KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Ternyata Begini, Cara Kita Menjadi Saksi Kejadian Laka yang Tepat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e762ce33329715a51a5bb6/ternyata-begini-cara-kita-menjadi-saksi-kejadian-laka-yang-tepat

Ternyata Begini, Cara Kita Menjadi Saksi Kejadian Laka yang Tepat



[ HT# 917 ]

Kita tidak pernah tahu apa yang akan kita atau orang lain alami ketika berada di jalan raya. Kondisi jalan yang ramai atau sepi kita sebagai sesama pengguna jalan tetap harus waspada, karena kita yang sudah taat dan hati-hati di jalan belum tentu orang lain seperti kita.

Misalkan terjadi sebuah laka atau kecelakaan lalulintas dan kita berada di kejadian (tkp), menyaksikan sendiri awal kejadian sampai salah satu 'pelaku' kabur melarikan diri, tentu kita sebagai manusia yang memiliki hati nurani dan belas kasihan wajib menolong korban dan segera mencari bantuan warga sekitar atau ke nomor telepon darurat.

Menolong pun ada caranya, tidak asal tolong karena jika tidak tahu prosedurnya bisa-bisa keadaan korban malah semakin parah. Sebagai orang yang terdekat dari korban kita tidak boleh gegabah, harus tenang tapi juga tetap waspada.

Kalau saya lihat dari kejadian-kejadian film luar negeri dan potongan berita tentang bagaimana bersikap ketika tiba-tiba kita 'ditakdirkan' menjadi saksi disebuah tempat dalam waktu singkat maka beberapa hal ini bisa menjadi catatan penting agar kita bisa menceritakan dengan benar dan jelas kronologi serta ciri-ciri orang yang terlibat terutama pelaku tabrak lari.


PERTAMA

Langkah pertama kita harus cepat bereaksi dengan berusaha fokus mengenali perilaku, perawakan, dan pakaian yang dikenakan oleh pelaku tabrak lari.


Dengan sekilas mengenali ciri-cirinya setidaknya petugas olah TKP akan mendapat gambaran umum apakah pelaku pria atau wanita pekerja, kisaran usia, orang biasa, atau kelompok tertentu.


KEDUA

Ingatlah dengan baik identitas kendaraan pelaku dari jenis kendaraan (bagus kalau tahu merek dan tipe kendaraannya), warna standarnya atau modifan, adakah tanda khas seperti suara knalpotnya, tambahan aksesorisnya, model stiker atau warna atau corak khas tambahan yang berhasil dilihat.


Dengan mengenali tanda atau cirikhas spesifik ini tentu akan lebih mudah petugas olah TKP mengidentifikasi jenis jendaraan, gaya berkendara pelaku tabrak lari.


KETIGA

Mengingat plat nomor kendaraan. Ya, ini yang paling mudah untuk mengidentifikasi pelaku tabrak lari atau pelaku kejahatan. Meski terkadang plat nomor ada yang palsu, tidak terlihat jelas atau malah tidak ada tetapi jika memang jelas ada maka nanti petugas akan lebih mudah mengidentifikasi jenis kendaraan dan mungkin tahu siapa pelakunya.





KEEMPAT

Tidak selalu pelaku tabrak lari langsung kabur begitu saja. Kadang masih ada yang mencoba menolong korban tapi tiba-tiba berubah fikiran karena mungkin takut dikeroyok massa atau dapat tuntutan diluar kemampuannya.


Ketika terjadi kontak komunikasi cobalah ingat-ingat gaya bicara atau logat pelaku saat berbicara. Gaya bicara, jenis suara, dan aksen pelaku juga bisa jadi kunci petugas mendapatkan satu petunjuk lagi dilapangan.


KELIMA

Meski terlihat sepele, langsung lihat jam saat setelah kejadian bisa menjadi petunjuk lagi siapa pelaku tabrak lari yang dimaksudkan. Informasi pendukung bisa dengan keadaan kondisi jalan, pencahayaan tkp saat itu.


Ternyata mengetahui jam kejadian bisa mencocokan dengan kamera cctv setempat tentang ciri pelaku dan kendaraan dari kasus sebelum dan setelah kejadian. Maka jangan sepelekan melihat jam kejadiannya, ya.


KEENAM

Ingatlah dengan baik kejadian sesuai apa yg dilihat saja, bukan hasil dari opini pribadi apalagi kasusnya malah ditambahi agar terlihat semakin dramatis tapi tidak sesuai fakta.


Ceritakan apa yang kamu tahu saja, ini akan membantu mencegah salah persepsi, salah duga, salah tangkap, mana yang salah mana yang benar. Petugas dilapangan nanti akan merekontruksi ulang berdasarkan pengetahuan, kondisi, dan situasi di kejadian.


KETUJUH

Amankan bukti tapi biarkan berada di tempat dan jangan disentuh sedikitpun adalah cara antisipasi dan untuk mencegah atau menghilangkan alat bukti yang ada.


Banyak yang tidak sadar oleh saksi mata atau masyarakat mencoba menolong tapi malah mengaburkan bukti karena sudah tidak 'steril' lagi akibat campur tangan seseorang. Jikapun posisi bukti mengganggu aktifitas atau membahayakan orang lain sebaiknya pindahkan dengan kaki atau sarung tangan tidak jauh dari tkp.


KEDELAPAN

Baru mendokumentasikan kejadian lewat foto atau video. Meski ini terkadang bukan cara yang terlihat manusiawi dilihat oleh orang lain, tapi bukti otentik dalam format gambar atau video bisa menjadi petunjuk kuat dalam mengungkap kejadian sebenarnya.


Memfoto atau merekam pelaku tabrak lari bisa saja dilakukan di tahap pertama tapi lakukanlah dengan cepat, setelah itu sebaiknya langsung melihat dan menolong si korban dan tetap membaca keadaan, tujuannya agar tidak terjadi efek domino dan menambah masalah baru.




Sebuah opini
Img. Gugel, tirto. id




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
primzlegacy666 dan 26 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
yg ane pertanyakan kenapa apabila ada korban yg sudah tergeletak tak berdaya musti nunggu pak sipul, padahal kalo ditolong dan diantar ke rumah sakit mungkin masih tertolong
kadang miris, ada korban yg kritis tapi gak ada yg mau menolong

atau SOP nya seperti apa gan, mungkin ada pencerahan
profile-picture
materaitempel memberi reputasi
profile picture
eccomw
kaskus holic
Korban kritis kalo salah penanganan malah bisa modar di tempat gan
profile picture
cryingbrutal
kaskus addict
Mending nunggu pihak berwajib.
Nodebat emoticon-Ngakak
profile picture
Prosedur gan.
Olah TKP hanya hak pihak berwajib.
kalo sudah ada campur tangan sipil/masyarakat, informasi yang didapat kepolisian akan menjadi bias nantinya.

kalo mau pindahin korban karena menghalangi jalan, atau mau nolong, buatlah garis seperti posisi korban gan di tempat ia tergeletak. paham kan garis yg ane maksud?
profile picture
mbakjah
kaskuser
Masalahnya di indo, manggil ambulannya lama
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 4 dari 4 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di