KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sunnah Itu Banyak, Kenapa yang Jadi Syiar Cuma Poligami?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e26b3654362a3674175812/sunnah-itu-banyak-kenapa-yang-jadi-syiar-cuma-poligami

Sunnah Itu Banyak, Kenapa yang Jadi Syiar Cuma Poligami?



Cangkeman.net - Beberapa waktu belakangan, jagad virtual dihebohkan oleh fenemona yang disebut dengan 'mentoring poligami'. Sebuah seminar bertajuk the happy wife yang sempat trending berkat wawancara dari timnya Mbak Najwa Shihab di Channel Youtubenya.

Sebagai perempuan yang sekaligus merangkap sebagai calon emak-emak, jujur fenomena ini membuat saya cukup was-was. Bukan ingin ikut mencampuri urusan pribadi, namun jika sudah ada publikasi seperti ini, itu udah jadi urusan kami.

Entah sejak kapan urusan poligami itu memiliki pasar untuk dijadikan seminar berbayar. Apakah para perempuannya dijanjikan surga jika patuh terhadap suami? Apakah semua yang diinginkan suami itu layak kita patuhi? Apakah kaum laki-laki yakin mampu bersikap adil meski kalian bukan nabi? Honestly, I dont know exactly what is the answer of my question, bcs I dont have plan to join that. Never! LAPIE suaminya aja belum punya! wkwkwkw.

Tapi dari fenomena ini, masih sangat terlihat jelas kalau budaya patriarki  masih sangat dijunjung tinggi di negara ini, bahkan oleh seseorang yang harusnya bisa dijadikan teladan masyarakat. Disclaimer yah, aku gak bilang budaya partiarki itu buruk, tapi mbok yah yang conditional lah. Stop memandang perempuan cuma jadi objek, karena kalian lahir bukan dari sebuah benda.

Lagian, dari sekian banyak sunnah yang ada, tidak habis pikir kenapa harus poligami yang digaungkan untuk jalan syiarnya. Bukankah mentoring zakat, mentoring sedekah, atau mentoring dzikir terdengar lebih elegan dan yang pasti tidak menyuluit emosi perhimpunan emak-emak setia se-Indonesia. Toh jika ada jalur surga yang lebih mudah, kenapa milih yang berdarah-darah? Jika setia itu indah, kenapa mesti mendua? Bisa-bisa bibit pelakor berkedok agama bisa terlahir jika mentoring seperti ini dianggap lumrah.

Pada acaranya Mbak Najwa tadi, banyak kalimat kontroversi juga yang keluar dari Pak Yai yang secara tidak langsung merendahkan kaum perempuan. Salah satunya saat dia berkata tidak perlu meminta ijin untuk menikah lagi karena istri bukan kepala dinas atau meminta istri untuk patuh saja terhadap apa yang suami lakukan. Istri tidak perlu marah, karena istri hanya butuh rido Allah. Astaga, bukankah keikhlasan istri itu jadi syarat wajib jika suami ingin poligami? Lalu darimana beliau bisa dapat logika yang macam itu hingga membuat seluruh emak-emak rasan-rasan. Bukankah perempuan juga manusia yang memiliki hak untuk menentukan jalan hidupnya sendiri.

Apalagi jika poligami dilakukan dengan anak di bawah umur. Tidakkah semakin menggiring opini publik kalau banyak orang yang melakukan poligami karena napsu belaka. Duh, menikah tidak sebercanda itu. Manusia masa kini udah sibuk mikir cicilan, eh yang ini masih betingkah saja.

Faktor tumbuh kembang anak juga jadi hal yang sangat penting yang harus dipikirkan agar poligami benar-benar tidak dijalankan secara asal-asalan. Kasian mereka yang tidak tau apa-apa menjadi korban keegoisan orang tua. Apalagi jika dilakukan oleh orang yang financial-nya masih di bawah rata-rata. Tentu saja itu sangat berpengaruh terhadap ke depanya. Eh tapi bukan berarti yang punya ternak bitcoin jadi halal buat nyari istri banyak ya, karena adil itu gak cuma masalah eknomi aja, tapi juga perasaan yang kadarnya gak bisa kita timbang secara ilmiah.

Jadi gimana? Masih tertarik ikut mentoring poligami? Kalo gue sih tentu saja tertarik, bukan untuk hadir, tapi untuk NYANGKEMIIN!

Dari kami barisan perempuan yang sudah pernah ditinggal selingkuh, rasanya mau mati ketika pak Yai menggaungkan Poligami. "Pak, sudahi saja lakumu itu. Kami mau nikah, bukanatraksi."

Tulisan ini ditulis oleh Ratih Gitara di Cangkeman pada tanggal 12 Desember 2021
profile-picture
profile-picture
profile-picture
6666661234 dan 35 lainnya memberi reputasi
Kalo ane tahajud tiap malem ga ada org yg ngomongin tapi kalo ane poligami pasti banyak org yg ngomongin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
m.8ball dan 9 lainnya memberi reputasi
profile picture
TS cangkeman.net
kaskus holic
Bandingin kok Tahajud sama Poligami huehue
profile picture
wiskey31
kaskus geek
@cangkeman.net
Agan sendiri membandingkan poligami dgn sunnah2 yg lain
profile picture
terrest
kaskus addict
@cangkeman.net sudah main sampai mana cuma tahu poligami?
profile picture
emangon
kaskus maniac
Kalo meleduk ajaran agama bukan
profile picture
supershoot
kaskus holic
Kwkwk TSnya kena gepuk makjlebb....
profile picture
adfaisal
kaskus addict
Poligami adalah cara pengecut untuk mengungkapkan nafsunya besar dengan dalil mau membantu....

nikahi lah janda jgn gadis doang maunya... atau skalian ikut cara nabi, nikah sama 1 istri sampai istri pertamanya meninggal, baru dia nikah lagi, itupun udah usia istri pertama rasul 65 tahun dan rasul 50 tahun artinya dengan istri pertama dia sangat setia, cobalah itu di ikuti dulu,itu baru namanya sunnah, bukan baru ada ketimpuk rezeki banyak merasa bisa bayar sinamot, panai, uang hangus, dan usia masih 40-an, ngincernya 18 ke atas eh udah mau polygami"an.... bullshit.
profile picture
m.8ball 
KASKUS Plus
Karena poligami buat alat propaganda kaum sebelah emoticon-Traveller
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 7 dari 7 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di