KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ada Apa Dengan "Tuyul"?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61dcdeab4d49d42919170da9/ada-apa-dengan-quottuyulquot

Ada Apa Dengan "Tuyul"?





Salah satu tokoh mitologi dalam dunia perhantuan yang gambarannya bikin orang tidak merasa takut, karena bentuknya menyerupai bayi mungil namun menjengkelkan.

Sosok itu dinamakan tuyul, kalau di Malaysia namanya toyol lalu dituduh suka mencuri uang. Tentunya semua orang sudah mengerti semua apa yang dinamakan dengan tuyul. Bahkan di dunia film dan sinetron karakter ini cukup kuat menjadi tokoh utama.



Namun seperti biasa kita akan bahas menurut sudut pandang yang berbeda. Kalau membicarakan tuyul, sebagai mahluk mitologi, ternyata kisahnya tidak ada di berbagai macam naskah kuno nusantara.

Mahluk ini ternyata baru lahir di abad 19, ketika itu antropolog Clifford Geertz melakukan penelitian di Mojokuto (Pare), Jawa Timur pada 1952-1954.

Untuk lengkapnya saya kutip pernyataan yang dibuat buku olehnya,

Quote:


Menariknya tuyul ini tidak pernah dibahas oleh masyarakat Indonesia sebelum 1929, walau pernah disinggung oleh seoeang akademisi Belanda W.J. Drewes dalam "Verboden rijkdom: Een bijdrage tot de kennis van het voolksgeloof op Java en Madoera.

Sekitar tahun 1860, dimana sumber tersebut adalah S.E. Harthoorn, "De zending op Java en meer bepaald die van Malang," dalam Madedelingen van het Nederlandsch Zendelingen Genootschap sampai 1995 ada 2 buku yang memiliki catatan tentang mahluk mitologi yang serupa dengan tuyul, namun namanya berbeda bukan tuyul tetapi "gundul",



Jadi masyarakat tradisional mengenal si gundul dengan karakteristik mirip dengan tuyul, namun gundul itu hilang pamornya di tahun 1930-an dan 1940-an.

Dan sedikit info bahwa tuyul dikenal oleh masyarakat asia tenggara dengan nama berbeda-beda, toyol di Malaysia, tiyanak di Filiphina, cohen kroh di Kamboja, koman-tong dan koman-lay di Thailand.

Dan namanya yang mirip dengan penggunaan bahasa melayu adalah Korea Selatan yaitu "do yeol". Kenapa nama dari Korea bisa nyangkut di Indonesia?



Kemungkinan besar di tahun 1930-an ada peristiwa besar yaitu Krisis malaise atau great depression, sebuah krisis dunia yang membuat Hindia Belanda terdampak. Yang dikenal dengan nama Black Tuesday, yaitu anjloknya bursa saham New York Wall Street pada Oktober 1929.

Otomatis hal itu membuat seluruh dunia pun terpukul, begitu juga dengan Hindia Belanda sebagai penghasil komoditi tebu, kopi, karet, teh, dan tembakau. Tentu saja banyak phk, dan tidak adanya lowongan kerja untuk masyarakat menjadi petani. Dengan krisis hebat ini mahluk mitologi si gundul mulai naik pamor namun berganti nama menjadi tuyul kenapa?



Di tahun 1940an, ada peristiwa besar dimana toko orang Jepang dianggap sebagai mata-mata di Hindia Belanda. Semua tak lepas dari Restorasi Meiji di Jepang ketika mereka awalnya menutup diri dari pengaruh asing kini membuka diri, dan sukses akhirnya Jepang berhasil mengikuti jejak Inggris, Perancis, Amerika Serikat, Jerman, dan Rusia, sebagai negara industri.

Namun sebagai bentuk negara imperialis harus mempunyai tanah jajahan dan Korea salah satu negara yang dikuasai oleh Jepang. Menurut catatan Jepang menjajah Korea dari dari tahun 1910 hingga tahun 1945.



Kemungkinan besar pedagang Jepang yang menjadi mata-mata Jepang di Hindia Belanda itu ada juga yang kampungnya di Korea, di tengah krisis besar itu si gundul yang dibicarakan mirip dengan mahluk di kampung mereka "do yeol".

Karena lidah orang lokal di Hindia Belanda tak fasih maka terciptalah nama tuyul, ini sedikit otak atik gatuk versi guru tempat ane semedi. Setidaknya penjabaran nama tuyul itu menjadi masuk akal.



Namun di zaman modern sekarang ini tuyul kalah bersaing dengan koruptor yang sekali gasak bisa sampai milyar dan triliunan, sehingga dipenjara pun senyum puas penuh arti. Karena tahu ia keluar penjara kekayaannya akan terus bertambah. Maka pamor tuyul saat ini hilang, karena semua orang berlomba ingin mendapatkan jabatan agar bisa menjadi koruptor dari kelas pinggiran hingga kelas kakap.

Apa tanggapanmu dengan hal ini juragan?

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2022
referensi : klik, klik, klik, klik, klik, klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star






profile-picture
profile-picture
profile-picture
asamboigan dan 24 lainnya memberi reputasi
Tuyul bikin orang tidak merasa takut?
Belum pernah lihat tuyul beneran sih...
Ane sekali lihat tuyul aja bulu kuduk serasa ingin copot..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chandrasandika dan 4 lainnya memberi reputasi
profile picture
Okutet
kaskus freak
seperti pa itu gan?
profile picture
ane pernah 1x gan liat tuyul di belakang orng ronda, walaupun ga liat wajahnya si tp ttp aja serem
profile picture
@Okutet gedenya kayak bayi baru lahir gan, gundul gak pake baju apapun, kelaminnya rata. Ane lihat pas habis sholat subuh di masjid. Tuyulnya berdiri tegak menghadap ke ane jarak 20 m dari bawah pohon
profile picture
bang.rojack
kaskus maniac
lebih kepada kaget mungkin drpd takut gan. menurut yg sudah liat bentuk telinganya lancip dan mulutnya vertikal.
profile picture
Okutet
kaskus freak
@jokoariyanto perempuan ya klo rata gitu?
profile picture
afterimage90
kaskus addict
Konon tuyul ceritanya bayi yg mati dlm kandungan, kbnyakan belum sempurna. Maknya tuyul makannnnya darah, hisap dari payudara. Krna bayingbyg belum lahir makannnya dari sari" makanan yg dimakan ibu.
Klo yg pengin tahu ada tuyul enggak, ikat pitingbpake benang kasih joran macem pancing gantung di tempat yg minim cahaya. Dlu ada kasus uang hilang tak test gitu
profile picture
fox.render
kaskus holic
@afterimage90 efektif kah? Saya sejak 2019 om ilang terus entah 50/100 tapi hanya selembar tiap malam. Jadi kalo simpen uang sekarang gak berani banyak cashnya 😔 parah si anak siapa diajarin nyuri begitu ya
profile picture
afterimage90
kaskus addict
@fox.render efektif gan kalo pengin tahu, awasi pake cctv asal gk ada angin hujan walo pitingnya mati nanti buat mainan. Konon saat tuyul disuruh nyolong eh liat begituan dia malah mainan kepiting sungainya. Klo masang jgn ksh tau warga sekitar kisaran org" dah mulai sepi.
profile picture
cheria021
kaskus geek
@jokoariyanto @Okutet bisa jadi gak ada kelaminnya mungkin gan. Btw makluk halus gt gak buang hajat spt manusia kan ya?
profile picture
@cheria021 @Okutet kalo menurut ane sih kelaminnya rata, atau gk punya kelamin
profile picture
fox.render
kaskus holic
Rumah saya ada cctvnya. Saya playback setiap kali kehilangan. Gak nampak juga. Tapi semenjak anak ane lahir. Kayaknya tuyulnya minder dah, soalnya duitnya kadang gue taruh di bawah kasur anak gue ekek alhamdulillah sampe sekarang aman.
profile picture
@fox.render mungkin tuyulnya ngira anak ente temennya. Jadi dia gk mau ambil barang temennya emoticon-Blue Guy Peace
profile picture
afterimage90
kaskus addict
@fox.render mana ada yg kaya gtu, adanya anak agan nangis", yg bahaya istri agan susunya dihisap sama tuyulnya. Bte klo bayi yg nyusu keluar susu, klo tuyul yg dihisap darah
profile picture
afterimage90
kaskus addict
@jokoariyanto @Okutet @cheria021 tuyul konon bayi mati dalam kandungan atau keguguran makanya fisik gk sempurna
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 14 dari 14 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di