30 | Peluncur Roket yang Dipakai Rusia Untuk Menghancurkan S-300 Ukraina

Quote:



Pada Sabtu (07/05/2022) video yang dirilis Kementerian Pertahanan Rusia menunjukkan serangan yang cukup masif ke wilayah Ukraina, video tersebut pun kini sudah di upload oleh banyak orang melalui akun media sosial mereka. Tidak diketahui wilayah mana yang diserang oleh Rusia, tapi dalam video itu pihak Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan jika sistem peluncur roket BM-30 Smerch telah berhasil menghancurkan sistem pertahanan rudal S-300 Ukraina.

Dalam video yang dirilis tampak sebuah roket berhasil menghantam sebuah kendaraan S-300 dan menyebabkan ledakan yang besar, selain itu 10 area konsentrasi pasukan dan peralatan militer Ukraina berhasil dihancurkan dengan menggunakan hujan roket BM-30. Lalu, seperti apa spesifikasi BM-30 Smerch tersebut ? Mari kita simak pembahasannya di bawah.


Sistem Peluncur Roket Warisan Uni Soviet


Perang Rusia-Ukraina menjadi redup dan bersinarnya senjata buatan Uni Soviet, baik Rusia dan Ukraina adalah negara yang mewarisi senjata buatan negeri komunis tersebut. Meski banyak senjata warisan Uni Soviet yang berakhir menjadi besi tua selama konflik Rusia-Ukraina, tetapi masih ada senjata warisan Soviet yang masih mampu beroperasi dengan baik. Salah satunya adalah BM-30 Smerch.

Nama lengkap peluncur roket ini adalah BM-30 Smerch 9A52 termasuk ke dalam golongan keluarga Multiple Rocket Launch System (MLRS). Senjata ini dibuat oleh perusahaan Splav State Research and Production Association, Tula, Russia. Perusahaan ini juga memproduksi peluncur roket lain seperti Uragan, Grad dan Prima. MLRS ini pertama kali diketahui oleh intelijen Barat pada 1983, kemudian memasuki layanan tentara Soviet pada 1987.

Misi utama Smerch untuk melawan sistem rudal taktis, baterai roket, artileri, mortir, pos komando, dan area konsentrasi psukan musuh. Unit Smerch biasanya terdiri dari enam peluncur dan enam transloader. BM-30 sekarang digunakan oleh angkatan bersenjata Rusia, Ukraina, Belarus, Kuwait, Uni Emirat Arab, India, dan China.



Quote:




Kendaraan peluncur BM-30 Smerch 9K58 dilengkapi dengan 12 tabung peluncur. BM-30 Smerch dapat menembakkan roket 9M55K kaliber 300 mm. Susunan tabung roket 300 mm adalah masing-masing 4 tabung yang disusun bertingkat dan diletakkan agak ke pinggir, sementara 4 tabung lainnya dipasang berjajar di bagian atas 8 tabung yang disusun ke atas tadi. Untuk jangkauan tembaknya mencapai 20 km sampai 30 km. Ukuran standar roket ini memiliki panjang 7,6 m dengan bobot mencapai 800 kg; di mana 280 kg dari berat roket adalah bobot dari hulu ledak (warhead).

Smerch sangat efektif melawan konsentrasi pasukan dan kendaraan lapis baja, artileri dan baterai pertahanan udara, lapangan udara serta target lainnya. Tembakan salvo secara penuh dari satu peluncur bisa menghancurkan area seluas 67 hektar. Selama perjalanan menuju area penempatan, jika sewaktu-waktu mendapat perintah untuk mekakukan penembekan segera, kendaraan peluncur Smerch dapat berhenti dan melepaskan tembakan dalam waktu 3 menit dari. Dibutuhkan jumlah waktu yang sama untuk meninggalkan posisi menembak. Tenbakan salvo penuh membutuhkan waktu 38 detik.

Peluncur roket Smerch diisi ulang oleh kendaraan reload 9T234-2. Kendaraan ini didasarkan pada chassis truk MAZ-543A 8x8. Kendaraan isi ulang dilengkapi dengan derek hidrolik dan membawa satu set lengkap 12 roket isi ulang. Kendaraan ini dapat memuat ulang roket dalam waktu 36 menit. Pengisian ulang biasanya dilakukan jauh dari posisi menembak, untuk menghindari tembakan balasan dari lawan.


Quote:



Dalam gelar operasi di lapangan unit Smerch biasanya terdiri dari 6 kendaraan peluncur dan 6 kendaraan reload. Sistem pengendalian tembakan Smerch bernama Vivari, dapat berfungsi secara otomatis atau di bawah kendali manual. Sistem Vivari ditempatkan di kendaraan komando dan dapat mengontrol 6 peluncur Smerch. Vivari digunakan untuk menghitung data balistik dan penargetan setiap peluncur.

Sementara sistem artileri BM-30 Smerch dipasang di atas chassis truk MZKT MAZ-543 8x8 buatan Rusia atau chassis truk Tatra 8x8 buatan Republik Ceko. Untuk chassis MAZ-543 bisa digeber sampai kecepatan maksimum 60 km/jam. Kendaraan tersebut dapat melintasi jalan miring 30° dan mengarungi parit sedalam 1 meter. Untuk jarak jelajah maksimalnya adalah 850 km.


Spoiler for Hujan Roket BM-30 di Wilayah Ukraina:





Referensi Tulisan: military-today.com & Army Recognition
Sumber Foto: sudah tertera di atas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rotten7070 dan 22 lainnya memberi reputasi
Truknya MAZ/MZKT turunan Rusia sama Belarusia...
Kendaraan spesial pengangkut rudal.

Mantep
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 9 lainnya memberi reputasi
profile picture
gonugraha76
kaskus maniac
@jlamp iya ya om, selalu terpilih jadi basis transporter heavy duty dari jaman USSR sampai Russia. Sayang pihak pabrikan tak mau ubah penampilannya jadi lebih modern layaknya truk heavy duty jaman sekarang.
profile picture
jlamp
kaskus maniac
@gonugraha76 tampangnya masih klasik... Serem
profile picture
@jlamp Selain KAMAZ ada juga URAL 6x6 modelnya juga klasik masih pakai moncong buat angkut MLRS dan logistik, dari tahun 1977 sampai di produksi sekarang gk ada perubahan masih pakai mesin V8-V6 ada juga ural kabin tepak mirip KAMAZ tapi jumlahnya gk sebanyak yg versi moncong
profile picture
gonugraha76
kaskus maniac
@evonext555 @jlamp lha ini masternya truk ... kalau di Indonesia truk Russia kayak ZiL terkenal badak materialnya tapi sekalinya aus susah cari penggantinya.
profile picture
@gonugraha76 @jlamp Di Indonesia ada juga truk Bermoncong Rakitan united tractor Dari Tahun 1970 an sampai 2012 gk ada perubahan cuman ganti warna Kabin dari kuning ke orange Dan upgrade mesin Dari RE8 NA 15.115cc ke RF8 NA 16.991cc bahkan turbo aja gk di kasih padahal di negara asalnya jepang RF 8 sudah twin turbo dan pakai ECU powernya RF 8 di TZA cuman mentok 340ps, sayang sekali ini truk harus di stop produksi bareng nissan UD Bigh Thumb mungkin karena alasan emisi, Torsi lumayan buas truk eropa masih kalah kuat sama si TZA untuk medan lumpur, model dan garis desainya mirip truk rusia, cuman 3 tipe yg dirakit di indonesia, TZA 520 KDN ( Dump ) TZA 520 PPN ( Trailer ) TZA 520 YHN ( Long chassis ) Suku cadang mesin Sama dengan Nissan UD Big Thumb cuma ini masih manual dan non Turbo
profile picture
gonugraha76
kaskus maniac
@evonext555 @jlamp Termasuk kelas heavy duty gak om ? sering liat dulu di Kalimantan, buat log tapi versi tronton panjang.
profile picture
@gonugraha76 @jlamp Masuk Heavy Duty karena sudah AWD 6x6 meskipun muatan kayu yg dibawa gk sebanyak Actros 4043 atau NG 3836 yg bisa bawa sampai 50 m3
profile picture
gonugraha76
kaskus maniac
@evonext555 @jlamp tinggi juga ya tonase Actross 4043, buatan German emang top. Itu pakai mesin V6 atau V8 om ? Kalau cari second Actross tronton susah gak om? Kisaran harga berapa ya ?
profile picture
@gonugraha76 @jlamp Di kalimantan banyak om kalo carinya di jawa ya gk ada cuman adanya tipe Tractor Head, ada 4 Tipe Actros Tronton Rigid yg dijual di indonesia 3331 6x4 V6, 3939 6x4 V8, 4043 6x6 V8, 4046 6x6 V8 sasis pendek semua, dan dari semua tipe itu yg paling banyak beredar cuma 4043, kalo harga gk tau saya harganya gelap om soalnya tipe ini dipakai di tambang gk ada plat nomornya cuma faktur saja
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 9 dari 9 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di