KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Omicron Masuk RI, Ini Jenis Masker 'Penangkal' Rekomendasi Dokter Paru
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61bbe99ce15b41174941ade2/omicron-masuk-ri-ini-jenis-masker-penangkal-rekomendasi-dokter-paru

Omicron Masuk RI, Ini Jenis Masker 'Penangkal' Rekomendasi Dokter Paru



Jakarta - Geger penemuan satu kasus Omicron di Indonesia, tanpa riwayat perjalanan ke luar negeri. Adalah petugas pembersih di Wisma Atlet yang diduga terpapar dari pasien, tetapi Kementerian Kesehatan belum mengetahui sumber penularan tersebut.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengimbau masyarakat untuk tidak panik tetapi tetap waspada dengan memperketat protokol kesehatan. Salah satunya memakai masker.

Jenis masker apa yang sebenarnya disarankan untuk cegah varian Omicron?


Menurut Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), FISR, FAPSR, masker memang masih efektif menangkal varian baru Corona termasuk varian Omicron. Namun, terkait penggunaan jenis masker disesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari.

Masker ganda


"Semua balik ke tujuan penggunaan maskernya, kalau untuk masyarakat sehari-hari cukup dengan penggunaan masker bedah dengan masker kain," jelas dr Agus Dwi Susanto, Sp P(K), kepada detikcom beberapa waktu lalu

Saran dr Agus terkait masker ganda hanya ditujukan untuk masyarakat yang beraktivitas sehari-hari. Tidak dengan petugas kesehatan yang wajib memakai masker dengan tingkat filtrasi lebih tinggi.

"Kalau masker bedah dan masker kain hanya memfiltrasi kurang dari 70 persen partikel sehingga tidak cocok untuk penggunaan medis. Tapi kalau untuk masyarakat disarankan menggunakan double mask," lanjutnya.

Masker KN95 vs KF94


Kini, masker KN95 dan KF94 juga banyak digunakan masyarakat. Mana yang memiliki tingkat filtrasi lebih tinggi?

"Sebenarnya sama saja antara KN95 dan KF94, yang penting bisa memfiltrasi partikel kurang dari 2,5 mikron," ujar ahli paru yang berpraktik di RSUP Persahabatan.

Sumber Artikel: https://health.detik.com/berita-deti...i-dokter-paru.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
weh mantap produsen dan para penjual masker yg dah dah nyetok banyak dan mulai obral2 karna takut gak laku lagi akhirnya bakal dapat angin segar lagi nih.. bisnis kesehatan emang paling seger..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
imaginaerum dan 10 lainnya memberi reputasi
profile picture
hard.gay
kaskus maniac
Kayanya ga sampe langka deh masker sekarang. Soalnya dh over produce gegara korona kemaren. Mentok2 harga naek perbox goceng
profile picture
dunkersz
kaskus addict
Laris....laris...timbun...timbun...
profile picture
Beli aja sahamnya gan kalo mau. Daripada cuma nyindir.
profile picture
mr.php
kaskus addict
Suudzon aja nih, justru masker sekarang semakin banyak dan mudah didapatkan dengan harga murah. Jgn suka suudzon
profile picture
lunar1980
kaskus geek
masker perasaan harga sudah turun jauh dan cenderung diskon sekarang.
profile picture
hanalbar
kaskus addict
terus ada yg ikut inves alkes, dikira bakal cuan kyk lord, ternyata emoticon-Ngakak
profile picture
@mr.php iya bener jangan suudzon,
profile picture
larapeequer
kaskus geek
Kayaknya nggak ngaruh. Omnicron ngerinya cuma cepet nyebar nya doang, soal ganasnya masih kalah daripada Delta.

Mayoritas orang sini udah kebal gara2 terpapar Delta. Ane belum dengar berita negara yg habis dihajar Delta macam India, Jepang covidnya meledak oleh Omnicron.
profile picture
surogu
kaskus geek
semoga cenci balik lagi 20 k per box om
profile picture
@surogu emang sekarang berapa gan? bukan masih segitu ya?
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 10 dari 10 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di