KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Plus Minus Mandi Dengan Sabun Batang Atau Cair, Kaporitmu yang Mana, Gan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a4d692be087308893bca5a/plus-minus-mandi-dengan-sabun-batang-atau-cair-kaporitmu-yang-mana-gan

Plus Minus Mandi Dengan Sabun Batang Atau Cair, Kaporitmu yang Mana, Gan?



[ HT# 865 ]

Tiap manusia pasti butuh dan perlu mandi, nggak bisa dibayangin kalau sehari aja nggak mandi trus harus ketemu klien besar atau ketemu calon gebetan yang kita incer sudah lama dan baru saja memberi tanda lampu hijau buat kita. Hehe.

Ritual mandi yang biasa dilakukan pagi dan sore biasanya gak lepas dengan yang namanya sabun. Sebagai pembersih badan untuk mengangkat kotoran dan bau, sabun tentu sangat dibutuhkan manusia.

Dan, dipasaran kita tahu sabun mandi umumnya dijual dalam dua kategori: padat dan cair. Keduanya memiliki fungsi yang sama namun sabun padat (kalau tidak salah) lebih dulu ditemukan oleh nenek moyang kita, cmiiw.



Bahan utama sabun mandi adalah minyak nabati (kelapa atau zaitun), alkali, dan air. Sedang peralatan membuatnya dibutuhkan mixer atau blender, panci, dan pemanas. Untuk aneka wangi dan warna bisa dibuat dari bahan alami dan kimiawi.

Karena cara buatnya terbilang mudah itulah mengapa banyak ukm atau ibu rumah tangga membuat sabun mandi kelas rumahan untuk dijadikan usaha sampingan yang cukup populer (tutorialnya banyak di yusup).

Melihat dua jenis sabun mandi ini saya mencoba membuat perbandingan kelebihan dan kekurangannya, secara umum, dan bukan untuk menjatuhkan suatu produk, sama sekali tidak ada niat untuk itu.

Baik, berdasarkan pengalaman sendiri sabun mandi padat atau batangan usia pakainya lebih lama, mudah lepas saat dipegang, bisa jadi pelicin resleting yang macet, ukuran dan bentuknya beragam ada sensasi saat digunakan, wangi dan banyak busanya ketika baru, tapi ketika sabunnya mulai setengah wanginya mulai memudar lalu semakin kecil bentuknya semakin hilanglah busanya apalagi wanginya, harga ada termurah sampai termahal ada.



Sedang sabun mandi model cair memiliki varian wangi yang lebih beragam dan tidak pasaran, yang terbiasa pakai sabun mandi padat akan sedikit aneh ketika menggunakannya, membutuhkan wadah untuk pemakaian refill-nya, pemakaian kadang sulit dikontrol sehingga sedikit lebih boros, cara pakai sedikit repot karena harus mengeluarkannya dengan cara memencet pompa botolnya, harga sedang sampai termahal ada.

Nah, hasil dari pengamatan saya perihal dunia persabunan mandi ini apakah ada kesamaan saya dengan kamu disini. Lalu dari dua jenis sabun mandi tadi kamu lebih suka dan terbiasa pakai yang mana? Sertakan dong, alasan kekurangan dan kelebihannya. Terimakasih. TAMAT.




Sebuah opini
Img. Gugel



Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Balasan post hhendryz
Quote:


yang cair kan ada kemasan kecilnya juga gan.. sama ane juga semenjak pakai yang cair udah gak pernah lagi pakai yang batang karena yang cair lebih terasa lembab di kulit dan wangi dari baru sampai habis.hehe...
terus kalau sabun batang kaya kurang higienis dipegang2, kadang jatuh juga..
profile-picture
hhendryz memberi reputasi
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di