KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pakai Sistem COD, Penjual Ini Menangis Karena Semua Produknya Dikembalikan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61efb61938123d1e4463f3f6/pakai-sistem-cod-penjual-ini-menangis-karena-semua-produknya-dikembalikan

Pakai Sistem COD, Penjual Ini Menangis Karena Semua Produknya Dikembalikan




Baru-baru ini ada video viral yang beredar di media sosial, terutama TikTok. Video itu menampilkan seorang wanita yang diketahui adalah penjual yang tengah menangis tersedu-sedu.

Video yang diunggah oleh akun TikTok @jstore.mlg ini menampilkan momen si penjual wanita yang tengah menangis sambil menundukkan kepala. Hal ini diketahio karena banyak paket dari hasil jualannya di online dengan sistem COD dikembalikan kepadanya.

Diduga pelanggannya tak ingin menerima atau membayar produknya dengan berbagai alasan. Ia pun menyampaikan pesan pada penontonnya jika berperilaku sebagai pelanggan.

“Kalau kalian nggak niat beli, nggak usah beli guys,” ucap wanita itu.

Bukan karena barang-barangnya tak ada yang jadi dibeli. Namun ia juga mengungkapkan bahwa ia mengalami kerugian karena modal packing barang yang ia habiskan.

“Kalian pikir ini aku enggak ngluarin modal apa? Packing-packing gini,” lanjutnya.

Sontak video ini menjadi viral dan telah ditonton sebanyak 4,4 juta kali. Bahkan video ini menuai berbagai komentar dari netizen dan banyak memberikan saran untuk mematikan sistem COD serta memberikan semangat untuk si penjual.

“Kasian sellernya rugi,” kata netizen.

“Semangat kak, pasti entar ada balasan yang lebih baik. Semangat kak.”

“Saran aku matiin sistem CODnya aja kak. Soalnya kalo COD resikonya gitu, belum lagi rugi dipacking. Semangat pejuang usaha,” kata netizen lainnya.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
Okutet dan 15 lainnya memberi reputasi
sebenernya tujuan dari cod itu apa? toh barangnya terbungkus dengan plastik hitam, mau ngecek tetep harus bayar dulu.

kan setau saya sekarang kalau barang hilang, barang tidak sampai bisa komplain bahkan sudah disediakan option garansi, saya sendiri sudah 2x kejadian dan selalu direfund.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hctr dan 7 lainnya memberi reputasi
profile picture
895tuy5yu
kaskus addict
menjaring pasar masarakat primitif yang masih berpikir: belanja disuruh bayar duluan nyampenya barang belakangan itu berarti penipuan
profile picture
vegashin_ryu
kaskus maniac
COD disini khusus masyarakat yg udik banget, yg g bisa bayar ke minimarket, g bisa transfer ATM, g bisa mbanking sama g punya e-wallet
profile picture
legitech
aktivis kaskus
cod biar bisa dilihat dulu, kalau cocok baru transaksi
kalau cuma foto bisa nipu, atau pakai filter

profile picture
gikogaza
kaskus geek
@legitech lah apaan dah itu emoticon-Hammer2





saya bicara
profile picture
legitech
aktivis kaskus
@gikogaza pura pura gak tau ahhhemoticon-Ngakak
profile picture
AnkaKalista
kaskus addict
sistem cod sekarang udah beda sama cod fjb kaskus jaman dulu. sekarang cuma metode pembayaran doang.
jadi kalopun ada cacat/ barang ga sesuai ya lewat prosedur juga, bukan langsung disuruh balikin sm kurirnya dengan cara ga mau bayar emoticon-Leh Uga
sebenarnya males komen sih tentang kegoblogan2 macam gini tapi demi postingan ya komen aja itung2 nambah postingan emoticon-Leh Uga
profile picture
@gikogaza @legitech salam hormat suhu emoticon-Imlekemoticon-Imlek
profile picture
setionolutfi
kaskus addict
smartphone, smart system but not smart people ...
profile picture
whizzman
kaskus addict
[MENTION]vegashin_ryu[/MENTION] tingkat ke udikan nya gimana gan hehehe, bisa belanja online di marketplace kan berarti punya smartphone, punya smartphone bisa download aplikasi marketplace, youtube, tiktod, instagaram dll tapi gak bisa sekedar bayar di minimarket dan ga paham peraturan belanja online. padahal dia bisa bikin konten di YouTube, tiktok, dll, kadang ane bingung sama orang kek gitu.
profile picture
PACIFIC2012
kaskus holic
@legitech pantes banyak banget yg kena semprot tuh kurir lah di coba dulu berarti udah bongkar tuh paket trus klo gk cocok gk di bayar tuh uangnya ke kurir

Gk gitu systemnya oneng
emoticon-Wkwkwk
profile picture
FreeZo
kaskus addict
tujuannya untuk menjaring market yang lebih luas...
gak semua daerah orang punya mobile banking, deket minimarket bahkan mungkin gak punya rekening bank...
masalahnya pasar kaya gitu kebanyakan minim literasi... emoticon-Bingung
profile picture
vegashin_ryu
kaskus maniac
@whizzman
Ane juga bingung mau pake istilah apalagi, soalnya bener kata agan bisa pake smartphone tapi g ngerti sistem pembayaran.
profile picture
Latvuska
kaskus maniac
@legitech mana bisa kalo cod di marketplace bisa liat barang dulu gan ??.... setau saya pihak ekpedisi minta dibayar dulu... kalo ternyata barang yg dikirim ga sesuai... tetep aja, komplainnya ke marketplace (misal shopee), kurir mah ga mau tau, paling cuma bisa bantu jadi saksi aja kalo barang yg diterima mmg yg dibuka itu.
profile picture
saint90s
kaskus addict
@whizzman mungkin maksudnya udik di sini bukan gak paham cara pake smartphone. orang pakai smartphone mungkin karena ya mayoritas yang dijual di pasaran udah model layar sentuh gitu.

udik di sini dalam artian tipe nggak percaya sistem pembayaran online. faktanya memang banyak yg begini. padahal sistem online ini bukan artinya harus punya kartu ATM atau internet banking. bisa juga bayar di minimarket terdekat, kasih duit tunai ke kasirnya.

tapi yang ditekankan adalah memang masih banyak masyarakat yang tidak percaya sistem pembayaran semacam ini - pembayaran sebelum terima barang. maka, muncullah sistem COD dari marketplace karena mereka tetap pengin menjaring pangsa pasar ini.
profile picture
whizzman
kaskus addict
@saint90s ooh iya bener gan ane baru inget, jaman jaman awal marketplace itu juga ane ga percaya dan sangat berhati hati beli barang dan masih kadang coba COD, khususnya barang mahal (misalnya HP/smartphone). Mirip belanja di kaskus FJB dulu, bedanya COD di kaskus kan langsung ketemu seller, kalo marketplace ketemunya sama kurir, itu yg pembeli COD kurang paham bahwa kurir cuma sebatas nganterin aja.

tapi makin kesini ane sering belanja online dan makin paham peraturan dan resikonya ya akhirnya cuek bodo amat lah, yang penting ane liat barang, cocok bayar. DIkirim santai juga gapapa selama masih masuk SLA. Awal awal dulu ane rese banget mau bel;i banyak nanya ke seller, sehari belum dikirim komplain/ngejar seller takut nipu hehehe
profile picture
gikogaza
kaskus geek
@whizzmanudah cod ga sabaran ,banyak nanya
Terus tiap jam nanya kapan dikirim
Padahal udah jam 9 malam

Paling emoticon-Tai:


Dikira kurir penjemput kerja sampe jam 12 malam jemputin paket dan berulang2 dlm sehari emoticon-Ngakak
profile picture
whizzman
kaskus addict
@gikogaza wkwkwkwk iya gan jaman dulu ane begitu, bahkan kalo tau rumahnya bakalan ane samperin tuh. Tapi sekarang masa bodo, kalo barang ga urgent/penting ya udah kalo si seller ga kirim ya rating dia jelek atau tinggal kasih bad review. Kecuali barang urgent ya ordernya via instant/sameday kurir lah.

Orang sekarang makin aneh aja udah pake gratis ongkir nuntutnya sehari sampe emoticon-Big Grin
profile picture
@legitech salam sungkem subes mc emoticon-Nyepi emoticon-Leh Uga
profile picture
Menjaring orang ''trust issue'' biar pada yakin, dan mau beli barang, soalna tetangga ane gtu, COD mulu, sekalinya nitip beli ke ane di toko ijo kan non cod, tiap menit nanya mulu paket udah dimana, ko belum sampe, aman gak, di tipu gak.
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 28 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di