KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Jarang Orang Tahu, Kalau Nusantara Itu Pernah Di Jajah Prancis!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e6dc825397c84bed32a557/jarang-orang-tahu-kalau-nusantara-itu-pernah-di-jajah-prancis

Jarang Orang Tahu, Kalau Nusantara Itu Pernah Di Jajah Prancis!





Quote:


Pada zaman dahulu kala, ketika Belanda ikut menjadi penganut Protestan ini menjadi masalah besar, karena Spanyol merupakan penganut katolik yang taat. Disini terjadilah dialog yang membuat kedua negara ini saling bersitegang.



Quote:




Maka akibat perseteruan Spanyol dengan Belanda itu, dikenal sebagai Perang Delapan Puluh Tahun. Bisa disebut perang ini tidak seimbang, karena Spanyol sudah banyak makan asam garam kalau masalah perang, prajurit merekapun sudah terlatih.

Sedangkan Belanda, negaranya kecil penduduknya sedikit dan mereka awalnya adalah bagian dari wilayah provinsi Spanyol. Jadi disini pihak Belanda yang kalah total dengan pasukan Spanyol.

Disinilah kemudian orang freemason datang, dan menghadap ke pemerintahan Belanda.



Quote:


Maka didirikanlah VOC 20 Maret 1602, yang dipimpin Heeren Zeventien atau 17 Tuan kamar dagang yang dilebur jadi satu yang disokong oleh Freemason.



Setelah perang terus menerus oleh Spanyol maka terjadilah perjanjian damai, yaitu perjanjian munster. Sayangnya keberhasilan VOC menyokong Belanda membuat mereka ketergantungan, mereka terlalu memanjakan VOC dan tidak mengontrol apapun yang dilakukan VOC.

Nah, VOC sendiri tidak berhasil mendisiplinkan pegawainya terutama di pusat perdagangan di wilayah Jawa. Mereka melihat kerajaan di masa itu feodalnya cukup ekstreem, biar tak salah bicara biar ane kutip saja pernyataan dari para ahli.

Quote:




Jadi kalau ada yang bicara tanah ini tanah Dewa, dan semua yang ada diatasnya adalah milik Raja sebagai titisan Dewa, maka rakyat tak bisa berbuat apa-apa. Jadi kalau ada yang di inginkan Raja ketika sedang jalan, otomatis diangkut ke Istana termasuk cewek cantik, kuda bahenol, sapi handsome dan lainnya gak perduli itu milik siapa yang penting dibawa pulang.

Inilah yang membuat iri VOC, udah kerja mati-matian untungnya dibagi dua dengan Belanda. Sedangkan pejabat kerajaan nusantara, kerjanya santai bisa banyak uang dan kaya raya. Maka disinilah VOC terjerat oleh praktek korupsi, yang awalnya dikit lama-lama jadi bukit. Dan VOC pun mengalami masa yang sulit karena korupsi lebih besar daripada keuntungan.



Di Eropa sendiri, pada Desember 1794 hingga Januari 1795, ketika itu Perancis menyerbu Belanda. Bingung kenapa Prancis bisa menjajah Belanda?

Jadi begini, Inggris dan Prancis itu memang selalu senggolan bahkan ada juga yang dinamakan perang seratus tahun. Dimulai pada 1337 dan berakhir dengan kemenangan Inggris pada tahun 1453. Otomatis dengan banyak perseteruan kedua negara ini keuangannya kolaps, lalu mereka menaikkan pajak kepada rakyat dan juga koloninya.

Inggris menaikkan pajak di Amerika, tentu saja Amerika tidak mau dan memberontak kepada Inggris. Begitu juga dengan Prancis dimana rakyat marah karena selain sedang krisis keuangan, permaisuri Prancis Marie Antoinette istri Raja Louis XVI ini boros, rakyat pun jengah maka terjadilah Revolusi Prancis 1789.





Revolusi itu menyebabkan Marie Antoinette dan suaminya di penggal dihadapan publik Prancis, disini orang eropa pada waktu itu menjadi panik ternyata Raja bisa digulingkan oleh Rakyat.

Prancis menjadi inspirasi rakyat eropa untuk memberontak terhadap rajanya, disini Prancis dikepung oleh Raja-Raja eropa lainnya. Namun muncullah Napoleon Bonaparte yang berhasil mengalahkan mereka dan menjadikannya kunci utama dari revolusi Prancis, bahkan hingga negara-negara itupun ditaklukkan begitu juga dengan Belanda pada tahun 1795.



Disini perubahan besar terjadi dimana pada tahun 1796, De Heeren XVII yang mengatur operasi VOC di nusantara dibubarkan. De Heeren XVII digantikan dengan komite baru. Tak lama, pada 1 Januari 1800, VOC juga dibubarkan. Karena freemason dianggap hanya cukong yang cari untung.



Kemudian Napoleon Bonaparte mengangkat adiknya, Louis Napoleon sebagai Raja di Belanda pada tahun 1806. Saat itulah akhirnya Belanda dijajah Prancis, sedangkan Raja Belanda saat itu kabur ke Inggris.

Maka secara otomatis Prancis juga menguasai sebagian Nusantara dengan dikirimnya Marsekal Herman Willem Daendels ke Batavia. Yang berkuasa dari tahun 1808-1811, menjadi Gubernur Jenderal Hindia Belanda.



Hasilnya adalah jalan Anyer-Panarukan, membangun kota Bandung hingga ada julukan Paris Van Java. Maka dari dongeng ini bisa dikatakan Prancis menjajah Nusantara menggantikan peran Belanda walau hanya 3 tahun saja.

Demikian cerita dongeng ini, entah mau percaya atau tidak semoga terhibur.

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2022
referensi : klik, klik, klik, klik, klik, klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star














profile-picture
profile-picture
profile-picture
dendos03 dan 38 lainnya memberi reputasi
emang ada tertulis di sejarah ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
profile picture
TS c4punk1950... 
KASKUS Plus
Memurut legenda sih ada...emoticon-Hammer2
profile picture
ane tau kalo prancis pernah jajah indo, dari buku LKS dulu.
cuma tahun berapanya ane lupa 😂
profile picture
primaz
Auto Banned
Belanda kaga kalah mengenaskan dari Indonesia. Pernah dijajah 3 negara juga. Spanyol, Prancis & Jerman.

emoticon-Ngakak
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 3 dari 3 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di