KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pidato Lawas Anies: Sebelum Indonesia Ada, Keturunan Arab Sudah Deklarasi Tanah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e923707b5b0f3ad933c14d/pidato-lawas-anies-sebelum-indonesia-ada-keturunan-arab-sudah-deklarasi-tanah

Pidato Lawas Anies: Sebelum Indonesia Ada, Keturunan Arab Sudah Deklarasi Tanah

Pidato Lawas Anies: Sebelum Indonesia Ada, Keturunan Arab Sudah Deklarasi Tanah Airnya Indonesia

Terkini.id, Jakarta – Sebuah video yang memperlihatkan pidato lawas Anies Baswedan menyebut keturunan Arab sudah mendeklarasikan Tanah Air mereka Indonesia sebelum Indonesia ada, viral di media sosial.

Video pidato lawas Anies Baswedan soal deklarasi keturunan Arab di Indonesia itu viral usai diunggah pengguna Twitter _AnakKolong, seperti dilihat pada Kamis 20 Januari 2022.

Dalam narasi cuitannya, netizen itu menyinggung kembali sebuah buku yang menyebut Tan Malaka merupakan konseptor pertama negara Republik Indonesia.


“AGAR TAK LUPA | “Naar de Republiek Indonesia”- karya yg mengukuhkan peran Tan Malaka sebagai konseptor pertama negara Republik Indonesia. Buku ini terbit th.1925 atau 3 th. sebelum Sumpah Pemuda 1928. WNI Keturunan Arab dalamm video ini : Jangankan dia bicara, diamnya pun dusta,” cuit netizen _AnakKolong.


Dilihat dari video itu, tampak Anies Baswedan tengah menyampaikan pidato di depan Habib Rizieq Shihab (HRS) dan sejumlah jamaah.

Ia pun lantas menceritakan bahwa dulunya orang tuanya adalah pendiri Partai Arab Indonesia atau PAI. Partai itu telah mendeklarasikan tanah air mereka adalah Indonesia.

“Kami tuh dulu orang tua kita pendiri PAI, Partai Arab Indonesia. Partai itu mendeklarasikan, satu Tanah Airnya Indonesia,” ungkap Anies Baswedan.

Menurut Anies, orang-orang keturunan Arab di partai tersebut pada tahun 1934 sudah mendeklarasikan bahwa tanah air mereka adalah Indonesia sementara saat itu Indonesia belum berdiri.

“Bapak-bapak sekalian, orang Arab mengatakan tanah airnya Indonesia tahun 34. Tahun 34 (mereka) nekat. Apa Indonesia sudah ada? Belum,” tuturnya.

Menurutnya, pernyataan deklarasi orang-orang keturunan Arab di PAI itu adalah hal yang nekat lantaran jika Indonesia tidak berdiri mereka pastinya akan menanggung risiko.

“Kalau orang Jawa mengatakan saya Indonesia, ternyata Indonesia tidak terjadi dia tetap Jawa. Nah ini orang Arab mengatakan saya Indonesia barangnya belum ada. Kalau Indonesia gak jadi, mau mengaku orang Jawa gak bisa, mau mengaku Arab ente sudah bilang Indonesia. Cari aja sana Indonesia di mana,” kata Anies.

Anies Baswedan pun dalam pidato lawasnya itu kembali menegaskan bahwa orang-orang keturunan Arab sudah bersumpah kepada Tanah Air sebelum Indonesia ada.

“Mereka itu menyatakan sumpah pada tanah air Indonesia sebelum Indonesianya ada,” ujarnya.


https://makassar.terkini.id/pidato-l...nya-indonesia/

Abud...abudemoticon-Leh Uga
Quote:


emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RyoEdogawa dan 39 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh samsol...
Walau gua gasuka kinerjanya
Tapi dia bener kok, kan sebelum indo ada

Bahkan portugis aja udah duluan ada
Mundurin lagi dinosaurus juga udah ada duluan

Ebong ama kampret emamg bodoh dua duanya emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 4 lainnya memberi reputasi
Memuat data ...
profile picture
@samsol... gaberner modal SARA emoticon-Nohope

sumpah pemuda padahal lebih dulu ada, lebih terasa nasionalisme nya karena anggotanya terdiri dari berbagai utusan suku dan agama, bahkan lagu indonesia raya yang merupakan lagu resmi kebangsaan juga pertama kali dimainkan di khalayak umum saat kongres sumpah pemuda
profile picture
TS samsol...
kaskus geek
@grenademan24 opurtunis bre...

Di kalangan turunan arab memuja arab..

Di kalangan jawa memuja jawa...

Di balut kata2 seolah2 ini bernilai akademik emoticon-Leh Uga
profile picture
@apiijo

Sejak awal ente sendiri bicara atas nama fantasi dan prasangka ente. Cuma beda status aja. Ente pro. yang lain kontra.

Anies bilang, "Indonesia belum ada."

Karena ente pro, maka ente membenarkan perkataan Anies dengan narasi bahwa yang dimaksud Anies adalah negara Indonesia. Itu persepsi ente. Klaim sepihak. Sama aja dengan ane yang kontra atau yang lainnya yang kontra.

bagi yang lain, Anies menafikan keberadaan Indonesia sebagai sebuah bangsa. Kenapa? karena sebuah bangsa belum tentu punya negara. Jadi seolah-olah, Anies ini merasa bahwa kelompoknyalah yang berperan besar membentuk Indonesia yang katanya tahun 1934 belum ada.

Paham sampai sini?


profile picture
pongko
kaskus addict
@apiijo @bendera.hitam @samsol... ane malah salfok dgn org yg disamping anies .. sangat terkagum-kagum dia emoticon-Ngakak
profile picture
@grenademan24 @samsol...

Dia bisa jadi apa aja, siapa aja. Mirip bunglon!
Akan tetapi dari pidatonya didepan petinggi2 eks Ormas terlarang itu, dia jelas membanggakan keturunannya yang seolah punya nilai lebih! Ini gak terbantahkan.
profile picture
@apiijo @bendera.hitam @samsol... @pongko karena semua pengagumnya orang bego. Kagum dengan kata2 njelimet. makin njelimet, makin indah kata2nya, makin kagum penggemarnya.
profile picture
pongko
kaskus addict
@apiijo @i.am.legend. sumpah pemuda 1928 pun tidak dianggap gan .. pokoknya hanya org arab yg duluan bersumpah bertanah air indonesia
profile picture
@apiijo @pongko

Enak ya.
Datang berbondong-bondong ke Indonesia, langsung auto tanah air. Auto pribumi.
profile picture
pongko
kaskus addict
@apiijo @i.am.legend. sayangnya generasi tiktok susah menyerap pelajaran sejarah disekolah gan .. ini muncul lagi si jindan dengan sejarah versi arab
profile picture
@apiijo @pongko

Menghilangkan sejarah lagu kebangsaan Indonesia Raya dan WR Soepratman.
profile picture
pongko
kaskus addict
@apiijo @i.am.legend. bisa dibilang sudah tsm kah gan ?
profile picture
bendera.hitam
kaskus addict
@i.am.legend. @samsol... @pongko

emoticon-Ngakak

Puji2annya sangat vulgar sekali emoticon-Ngakak (S)

Pemimpin besar !! emoticon-Ngakak (S)

Quote:


Bangsat!!! emoticon-Ngakak
profile picture
apiijo
kaskus maniac
@i.am.legend.

"Datang berbondong-bondong ke Indonesia, langsung auto tanah air. Auto pribumi."

Maaf nih, argumen macam apa ini?
profile picture
apiijo
kaskus maniac
@bendera.hitam
Pak Ahok aja ngakui kok, Anies itu retorikanya luar biasa.

Ente tonton ulang deh debat gubernur DKI dulu.

Atau ente tonton video2 ybs di Youtube, saat ngomong masalah ekonomi dunia (pewancaranya wartawan asing), atau tonton video ybs wawancara dengan pak Jayasuprana.

Kalau masih belum yakin coba ente tonton video ybs bicara dengan sekjen PBB, pak Anto kalau ga salah namanya. 2 menit proposal C40 yang diwakilinya langsung diapproved gan.

Itu ex-walkot Toronto, pak Dapit, sampe geleng-geleng kepala. Cuma 2 menit sekjen PBB udah manut gimana kalau 4 menit, begitu ujarnya gan.

Ane sih obejktip aja gan, kalau memang bagus ya kita harus akui bagus.

Masih ada beberapa lagi sih yang menurut ane bagus, misalnya pak Ignatius Jonan. Itu juga luar biasa. Kereta Api yang sembraut berpuluh tahun bisa dibenahi. Dua jempol buat ybs.
profile picture
pongko
kaskus addict
@bendera.hitam @apiijo
Quote:


jadi menurut agan pernyataan si anies ini berikut ini masih wajar ?
Quote:
profile picture
TS samsol...
kaskus geek
@pongko itu wawasan kebangsaan gan...emoticon-Big Grin


Anak smp aja tau...bukan begitu agan @apiijo


emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile picture
apiijo
kaskus maniac
@pongko ybs bercerita tentang kakek-nenek mereka yang ambil resiko memilih menjadi bangsa Indonesia.

ybs bangga dengan kenekatan kakek neneknya,

bangga yang wajar menurut ane gan. biasa-biasa saja.

btw, bukan sembarangan lho bersumpah menjadi bangsa lain itu. itu artinya kita melepaskan identitas kita.

bisa dipandang miring saudara2nya di tanah leluhur (lihat saja WNI2 yang pindah kewarganegaran, meskipun itu pilihan pribadi tapi kita sebagai rakyat Indonesia ada rasa kurang suka)

beresiko nationless juga kalau dulu Indonesia gagal terwujud.

mau pulang ke timur tengah bisa ga diterima karena sudah mengaku bangsa lain.

ane rasa demikian ya.
profile picture
apiijo
kaskus maniac
@samsol...
cari kerja yang benar dan halal sol...

biar hidup berkah...

tidur enak, anak-anak juga makan makanan yang berkah..

gpp hidup sederhana yang penting ga merugikan orang lain...

setuju ya sol
profile picture
pongko
kaskus addict
@apiijo yg ane bold tidak terbaca ya
profile picture
fandicamel
kaskus addict
@bendera.hitam @apiijo

Quote:


itu2 aja yang lu ungkit drun.....

coba si walkot toronto lu kasih berita ini drun




pasti gw jamin belio akan ngakak so hard. emoticon-Wakaka
Memuat data ...
41 - 60 dari 74 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di