KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pidato Lawas Anies: Sebelum Indonesia Ada, Keturunan Arab Sudah Deklarasi Tanah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e923707b5b0f3ad933c14d/pidato-lawas-anies-sebelum-indonesia-ada-keturunan-arab-sudah-deklarasi-tanah

Pidato Lawas Anies: Sebelum Indonesia Ada, Keturunan Arab Sudah Deklarasi Tanah

Pidato Lawas Anies: Sebelum Indonesia Ada, Keturunan Arab Sudah Deklarasi Tanah Airnya Indonesia

Terkini.id, Jakarta – Sebuah video yang memperlihatkan pidato lawas Anies Baswedan menyebut keturunan Arab sudah mendeklarasikan Tanah Air mereka Indonesia sebelum Indonesia ada, viral di media sosial.

Video pidato lawas Anies Baswedan soal deklarasi keturunan Arab di Indonesia itu viral usai diunggah pengguna Twitter _AnakKolong, seperti dilihat pada Kamis 20 Januari 2022.

Dalam narasi cuitannya, netizen itu menyinggung kembali sebuah buku yang menyebut Tan Malaka merupakan konseptor pertama negara Republik Indonesia.


“AGAR TAK LUPA | “Naar de Republiek Indonesia”- karya yg mengukuhkan peran Tan Malaka sebagai konseptor pertama negara Republik Indonesia. Buku ini terbit th.1925 atau 3 th. sebelum Sumpah Pemuda 1928. WNI Keturunan Arab dalamm video ini : Jangankan dia bicara, diamnya pun dusta,” cuit netizen _AnakKolong.


Dilihat dari video itu, tampak Anies Baswedan tengah menyampaikan pidato di depan Habib Rizieq Shihab (HRS) dan sejumlah jamaah.

Ia pun lantas menceritakan bahwa dulunya orang tuanya adalah pendiri Partai Arab Indonesia atau PAI. Partai itu telah mendeklarasikan tanah air mereka adalah Indonesia.

“Kami tuh dulu orang tua kita pendiri PAI, Partai Arab Indonesia. Partai itu mendeklarasikan, satu Tanah Airnya Indonesia,” ungkap Anies Baswedan.

Menurut Anies, orang-orang keturunan Arab di partai tersebut pada tahun 1934 sudah mendeklarasikan bahwa tanah air mereka adalah Indonesia sementara saat itu Indonesia belum berdiri.

“Bapak-bapak sekalian, orang Arab mengatakan tanah airnya Indonesia tahun 34. Tahun 34 (mereka) nekat. Apa Indonesia sudah ada? Belum,” tuturnya.

Menurutnya, pernyataan deklarasi orang-orang keturunan Arab di PAI itu adalah hal yang nekat lantaran jika Indonesia tidak berdiri mereka pastinya akan menanggung risiko.

“Kalau orang Jawa mengatakan saya Indonesia, ternyata Indonesia tidak terjadi dia tetap Jawa. Nah ini orang Arab mengatakan saya Indonesia barangnya belum ada. Kalau Indonesia gak jadi, mau mengaku orang Jawa gak bisa, mau mengaku Arab ente sudah bilang Indonesia. Cari aja sana Indonesia di mana,” kata Anies.

Anies Baswedan pun dalam pidato lawasnya itu kembali menegaskan bahwa orang-orang keturunan Arab sudah bersumpah kepada Tanah Air sebelum Indonesia ada.

“Mereka itu menyatakan sumpah pada tanah air Indonesia sebelum Indonesianya ada,” ujarnya.


https://makassar.terkini.id/pidato-l...nya-indonesia/

Abud...abudemoticon-Leh Uga
Quote:


emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RyoEdogawa dan 39 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh samsol...
Walau gua gasuka kinerjanya
Tapi dia bener kok, kan sebelum indo ada

Bahkan portugis aja udah duluan ada
Mundurin lagi dinosaurus juga udah ada duluan

Ebong ama kampret emamg bodoh dua duanya emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 4 lainnya memberi reputasi
Memuat data ...
profile picture
apiijo
kaskus maniac
@pongko iya itu ane baca, masih wajar2 saja itu gan. masih bisa ditoleransi,
profile picture
apiijo
kaskus maniac
@fandicamel framing apa itu ga jelas.

ambil kesimpulan kok dari foto?

Itu yang di sebelah kanan pak Anies juga bisa diframing lho kalau mau, tinggal tullis dan sebar di medsos:

Tolong tegap dan percaya diri jangan lihat ke bawah melulu. Jangan bikin malu.

15 tahun lalu framing seperti ini masih bisa nipu orang, sekarang mana bisa lagi. Udah banyak yang bongkar cara kerja framing ini.

netizen sudah makin cerdas.

cari kesalahan yang jelas lah. yang pintar dikit lah.
profile picture
pongko
kaskus addict
@apiijo klo bgt wajar juga klo agan kagum kepada anies
profile picture
fandicamel
kaskus addict
@apiijo

loh ente baru keluar dari goa drun ?

RMOL itu sumber berita paling sahih bagi kaum lu drun.

https://nusantara.rmol.id/read/2018/04/27/337399/mematung-menunggu-erdogan-anies-tidak-bisa-menjaga-wibawa-jakarta

tinggal klik drun. emoticon-Sundul Up
profile picture
apiijo
kaskus maniac
@pongko ane lihat ybs ini kerjanya bagus tapi ya ane ga fanatik juga gan tetap objektif.

dan yang ane nilai bagus itu bukan ybs saja. banyak lagi, misal pak ignatius jonan, ybs itu luar biasa menurut ane.
profile picture
TS samsol...
kaskus geek
@apiijo ngeles aja mulu ente...emoticon-Leh Uga
profile picture
bendera.hitam
kaskus addict
Ai anggap selesai emoticon-Nyepi

Kalau sudah cinta,tai rasa coklat emoticon-Angkat Beer
profile picture
apiijo
kaskus maniac
@samsol... ingat sol cari kerja yang berkah...

ane barusan lihat ibu-ibu jual bawang, bawa pake motor, salut ane sol, kerja berat untungnya ga seberapa..

tapi ane yakin anaknya bangga meskipun ibunya ga bawa uang banyak.

kerja halal supaya hidup berkah dan bahagia...
profile picture
TS samsol...
kaskus geek
@apiijo kagak usah pikirin hidup org lain...emoticon-Cool

Kita lagi bahas soal narasi abud..

Kagak usah ngelesemoticon-Big Grin
profile picture
apiijo
kaskus maniac
@samsol... apaan bahas narasi sama ente.. reading comrehensionya bermasalah.

tulisan yang seharusnya anak SMP ngerti aja ente ga paham emoticon-Big Grin
profile picture
.barbarian.
aktivis kaskus
@i.am.legend.

Quote:


Ente udah baca belum komen ane soal fahmi alkatiri? Ane sudah chatingan sama teman SMA ente itu. Ane mau jelasin beberapa hal ke ente disini soal ketikan dia berdasarkan tafsiran ane pribadi.

Soal dia yg notabene orang keturunan arab yg ente anggap salah satu orang yg bicara seenaknya. Terkait komen dia yg viral itu. (Karna ane ikut komen disana pada waktu itu dan ane gak tau itu adalah teman ente di kala SMA..)

1.

Dia komen baik baik aja, kemudian ada cokin komen disana berkata kepada si fahmi.. "jaga perilaku dan mulut.. kami pasti akan hargai siapapun terbukti sebagai tamu ratusan tahun sdh tinggal di tanah kita aman2 saja"

Ane repeat ya komen si cokin tsb kepada si fahmi alkatiri.. "sebagai tamu ratusan tahun sdh tinggal di tanah kita aman2 saja"

Tamu?? Cokin itu warga pendatang di NKRI dari negara asalnya,, yg dulu negara asalnya sendiri itu mengalami kemiskinan dan kena dampak perang dunia kedua dan seluruh dunia lagi krisis ekonomi saat itu. makanya banyak cokin jadi imigran di NKRI.

Bisa bisa nya itu cokin bilang "TAMU" ke orang lain? Dia merasa pemilik rumahnya di NKRI begitu?? Sampe bilang orang lain "TAMU"??

Jelas aja si fahmi teman ente itu gak terima dan lantas dia berkomentar..



Kata kata si fahmi soal "kami yg ajari kalian berpakaian bla bla bla" itu ada benar nya kalimat dia itu juga KALO ente paham sejarah. Kalo gak paham jelas tersinggung. Itu lah kenapa orang dungu seperti kalian banyak bicara dan merasa dirinya selalu benar.

Kalimat dia soal "kami yg ajarkan kalian berpakaian" dalam kalimat dia itu bisa bermakna dua hal :
1. Kami dalam artian dia sebagai keturunan orang arab.
2. Kami dalam artian dia sebagai orang muslim.

Karna fakta sejarah nya berkata..
Nabi idris adalah manusia pertama yg membuat pakaian.

Nabi idris itu kan keturunan nabi adam. Dan Nabi idris keturunan dari bangsa arab yg udah jelas juga bahwa Nabi idris adalah muslim. Konteks statusnya kan sama seperti si fahmi alkatiri. Sama sama keturunan bangsa arab dan juga muslim.






Maka gak ada yg salah kalo dia berkata demikian pada saat itu.. karna fakta sejarahnya begitu. Toh dia nya juga lagi warcot sama cokin di twitter. Orang kalo warcot kata kata isi kebun binatang juga pasti bisa keluar. Masa harus di jelasin..!!!

Kalo orang dungu macam ente ya mana paham. Cuma usia ente aja yg tua tapi kapasitas otaknya terbatas..!!!!! Masa harus ane yg muda yg jelasin hal macam begini ke ente???

Jadi menurut ente cokin lebih berhak gitu berkomentar ke orang lain bilang kalo orang lain itu hanyalah "tamu"???

Mikir tua bangkaaa....!!!

Ngehujat orang keturunan arab kan karna faktor ente dan kalian disini sentimen dengan mereka bukan karna faktor ente dan kalian itu kritis.

Obat qusthul hindi pemberian dari fahmi ente telan masuk ke dalam darah ente tapi ente ghibahin itu orang disini. Dasar kaum munafikun..!!!
profile picture
TS samsol...
kaskus geek
@.barbarian. mau cokin mau arab sama aja....kalian semua pendatang...ini tanah orang melayu emoticon-Cool

Otak lu kayanya perlu di service...

Mau dia dalam status apa ngapain menghina2 seluruh orang di Indonesia.
Kalo kagak kami, kita masih apalah.

Yg merubah kami Tuhan yg memberikan akal kepada manusia.
Bukan manusia sok bergaya Tuhan.

Salah yaa katakan salah ...

Jgn salah di bilang benar...

Ente ini dungu sekali pola pikirnya.

Si cokin salah yaa salah ...

Si fahmi salah yaa salah...

Kagak ada yg benar ngapain di benar2in dgn postingan ente yg ngalor ngidul segala bawa nabi Idris.

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile picture
.barbarian.
aktivis kaskus
@samsol...

Maka setiap orang yg ada di tanah air ini berhak berkomentar.

Sentimen ke cokin gak boleh tapi sentimen ke arab kok wajib hukum nya???

TANYA KENAPA

Tidak lain adalah karna kalah pilkada.

Efek jangka panjang itu nyata adanya. Terbukti dari pendukung nya yg gagal move on kalah pilkada dan juga bibit bibit penista agama sedang bertebaran dimana mana saling berbalas pantun dan kabur keluar negeri.

Toh ente bukan warga dki.. Apa namanya kalo bukan sentimen??
profile picture
.barbarian.
aktivis kaskus
@samsol...
Setidak nya nama kakek nya si anies masuk dalam sejarah..


https://id.m.wikipedia.org/wiki/Arab-Indonesia



Kalo nama kakek ente kan gak ada satupun yg tau sifatnya ghaib dan misteri.
Memuat data ...
61 - 74 dari 74 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di