KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Secuil Kisah 51 Tahun Kehadiran Mitsubishi Fuso, Truk Tangguh Andalan Orang Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6078577f05c9ff12407c3b30/secuil-kisah-51-tahun-kehadiran-mitsubishi-fuso-truk-tangguh-andalan-orang-indonesia

Secuil Kisah 51 Tahun Kehadiran Mitsubishi Fuso, Truk Tangguh Andalan Orang Indonesia

Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar secuil kisah 51 tahun kehadiran Mitsubishi Fuso, truk tangguh andalan orang Indonesia.




Fuso. Yup, ketika mendengar nama ini, Gansis pasti akan teringat truk berwarna oranye dengan desain abadi. Memang, Mitsubishi Fuso sudah sangat terkenal di Tanah Air, karena sudah sangat umum ditemui di jalanan Indonesia.

Sebenarnya, Mitsubishi Fuso sudah hadir sejak tahun 1970 lalu. Dengan nama T 653 E, KTB mulai memasarkan truk medium duty satu ini, dengan desain yang sangat mirip mobil-mobil era 60an dan bermesin diesel 6 silinder 6DS70A bertenaga 135PS.




Selain digunakan sebagai truk, T 653 E juga sering digunakan sebagai bus antarkota pada saat itu. Kabin depan dilepas dan digantikan oleh kabin buatan karoseri. T 653 E menjadi andalan pengusaha-pengusaha dan perusahaan angkutan barang sewaktu itu. Bisa ditemukan dengan ciri kabin membulat dan berwarna biru telur asin ataupun warna coklat.

T 653 E berhasil terjual sekitar 2 hingga 10 ribu unit. Revolusioner karena menggunakan mesin diesel, sementara truk dan bus pada masa itu masih banyak yang menggunakan mesin bensin.




Memasuki era-era akhir tahun 70an tepatnya di tahun 1977, KTB merubah T 653 E. KTB mulai memperkenalkan Fuso FM 215F yang sering dijuluki "Fuso Goprak" atau "Fuso Doyok". Desainnya sebenarnya tak jauh berbeda dibanding T 653 E, tetapi ada beberapa bagian yang dirubah menjadi lebih modern seperti grill, dll. 

Untuk urusan mesin, FM 215F ditenagai mesin yang lebih bertenaga dengan kode 6D14-OA. Tenaga dari mesin 6D14-OA mencapai 160PS dan memiliki torsi yang lebih tinggi, sehingga FM 215F bisa melibas tanjakan dengan mudah, dan mampu memaksimalkan angkutan barang kelas 6 hingga 12 ton.




FM 215F tak bertahan lama. Pada tahun 1985, KTB memperkenalkan Fuso FM516 yang menggantikan FM 215F. Pada masa itu, desain FM516 sangat terlihat modern, sebab menggunakan lampu kota, jika dibandingkan dengan rival-rivalnya pada masa itu. 

Pembaharuan juga terlihat pada interior dan mesin. Kini, interior menjadi lebih modern berkat fitur-fitur baru dan pembaruannya. Speedometer mendapatkan pembaharuan juga, ditambahkannya tachometer (cmiiw lho ya).




Mesin juga mendapat pembaharuan, dimana Fuso FM516 menggunakan mesin 6D15 yang bertenaga 170hp dan bertorsi 450nm. Tenaga makin tinggi dan torsi juga makin meningkat, bisa memaksimalkan kemampuan baik di tanjakan maupun jalanan lurus.

Memasuki era 1990an, KTB menambah varian Fuso, dengan varian FM517H dan FN527, dengan opsi penggerak 6x4 atau 4x2. KTB juga mengganti mesinnya menjadi 6D16 turbo intercooler dengan torsi 637nm dan tenaga 220PS, tentu berkat penambahan turbo intercooler.




Disinilah dimulainya kejayaan Mitsubishi Fuso. Fuso memiliki keunggulan mudah dirawat, bandel dan tangguh sebab memiliki sistem mekanikal alias tak memiliki ECU, sehingga disukai oleh masyarakat dan supir-supir truk serta pengusaha di Tanah Air.

Di tahun 90an juga dimulainya pengimporan Mitsubishi Fuso The Great. Fuso The Great diimpor secara CBU, dengan berfokus di market heavy duty truck. Dengan mesin bertenaga sangat besar, The Great pun juga mulai laris di Indonesia.




Pada tahun 2000an, KTB mulai meluncurkan truk-truk baru, yakni Fuso FN527F Heavy Duty, disusul dengan Fuso FM517H3, FN517ML dan Fuso FN527M2L. Truk tersebut diluncurkan atas permintaan pasar Indonesia Gansis.

Tahun 2012 juga diluncurkan Fuso Super Great FV51JH Tractor Head, Fuso FN 627 6x4 dan Fuso FN 617 6x2 LWB untuk meramaikan pasar heavy duty truck. Dilanjutkan pada tahun 2014, ketika KTB meluncurkan Fuso Maru-P Long dan Super Long, dan FJ 2523 serta FJ 2528 yang merupakan paduan antara teknologi Mitsubishi dan teknologi dari Mercedes-Benz.




Fuso FI 1217 juga diluncurkan pada tahun 2015 secara impor dari India, dengan juga memadukan teknologi Mercedes-Benz dan Mitsubishi. Truk ini sangat unik karena merupakan perpaduan antara Fuso Fighter terbaru dan Mitsubishi Fuso Canter, jadi mengisi pasar diantara medium duty truck dan light duty truck. Tetapi sayang sekali, pasar Indonesia lebih membutuhkan Mitsubishi Fuso Canter, jadi Fuso FI 1217 sangat jarang terlihat di jalanan.

Dan, pada tahun 2019, akhirnya Mitsubishi Fuso Fighter terbaru diluncurkan. Dengan kabin yang jauh lebih modern, mesin yang lebih bertenaga, dan sistem yang semakin canggih, Fuso Fighter menjadi andalan Mitsubishi saat ini. Tetapi, Fuso versi lama masih tetap dijual secara luas hingga sekarang, sebab pasar Indonesia masih membutuhkan Fuso versi lama.




Kini, Mitsubishi Fuso sudah terjual sekitar 1,5 hingga 2 juta unit termasuk penjualan Colt Diesel. Memang, Fuso sangat digemari orang Indonesia. Sparepart gampang, mesin tangguh, dan masih memakai teknologi lawas, serta desain yang masih terlihat gagah bagi sebagian orang, bahkan hingga sekarang.

Fuso memang menjadi andalan orang Indonesia karena selain mesinnya tangguh, Fuso versi lama terkenal akan ketangguhannya ketika melewati jalan offroad. Truk ini memiliki ground clearance yang sangat tinggi, dan memiliki sistem mekanik yang artinya lebih aman ketika melewati banjir. 




Memang, Fuso seperti gambar diatas didesain pada tahun 1980an. Tetapi, entah kenapa desain itu masih disukai hingga saat ini. Masih digunakan hingga saat ini, baik dari eksterior maupun interior. Ane memang mengakui, desain Fuso ini sedikit ketinggalan zaman, tetapi tetap gagah untuk tahun 2021.

Fuso sekarang memiliki belasan hingga puluhan varian yang berbeda, untuk kegunaan yang berbeda. Itupun belum termasuk Fuso Canter yang memiliki belasan varian pula Gansis. Varian yang berbeda tentu dengan harga yang berbeda dan fitur yang juga berbeda.




Jadi, gimana pendapat Gansis seputar Mitsubishi Fuso? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: 1234
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan maupun menjatuhkan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Feraldi.Noval dan 37 lainnya memberi reputasi
Yang lain sudah ganti generasi Fuso Fighter ke generasi kedua di beberapa negara sekitar tahun 90an (1992).

Ternyata di indonesia juga ganti generasi sampai tahun ini (2022) setelah 20 tahun gak ganti model, karena aturan emisi euro 4 diesel, berarti seluruh varian dari Fuso Fighter generasi pertama atau fuso ganjoo resmi hentikan produksinya dan dilanjut ke generasi kedua yang berubah nama menjadi Fuso Fighter-X dengan mesin lama, tapi sudah lolos emisi euro 4

BTW, khusus Colt diesel yang legendaris mulai dari generasi ketiga hingga ketujuh, pada tahun ini berubah nama menjadi Canter (nama global) juga dapat mesin baru dari mercedes benz, yaitu 4V21
Diubah oleh feraldi2001
profile picture
Canter Versi indonesia dari tahun 2007 sampai sekarang sudah 15 tahun masih gitu gitu aja kabin dan interiornya padahal kompetitornya isuzu elf dan hino dutro udah facelift dan ganti interior heranya si canter masih laris manis padahal harganya termasuk lebih mahal dibanding kompetitornya dengan tipe sejenisemoticon-Cape d... Cuman di indonesia canter kabinya ketinggalan jaman padahal negara tetangga kabinya dah pada facelift dan ganti interior dari kapan taun
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di